Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Heat Treatment Process (Proses Perlakuan Panas). adalah proses pemanasan dan pendinginan yang diterapkan pada logam atau baja paduan dalam keadaan padat.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Heat Treatment Process (Proses Perlakuan Panas). adalah proses pemanasan dan pendinginan yang diterapkan pada logam atau baja paduan dalam keadaan padat."— Transcript presentasi:

1 Heat Treatment Process (Proses Perlakuan Panas)

2 adalah proses pemanasan dan pendinginan yang diterapkan pada logam atau baja paduan dalam keadaan padat agar didapat sifat – sifat tertentu.

3 Tujuan Proses Perlakuan Panas Meningkatkan ketangguhan dan memperbaiki konfigurasi butir logam hasil proses pengerjaan dingin serta memperbaiki mampu mesin. –contoh : Annealing Menghilangkan tegangan sisa. –contoh : Stress Relieving Memperbaiki keuletan (duktilitas) logam / baja paduan. –contoh : Normalizing Menaikkan angka kekerasan atau kekuatan tarik. –contoh : Hardening Menurunkan kekerasan dan menambah keuletan. –contoh : Tempering

4 Metode Proses Perlakuan Panas 1.Metode Softening  Annealing  Full Annealing  Normalizing  Stress Relieving  Spheroidization  Tempering  Austempering  Martempering 2.Metode Hardening  Diffusion Treatments  Carburizing  Pack Carburizing  Gas Carburizing  Liquid Carburizing  Nitriding  Carbonitriding  Direct Hardening  Selective Hardening

5 Hal penting dalam Proses Hardening Proses Quenching, media :  Water (air)  Salt Water (larutan garam)  Oil (oli)  Air (udara)  Polymer quench  Cryogenic Quench

6 Macam metode Softening 1.Annealing  Full Annealing  Normalizing  Stress Relieving  Spheroidization 2.Tempering  Austempering  Martempering

7

8 Annealing Annealing adalah proses perlakuan panas untuk baja karbon rendah (carbon < 0.25%) dengan tujuan untuk melunakan struktur material dan atau menghilangkan ketidak-homogenan struktur sehingga tidak menimbulkan keretakan setelah pengerjaan dingin.Annealing adalah proses perlakuan panas untuk baja karbon rendah (carbon < 0.25%) dengan tujuan untuk melunakan struktur material dan atau menghilangkan ketidak-homogenan struktur sehingga tidak menimbulkan keretakan setelah pengerjaan dingin. Metode yang dilakukan adalah dengan memanaskan material pada suhu diatas titik ubah ( suhu dimana struktur material Ferit akan tertransformasi ke austenit ) yaitu antara 700 ºC (1292 ºF) – 727 ºC (1341 ºF), kemudian didinginkan secara perlahan sehingga mencapai suhu ruang.Metode yang dilakukan adalah dengan memanaskan material pada suhu diatas titik ubah ( suhu dimana struktur material Ferit akan tertransformasi ke austenit ) yaitu antara 700 ºC (1292 ºF) – 727 ºC (1341 ºF), kemudian didinginkan secara perlahan sehingga mencapai suhu ruang.

9 Full Annealing Full Annealing adalah proses annealing untuk baja Hypoeutectoid (carbon 0.77%) dengan memanaskan pada suhu diatas hardening (± 50 ºC / 122 ºF diatas suhu Austenit)Full Annealing adalah proses annealing untuk baja Hypoeutectoid (carbon 0.77%) dengan memanaskan pada suhu diatas hardening (± 50 ºC / 122 ºF diatas suhu Austenit).

10 Normalizing Normalizing adalah proses perlakuan panas yang bertujuan untuk membawa kembali struktur baja ke keadaan normal dan memperbaiki keuletan baja.Normalizing adalah proses perlakuan panas yang bertujuan untuk membawa kembali struktur baja ke keadaan normal dan memperbaiki keuletan baja. Metode yang dilakukan adalah dengan memanaskan material baja diatas suhu Austenit (±60 ºC / 140 ºF diatas suhu hardening) kemudian didinginkan secara perlahan mencapai suhu ruang.Metode yang dilakukan adalah dengan memanaskan material baja diatas suhu Austenit (±60 ºC / 140 ºF diatas suhu hardening) kemudian didinginkan secara perlahan mencapai suhu ruang.

11 Stress Relieving Stress Relieving adalah proses perlakuan panas yang bertujuan untuk menghilangkan tegangan sisa/dalam (tegangan sisa/dalam adalah tegangan akibat adanya deformasi plastis pada proses permesinan sebelumnya).Stress Relieving adalah proses perlakuan panas yang bertujuan untuk menghilangkan tegangan sisa/dalam (tegangan sisa/dalam adalah tegangan akibat adanya deformasi plastis pada proses permesinan sebelumnya). Metode yang dilakukan adalah dengan memanaskan material pada suhu dibawah titik ubah ( suhu dimana Ferit dan karbida dalam keadaan stabil ) yaitu suhu antara 650 ºC (1202 ºF) – 727 ºC (1340 ºF), kemudian didinginkan dengan udara secara perlahan mencapai suhu ruang.Metode yang dilakukan adalah dengan memanaskan material pada suhu dibawah titik ubah ( suhu dimana Ferit dan karbida dalam keadaan stabil ) yaitu suhu antara 650 ºC (1202 ºF) – 727 ºC (1340 ºF), kemudian didinginkan dengan udara secara perlahan mencapai suhu ruang.

12 Spheroidization Spheroidization merupakan proses annealing untuk baja karbon tinggi (kandungan karbon > 0.6%).Spheroidization merupakan proses annealing untuk baja karbon tinggi (kandungan karbon > 0.6%). Metode yang dilakukan adalah dengan memanaskan material baja karbon tinggi pada suhu 700 ºC (1292 ºF) s/d 750 ºC (1382 ºF) dan ditahan beberapa jam kemudian dinginkan secara perlahan pada suhu ruang.Metode yang dilakukan adalah dengan memanaskan material baja karbon tinggi pada suhu 700 ºC (1292 ºF) s/d 750 ºC (1382 ºF) dan ditahan beberapa jam kemudian dinginkan secara perlahan pada suhu ruang. Khusus untuk meterial tool dan baja paduan dapat menggunakan metode dengan memanaskan pada suhu 750 (1382 ºF) s/d 800 ºC (1472 ºF) dan ditahan beberapa jam kemudian didinginkan secara perlahan.Khusus untuk meterial tool dan baja paduan dapat menggunakan metode dengan memanaskan pada suhu 750 (1382 ºF) s/d 800 ºC (1472 ºF) dan ditahan beberapa jam kemudian didinginkan secara perlahan. Contoh aplikasi : meningkatkan kemampuan potong pada tool dan tahan aus pada baut mesin.Contoh aplikasi : meningkatkan kemampuan potong pada tool dan tahan aus pada baut mesin.


Download ppt "Heat Treatment Process (Proses Perlakuan Panas). adalah proses pemanasan dan pendinginan yang diterapkan pada logam atau baja paduan dalam keadaan padat."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google