Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

HUKUM NEWTON TENTANG GERAK. Contoh 1 (katrol tipe 2) 1. Dua buah benda bermassa m1 dan m2 dihubungkan dengan seutas tali melalui sebuah katrol. Massa.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "HUKUM NEWTON TENTANG GERAK. Contoh 1 (katrol tipe 2) 1. Dua buah benda bermassa m1 dan m2 dihubungkan dengan seutas tali melalui sebuah katrol. Massa."— Transcript presentasi:

1 HUKUM NEWTON TENTANG GERAK

2 Contoh 1 (katrol tipe 2) 1. Dua buah benda bermassa m1 dan m2 dihubungkan dengan seutas tali melalui sebuah katrol. Massa benda masing- masing 3 kg dan 2 kg. besar percepatan gravitasi g = 10 m/s2. jika koefisien gesek kinetik antara benda bermassa m1 dan alasnya 1/3. tentukan percepatan kedua benda tersebut dan tegangan tali m2?

3 Contoh 2 (bidang miring) 2. Sebuah benda bermassa 5 kg terletak pada bidang miring dengan sudut kemiringan α dengan sin α = 0,8. jika koefisien geseka kinetik antara balok dan bidang miring 0,25. tentukan besar percepatan balok tersebut?

4 Contoh 3 (bidang datar) 3. Sebuah balok bermassa 2 kg terletak di atas bidang datar kasar. Balok diberi gaya tarik F sebesar 4 N mendatar seperti pada gambar. Jika koefisien gesekan statis antara balok dan lantai 0,4. tentukan: a)Besar gaya gesek statis maksimum b)Besar gaya gesek yang mempengaruhi benda

5 Contoh 4 (bidang datar) Sebuah benda 4 kg terletak pada bidang datar. Koefisien gesekan kinetk benda dengan permukaan bidang datar adalah 0,3. Benda ditarik oleh gaya sebesar F seperti pada gambar. Supaya benda bergerak dengan kecepatan konstan, berapakah besar gaya F yang harus diberikan (g = 10 m/s2)?

6 Latihan soal 1. Balok bermassa 2 kg terletak di atas lantai dan ditarik oleh gaya 4 N miring ke atas dan membentuk sudut 37° dengan arah horizontal. Jika koefisien gesekan kinetik dan statis masing-masing 0,1 dan 0,9 serta percepatan gravitasi 10 m/s2, tentukan gaya gesekan yang bekerja antara balok dan lantai?

7 Latihan soal 2 perhatikan gambar berikut Saat dilepaskan, kedua benda memiliki percepatan 2 m/s2. jika sin α = 3/5, berapa koefisien gesek antara benda B dan bidang?

8 Latihan soal 3 Tiga buah benda disusun seperti gambar Koefisien gesek kinetik antara benda A dan B terhadap bidang datar berturut - turut ¼ dan 1/3. jika benda C dilepaskan, berapakah percepatan ketiga benda tersebut ?

9

10 (tikungan)

11 HUKUM NEWTON TENTANG GRAVITASI Tentukan besar gaya gravitasi antara dua benda bermassa 8 kg dan 12 kg yang terpisah pada jarak 25 cm.

12 Kuat medan gravitasi 2 planet Dua buah benda A dan B berjarak 30 cm. Massa A sebesar 24 kg dan massa B sebesar 54 kg berjarak 30 cm. Dimanakah tempat suatu titik yang memiliki kuat medan gravitasi sama dengan nol?

13 Perbandingan gravitasi/berat 2 planet Benda di permukaan Bumi beratnya 200 N. Kemudian, benda tersebut dibawa ke sebuah planet yang memiliki massa 10 kali massa Bumi, sedangkan jari-jari planet tersebut 2 kali jari-jari Bumi. Berat benda di permukaan planet menjadi...

14 Gravitasi di suatu ketinggian Jika jari-jari Bumi adalah R, medan gravitasi di permukaan Bumi adalah g, besarnya medan gravitasi pada ketinggian 2R dari permukaan Bumi adalah....

15 Besar gaya gravitasi pada m1: Besar gaya gravitasi pada m2:

16 Contoh: Tiga buah massa berada dititik-titik sudut segitiga seperti pada Gambar m A = 20 kg, m B = 27 kg dan m C = 64 kg. G = 6, Nm 2 kg -2. Berapakah: a.gaya yang dirasakan massa A, b.percepatan gravitasi dititik A?

17 Tiga benda masing-masing bermassa m A = 4,5 kg, m B = 2 kg, dan m C = 8 kg terletak pada satu garis lurus. Berapakah besar gaya gravitasi yang dialami benda B yang terletak di antara benda A dan benda C, jika jarak AB = 30 cm dan jarak BC = 40 cm?

18 Selesaikan dengan

19

20 HUKUM KEPPLER Hukum keppler I: “lintasan planet selama bergerak mengelilingi matahari berbentuk elips dan matahari berada pada salah satu titik fokusnya".

21 HUKUM KEPPLER II “selama planet bergerak mengelilingi matahari, garis hubung antara planet dan matahari dalam waktu yang sama, menyapu luasan daerah yang sama pula”.

22 HUKUM KEPPLER III ”selama planet bergerak mengelilingi matahari perbandingan dari kuadrat periode planet dan pangkat tiga dari jarak rata-rata planet ke matahari merupakan bilangan konstan”

23 Persamaan hukum III Keppler ATAU

24 Dalam tata surya didapat data jarak rata-rata bumi ke matahari = 1 astronomi dan kala revolusi bumi = 365 hari. Jika jarak rata-rata venus ke matahari 0,72 astronomi, berapakah kala revolusi venus?


Download ppt "HUKUM NEWTON TENTANG GERAK. Contoh 1 (katrol tipe 2) 1. Dua buah benda bermassa m1 dan m2 dihubungkan dengan seutas tali melalui sebuah katrol. Massa."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google