Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

JENIS-JENIS MEDIA KEHUMASAN Studi media merupakan kegiatan yang sangat vital bagi para praktisi Humas. Karena dunia media dan publikasi selalu berubah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "JENIS-JENIS MEDIA KEHUMASAN Studi media merupakan kegiatan yang sangat vital bagi para praktisi Humas. Karena dunia media dan publikasi selalu berubah."— Transcript presentasi:

1 JENIS-JENIS MEDIA KEHUMASAN Studi media merupakan kegiatan yang sangat vital bagi para praktisi Humas. Karena dunia media dan publikasi selalu berubah dari waktu ke wakktu. Oleh karena itu astudi media harus didlakukaan secara berkesinambungan dari waktu ke waktu.

2 JENIS-JENIS MEDIA KEHUMASAN Media Kehumasan sperti: 1. Media Massa Perioduk: suaratkabar, radio, televisi, majalah,internet, dsb. 2. Media Massa Non Periodik: leaflet, bookllet, poster, famplet, surat selebaran. spanduk,Baligo, Billboard dsb, 3. Event-event : pameran,Eksibisi, Konfrensi Pers, teleconfrence, dsb. 4. Media Personal: intranet, papan pengumuman, kotak saran, dsb.

3 JENIS-JENIS MEDIA KEHUMASAN Sebagaimana telah dikemukakan kuliah yang lalu bahwa media Kehumasan adalah alat yang digunakan humas dalam menyampaikan pesan kepada khalayak, baik khalayak internal maupun khalayak eksternal. Ada juga para ahli yang mengatakan bahwa media sama artinya dengan saluran. Saluran dapat diartikan sebagai jalan. Saluran komunikasi berarti jalan yang dilalui pesan dari komunikator sampai pada komunikan begitu pula sebaliknya atau yang sering dikenal feedback.

4 JENIS-JENIS MEDIA KEHUMASAN Saluran komunikasi dapat dibagi dalam dua golongan, yaitu : a. Saluaran komunikaksi tanpa media b. Saluran komunikasi dengan memdia. Saluran komunikasi tanpa media adalah komunikator langnsung melakukan komunikasi dengan komunikan. Pembangian saluran komunikasi tanpa media ini berdasarkan dipakai atau tidaknya media oleh Humas.

5 JENIS-JENIS MEDIA KEHUMASAN Proses Komunikasi tanpa media, bisa terjadi proses komunikasi sebagai berikut: a. Proses komunikasi komunikator satu orang dan komunikan satu orang; b. Proses komunikasi komunikator satu orang dan komunikan banyak orang; c. Proses komunikasi komunikator satu orang dan komunikan massa; d. Proses komunikasi komunikator banyak orang dan komunikan satu orang;

6 JENIS-JENIS MEDIA KEHUMASAN e. Proses komunikasi komunikator banyak orang dan komunikan banyak orang; f. Proses komunikasi komunikator banyak orang dan komunikan massa; g. Proses komunikasi komunikator massa dan komunikan satu orang; h. Proses komunikasi komunikator massa dan komunikan banyak orang; i. Proses komunikasi komunikator massa dan komunikan massa;

7 JENIS-JENIS MEDIA KEHUMASAN Saluuran komunikasi dengan media dapat digulongkan dalam dua golongan, yaitu: a. Salauran Komunikasi Non Mass Media b. Saluran Komunikasi Mass Media Pembanguan Saluran Komunikasi ini berdasarkan jumlah khalayak yang akan dicapai. Saluran Komunikasi Non Mass Media dapat dibagi dalam dua golongan yaitu: a. Manusia b. Benda, Contoh : surat, telepon, telegram, fax, telex dsb. Penggolongan ini berdasarkan sifat dari media tersebut.

8 JENIS-JENIS MEDIA KEHUMASAN Saluran Komunikasi Mass Media dapat dibagi dalam dua golongan, yaitu : a. Saluaran Komunikasi mass media Non Periodik b. Saluaran Komunikasi mass media Periodik Salauran Komunikasi mass media non periodik dapat dibagi menjadi dua golongan, yaitu : a. Manusia : Satu orang, Banyak orang, dan Massa b. Benda : Poster, Leaflet, booklet, famplet, spanduk, poster, billboard, baligo, papan pengemuman,dan Surat selebaran, dsb.

9 JENIS-JENIS MEDIA KEHUMASAN Saluaran Komunikasi mass media Periodik seperti suratkabar, majalah, tabloid, radio, televisi, internet, film. Massa dalam pengertiana di sini adalaah massa dalam pengertiana media massa, bukan massa dalam pengertian ilmu jiwa sosial. Massa menurut pengertian memdia massa adalah: a. Ada peristiwa b. Komunikannya banyak orang c. Tempat tinggalnya berbeda-beda c. Tidak saling mengenal d. Kesadarannya tidak menurun

10 JENIS-JENIS MEDIA KEHUMASAN Massa Menurut pengertian ilmu jiwa sosial, yaitu : a. Ada peristiwa b. Komunikannya banyak orang c. Pada tempat tertentu c. Tidak saling mengenal d. Kesadarannya menurun e. Timbul jiwa massa


Download ppt "JENIS-JENIS MEDIA KEHUMASAN Studi media merupakan kegiatan yang sangat vital bagi para praktisi Humas. Karena dunia media dan publikasi selalu berubah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google