Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAB 8 FLUIDA STATIS DAN DINAMIS SMKN Jakarta. A.Tekanan Hidrostatis O Tekanan hidrostatis adalah tekanan zat cair yang disebabkan oleh berat zat cair.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAB 8 FLUIDA STATIS DAN DINAMIS SMKN Jakarta. A.Tekanan Hidrostatis O Tekanan hidrostatis adalah tekanan zat cair yang disebabkan oleh berat zat cair."— Transcript presentasi:

1 BAB 8 FLUIDA STATIS DAN DINAMIS SMKN Jakarta

2 A.Tekanan Hidrostatis O Tekanan hidrostatis adalah tekanan zat cair yang disebabkan oleh berat zat cair itu. h p0p0 Dengan: p = tekanan hidrostasi (N/m 2 ) p 0 = tekanan udara di permukaan (N/m 2 ) ρ = massa jenis fluida ( kg/m 3 )

3 B.Hukum Pascal “Apabila suatu fluida cair dalam ruang terisolasi diberi gaya tekan dari luar, maka tekanan tersebut akan diteruskan ke segala arah sama besar”

4

5 C.Hukum Archimedes “Sebuah benda yang tercelup sebagian atau seluruhnya kedalam fluida akan mengalami gaya ke atas yang besarnya sama dengan berat zat cair yang dipindahkan” terapung melayang tenggelam Keadaan benda dalam air Gambar benda tercelup sebgian dengn V dan rho

6 Hubungan hukum Pascal dengan Tekanan Hidrostatis p A = p B p 0 + ρ 1 gh 1 = p 0 + ρ 2 gh ρ 1 h 1 = ρ 2 h 2

7 D.Fluida Dinamis O Debit aliran Fluida Banyaknya fluida yang mengalir dalam setiap satuan waktu disebut debit aliran

8 O Asas Bernaulli h1h1 h2h2 p1p1 p2p2 v1v1 v2v2 A1A1 A2A2 Persamaan ini dikenal sebagai persamaan Bernaulli

9 O Laju Aliran Kebocoran h y x v1v1 v2v2 Dengan: v = laju aliran kebocoran (m/s) g = percepatan gravitasi (m/s 2 ) h = kedalaman kebocoran dari permukaan (m)

10 O Jarak jangkauan air Dengan: x = jarak pancaran terjauh (m) y = tinggi kebocoran dari lantai (m) h = kedalaman kebocoran dari permukaan (m)

11 O Pipa Venturi Semakin besar laju aliran maka tekanan yang diberikan semakin kecil. Hal ini dapat terlihat dari tinggi permukaan air yang lebih rendah Dari persamaan Bernaulli, didapatkan kecepatan pada pipa satu :

12 E.Tegangan Permukaan O Tegangan Permukaan ( γ) didefinisikan sebagai besarnya gaya tarik permukaan (F) per satuan panjang (d). F = gaya tegangan permukaan (N) d = panjang permukaan (m)  = tegangan permukaan (N/m)

13 F.Viskositas O Ukuran kekentalan zat cair atau gesekan dalam zat cair disebut viskositas. O Gaya gesek dalam zat cair tergantung pada koefisien viskositas, kecepatan relatif benda terhadap zat cair, serta ukuran dan bentuk geometris benda. Untuk benda yang berbentuk bola dengan jari-jari r, gaya geseknya dirumuskan: HUKUM STOKES

14 O Kecepatan Terminal Jika sebuah benda yang dijatuhkan ke dalam sebuah fluida kental, kecepatannya makin membesar sampai mencapai kecepatan maksimum yang tetap. Kecepatan ini di namakan kecepatan terminal Hal ini terjadi ketika tercapai kesetimbangan antara gaya berat (w), gaya angkat (Fa), dan gaya gesek (Fs) W = Fa + F s Kecepatan terminal benda:


Download ppt "BAB 8 FLUIDA STATIS DAN DINAMIS SMKN Jakarta. A.Tekanan Hidrostatis O Tekanan hidrostatis adalah tekanan zat cair yang disebabkan oleh berat zat cair."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google