Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Perancangan dan Pembuatan Web pada SMK Swasta Teladan Sumatera Utara 1 Tugas Akhir Disusun Untuk Memenuhi Persyaratan Guna Menyelesaikan Program Diploma.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Perancangan dan Pembuatan Web pada SMK Swasta Teladan Sumatera Utara 1 Tugas Akhir Disusun Untuk Memenuhi Persyaratan Guna Menyelesaikan Program Diploma."— Transcript presentasi:

1 Perancangan dan Pembuatan Web pada SMK Swasta Teladan Sumatera Utara 1 Tugas Akhir Disusun Untuk Memenuhi Persyaratan Guna Menyelesaikan Program Diploma III oleh Jonathan Sihombing NPM JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA KOMPUTER MEDAN BUSINESS POLYTECHNIC MEDAN 2010

2 Bab 1 Pendahuluan 1.1 Latar Belakang Masalah SMK Swasta Teladan Sumatra Utara 1 banyak memperoleh siswa/i yang berasal dari berbagai Sekolah Menengah Pertama, kebanyakan dari mereka pada umumnya memperoleh informasi tentang sekolah ini, baik itu informasi tentang staff pengajarnya, fasilitas yang diberikan ataupun metode pembelajarannya dengan cara datang langsung ataupun mereka dapat memperoleh informasinya dari sumber masyarakat atau siswa yang telah banyak lulus dari sekolah ini, itu semua dikarenakan SMK Swasta Teladan Sumatra Utara 1 sendiri belum memiliki sebuah website. Untuk itu perlu adanya suatu sistem informasi berbasis web yang nantinya sistem informasi ini dapat memberikan informasi kepada seluruh pihak sekolah dan juga masyarakat sehingga dapat diakses dari dalam atau luar daerah secara cepat, akurat dan efisien. Untuk itu penulis memilih judul “Perancangan dan Pembuatan Web pada SMK Swasta Teladan Sumatra Utara 1”.

3 1.2 Rumusan Masalah 1. Bagaimana memberikan informasi baru dengan cepat baik kepada guru, siswa dan masyarakat, sehingga informasi mengenai kegiatan-kegiatan di sekolah dapat diakses dari luar lingkungan sekolah dengan cepat dan efisien;. 2. Bagaimana memberikan informasi siswa, guru, fasilitas, mata pelajaran, kegiatan ekstrakulikuler, dan profil sekolah yang ada pada SMK Swasta Teladan Sumatra Utara 1.

4 BAB 2 LANDASAN TEORI DAN KONSEPTUAL 2. 1 Landasan Teori Landasan teori merupakan bagian yang akan dibahas tentang pemecahan masalah melalui pembahasan-pembahasan secara teoritis. Teori yang dimaksud yaitu yang berhubungan dengan pemecahan masalah. Dengan adanya teori-teori yang dibutuhkan, maka diharapkan penulis tidak menemukan banyak kesulitan lagi dalam menyelesaikan masalah dalam membuat sistem informasi ini. Disamping itu, teori-teori akan mempermudah penulis untuk membentuk rancangan-rancangan yang dibutuhkan sesuai dengan perencanaan penulis untuk sistem ini.

5 2.2 Konseptual Pemecahan atau penyelesaian suatu masalah yang penulis rencanakan untuk SMK Swasta Teladan Sumatera Utara 1 adalah merancang suatu website agar mempermudah penyampaian informasi tentang data yang dibutuhkan oleh SMK Swasta Teladan Sumatera Utara 1. Pada awalnya para pengunjung atau para masyarakat harus datang terlebih dahulu secara langsung ke sekolah ini untuk memperoleh informasi yang mereka inginkan. Kebanyakan dari mereka pada umumnya memperoleh informasi tentang sekolah ini, baik itu informasi tentang staff pengajarnya, fasilitas yang diberikan ataupun metode pembelajarannya, serta prestasi yang didapat oleh sekolah ini dengan cara datang secara langsung ataupun mereka dapat memperoleh informasinya dari sumber masyarakat/siswa yang telah banyak lulus dari sekolah ini karena sekolah ini sendiri belum memiliki sebuah website. Panjangnya proses yang harus ditempuh oleh masyarakat untuk memperoleh informasi yang diinginkan mengakibatkan sulitnya mereka dalam memperoleh informasi bagi yang tinggal dengan jarak yang cukup jauh dari sekolah ini. Kebanyakan dari orang tua siswa ataupun siswa itu sendiri merasa sangat sulit untuk datang secara langsung, karena hal tersebut. Jadi untuk memudahkan para guru, siswa atau masyarakat untuk mengetahui perkembangan yang ada pada sekolah ini dibuatlah sebuah website yang nantinya akan berisikan tentang informasi guru, siswa, fasilitas, kegiatan ekstrakulikuler dan prestasi yang diperoleh. Sistem ini berjalan dengan konsep client server yaitu berjalan dengan dua sisi, sisi client adalah guru, siswa maupun masyarakat yang mengakses sistem ini secara online dan sisi server yakni admin yang bertanggung jawab dalam mengupdate informasi-informasi yang akan dipublikasikan oleh masyarakat luas tentang seputar sekolah. Admin dapat mengubah informasi dengan mudah karena disediakannya halaman admin dalam mengakses sistem yang ada.

6 BAB 3 SISTEM INFORMASI SMK SWASTA TELADAN SUMATERA UTARA Sistem Informasi yang sedang berjalan pada SMK Swasta Teladan Sumatera utara 1 Sistem yang sedang berjalan pada SMK Swasta Teladan Sumatera Utara 1 masih menggunakan sistem yang manual, dimana dalam pendataan informasi yang ada pada SMK Swasta Teladan Sumatera Utara 1 dicatat kedalam buku. Misalnya bagaimana cara memperoleh suatu informasi data guru dan siswa dengan cepat dan mudah, caranya yaitu menuliskan data guru tersebut kedalam buku kepegawaian yang dipegang oleh sekretaris ataupun tata usaha, ada juga cara yang ditempuh oleh sekolah tersebut untuk mengetahuinya dengan mudah yaitu pihak sekolah membuat data guru di atas papan tulis yang dipampangkan diruangan guru. Data guru itu tersebut dituliskan antara lain: nip, nama guru, jenis kelamin, agama, guru bidang studi, alamat. Sedangkan untuk memperoleh informasi siswa dengan lengkap dan cepat antara lain kita bisa melihat data tersebut di buku siswa/siswi yang dipegang ataupun disimpan oleh bagian kesiswaan atau kita bisa juga mengetahuinya lewat ruangan piket apabila ada salah satu keluarga ingin melihat anaknya disekolah tersebut. Begitu juga untuk memperoleh informasi fasilitas, ekstrakulikuler dan prestasi kita harus datang keruangan guru karena disana jelas sekali dibuat berupa bangunan kecil dimana setiap bangunan tersebut mempunyai fungsi dan nama masing-masing. Pekerjaan seperti ini memakan waktu dan tenaga serta mengurangi keefisienan data.

7 BAB 4 PERANCANGAN DAN PEMBUATAN WEB PADA SMK SWASTA TELADAN SUMATERA UTARA Data Flow Diagram (DFD) Untuk mempermudah perancangan aplikasi, maka pada bagian ini penulis mencoba untuk merancang diagram alir yang dibutuhkan sebagai berikut 1.Data Flow Diagram Konteks

8 2. Data Flow Diagram Konteks Level Nol

9 4.2.2 Relasi Antar Tabel Gambar 4.3 Relasi Antar Tabel

10 4.4 Bagan Alir (Flowchart) Program Flowchart Menu Utama

11 BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN 5.1 Kesimpulan Studi yang penulis lakukan pada SMK Swasta Teladan Sumatera Utara 1 menghasilkan suatu kesimpulan yang nantinya dapat berfungsi sebagai bahan masukan bagi SMK Swasta Teladan Sumatera Utara 1. Sesuai dengan sistem informasi yang penulis rancang dan telah penulis jelaskan pada bab- bab sebelumnya, maka dapat diambil suatu kesimpulan sebagai berikut : 1. Dengan menggunakan sistem informasi yang baru yang memanfaatkan fasilitas internet sebagai alat bantu mempermudah penginfornasian suatu informasi. 2. Sistem informasi yang dirancang tersebut dapat mengatasi kesulitan- kesulitan yang dialami pihak sekolah dalam melakukan penyimpanan data 3. Dengan adanya sistem informasi tersebut maka proses penyimpanan data dan informasi lebih aman dan tersusun rapi 4. Melalui sistem informasi ini para orang tua dapat mengetahui informasi tentang anaknya dan sekolah 5. Melalui sistem informasi ini para guru dapat lebih membimbing siswa/i.

12 5.2 Saran A dapun saran-saran yang dapat penulis uraikan untuk meningkatkan Sistem Informasi pada SMK Swasta Teladan Sumatera Utara 1 adalah : 1. SMK Swasta Teladan Sumatera Utara 1 sudah saatnya memiliki website sebagai media komunikasi baik antar siswa/i, guru/pegawai, orang tua siswa, maupun dengan elemen-elemen lainnya sehingga dapat menjalin hubungan yang harmonis dan efektif serta dapat saling bekerja sama. 2. Diharapkan agar pihak SMK Swasta Teladan Sumatera Utara 1 lebih memperdalam penguasaan para guru/pegawai serta siswa/i-nya tentang ilmu komputer khususnya internet, hal ini dapat dilakukan dengan pelatihan-pelatihan pada saat-saat tertentu. 3. Sistem Informasi yang telah penulis desain diharapkan dapat terus dikembangkan sehingga dapat menjadi sebuah sistem informasi yang benar-benar efektif, terpercaya, dan tepat guna.

13 DEMIKIANLAH HASIL DARI PERSENTASI TUGAS AKHIR AKHIR KATA SAYA UCAPKAN SEKIAN DAN TERIMA KASIH


Download ppt "Perancangan dan Pembuatan Web pada SMK Swasta Teladan Sumatera Utara 1 Tugas Akhir Disusun Untuk Memenuhi Persyaratan Guna Menyelesaikan Program Diploma."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google