Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGENALAN KOMPUTER DAN MASYARAKAT ARY SATRIA. PENDAHULUAN Tanpa kita sadari, komputer telah berperan di masyarakat. Hal ini berlaku di negara maju maupun.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGENALAN KOMPUTER DAN MASYARAKAT ARY SATRIA. PENDAHULUAN Tanpa kita sadari, komputer telah berperan di masyarakat. Hal ini berlaku di negara maju maupun."— Transcript presentasi:

1 PENGENALAN KOMPUTER DAN MASYARAKAT ARY SATRIA

2 PENDAHULUAN Tanpa kita sadari, komputer telah berperan di masyarakat. Hal ini berlaku di negara maju maupun di negara yang sedang berkembang di Indonesia.

3 Komputer mempengaruhi cara hidup manusia dalam hidup, bekerja, dan bermain Komputer tersebar luas disemua tempat dan secara virtual mempengaruhi setiap aspek kehidupan, mulai dari makanan yang kita makan sampai kendaraan yang kita kendarai.

4 Komputer digunakan untuk menganalisis, mendiagnosa, dan berkomunikasi.

5 Lemari arsip katalog

6 Komputer merupakan penemuan yang sangat penting dan mendasar. Komputer tidak hanya membantu melaksanakan pekerjaan akan tetapi mengubah cara kerja dan sekaligus menimbulkan tantangan dan permasalahan baru dalam lingkungan.

7

8

9 DEFINISI KOMPUTER Komputer adalah sebuah peranti (perangkat) yang dapat diletakkan pada sebuah meja atau dipasang pada sebuah pacemaker didekat jantung anda. Ia dapat menempati sebuah ruang. Komputer memiliki empat fungsi penting yaitu input, pemrosesan, penyimpanan, dan output. Komputer bisa berukuran sembarang dan dapat diletakkan dihampir semua tempat.

10 LATAR BELAKANG Popularitas internet telah mengubah cara kita berkomunikasi, mendapatkan informasi, berbelanja, dan pergi ke kampus. Pengaruh internet telah menyentuh banyak aspek karena gagasan dan informasi dapat dibagikan dengan mudah di seluruh penjuru dunia.

11 Oleh karena itu, perlu dipelajari dampak dari komputer terhadap kehidupan manusia dan efeknya terhadap masyarakat secara luas.

12

13 PERBANKAN

14 PERDAGANGAN

15 Pemprosesan data besar, Transaksi jual beli, Menyimpan hasil transaksi, persediaan barang-barang (stock), Pembuatan laporan keuangan, faktur, surat-surat, dokumen dan lain-lain Selain pembayaran tunai bisa juga secara elektronik.

16 INDUSTRI CAMCAM CADCAD robot Produktifitas Kerja

17 TRANSPORTASI Mengatur lampu lalu lintas, Kereta listrik, Pengaturan lalu lintas, Reservasi, dll.

18 KEDOKTERAN Menyimpan riwayat penyakit pasien, Penggajian para karyawan RS, CAT (Computer Axial Tomography) Scan, Mengelola persediaan obat-obatan, dll.

19

20 PENDIDIKAN CBE (Computer Based Education), CAI (Computer Assisted Instruction),

21 Menyimpan data-data pendidik dan para murid, materi belajar dan soal-soal ujian maupun latihan.

22 SENI “Special effects”, Animasi, Photografy, SYNTHESIZER Proses penciptaan lagu, Dll.

23 PENELITIAN Penelitian angkasa lepas, Satelit, Penyelidikan tenaga nuklir dan pemrosesan data, Ramalan cuaca seperti pengambilan gambar awan, dll.

24 REKREASI Game Bioskop Traveling Roller Coaster

25 PERTAHANAN DAN KEAMANAN Sistem senjata, Kapal selam, Untuk simulasi perang atau terbang, Latihan perang, dll.

26 KOMUNIKASI , Chatting, Forum Diskusi, Teleconference, dll

27 Dampak positif penggunaan teknologi komputer : Komunikasi yang lebih baik Transportasi yang lebih cepat dan aman Penyelesaian pekerjaan yang lebih cepat dan akurat Efisiensi dalam penggunaan tenaga kerja.

28 Dampak negatif penggunaan teknologi komputer : Ada perasaan takut bahwa manusia akan menjadi budak dari mesin yang diciptakannya Perasaan takut akan kehilangan pekerjaan karena telah diambil alih dengan alasan biaya, kecepatan kerja dan ketelitian. Data-data penting yang disimpan didalam komputer mempunyai resiko tinggi dirusak atau diambil oleh hacker walaupun sudah menggunakan sandi kunci atau password.

29 ETIKA DAN TEKNOLOGI Perkembangan teknologi memberikan banyak perubahan, termasuk cara berpikir manusia (pemecahan masalah,perencanaan, pengambilan keputusan) Menghilangkan fungsi “mental manusia”, yang diambil alih oleh kemajuan teknologi Mengendurkan taraf kewaspadaan (situation awareness) Teknologi yang menunjang keterbatasan manusia, bukan manusia yang menunjang teknologi

30 DISKUSI Apa pendapat kalian jika tenaga kerja manusia digantikan dengan bantuan komputer 1. Biaya 2. Efisien 3. Efektifitas 4. Kesejahteraan

31 TUGAS PRESENTASI Sejarah, Perkembangan dan kritik tentang teknologi maju Pemanfaatan komputer dimasyarakat Komputer dan Pendidikan Komputer dan Pemerintahan Komputer dan Industri Masyarakat Informasi

32 Ciri-ciri masyarakat dengan teknologi informasi modern Dunia Usaha Sistem informasi E-commerce dan E- Business Keamanan sistem informasi dan etika Privacy dan kejahatan komputer Etika dan Profesionalisme


Download ppt "PENGENALAN KOMPUTER DAN MASYARAKAT ARY SATRIA. PENDAHULUAN Tanpa kita sadari, komputer telah berperan di masyarakat. Hal ini berlaku di negara maju maupun."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google