Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

EKONOMI KESEJAHTERAAN POKOK BAHASAN MASALAH POKOK PEREKONOMIAN DOSEN : DRS. YUDI MURYANTO, MM.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "EKONOMI KESEJAHTERAAN POKOK BAHASAN MASALAH POKOK PEREKONOMIAN DOSEN : DRS. YUDI MURYANTO, MM."— Transcript presentasi:

1 EKONOMI KESEJAHTERAAN POKOK BAHASAN MASALAH POKOK PEREKONOMIAN DOSEN : DRS. YUDI MURYANTO, MM.

2 SUB POKOK BAHASAN : 1. Masalah pokok yang selalu dihadapi oleh setiap perekonomian What (apa) yang diproduksi Bagaimana (How) cara memproduksi For Whom (Untuk siapa) barang diproduksikan 2. Tiga cara pemecahan masalah pokok dalam perekonomian Mekanisme pasar Kurva kemungkinan produksi Berdasarkan pendapat para pakar ekonomi

3 IDENTIFIKASI MASALAH POKOK EKONOMI Kebutuhan manusia yang beragam dan tidak terbatas sedangkan alat pemuas kebutuhannya adalah terbatas. Keadaan inilah yang menjadi inti masalah ekonomi, yaitu bagaimana memenuhi kebutuhan yang tidak terbatas dengan sumber daya ekonomi yang terbatas. Oleh karena itu, manusia berupaya mengatasi masalah tersebut, yaitu dengan berusaha memproduksi barang dan jasa sebagai alat pemuas kebutuhan sehingga diharapkan mampu mengimbangi kebutuhan manusia. Upaya inilah yang menjadi akar masalah pokok ekonomi, dimana selalu menjadi bahan dan beban pikiran banyak orang.

4 MASALAH EKONOMI LOKAL Masalah ekonomi dapat dipelajari dari berbagai sudut pandang yang dianalisis berdasarkan pendekatan letak geografis, menimbulkan konsep ekonomi regional (regional econimics) atau ekonomi lokal yang menyelidiki tata ruang sumber-sumber yang langka serta hubungannya dengan pengaruh terhadap lokasi berbagai macam usaha kegiatan baik ekonomi maupun sosial. Ilmu ekonomi ini berguna karena dapat memberikan petunjuk mengenai arah kebijakan dan manfaat dalam memecahkan masalah-masalah ekonomi lokal.

5 MASALAH EKONOMI JANGKA PENDEK ATAU MASALAH STABILISASI Masalah ini berhubungan dengan bagaimana mengatur perekonomian dari waktu ke waktu (bulan, triwulan, semester, dan tahun). Ada tiga permasalahan yang sering muncul, yaitu: Inflasi berhubungan dengan masalah kestabilan harga- harga barang dan jasa. Pengangguran atau kesempatan kerja. Ketidakstabilan neraca pembayaran suatu negara.

6 MASALAH EKONOMI JANGKA PANJANG ATAU MASALAH PERTUMBUHAN EKONOMI Masalah ekonomi jangka panjang atau masalah pertumbuhan ekonomi yaitu bagaimana mengendalikan perekonomian supaya terjadi keseimbangan antara pertumbuhan penduduk, pertambahan kapasitas produksi, dan tersedianya dana untuk investasi. Masalah jangka panjang juga mengatur untuk dapat menghindari masalah ekonomi tersebut dalam waktu yang lebih panjang (lima tahun, sepuluh tahun, dua puluh tahun, dan seterusnya)

7 MASALAH EKONOMI GLOBAL Kata global mengandung pengertian menyatunya negara- negara di dunia menjadi negara yang sangat besar. Globalisasi terjadi akibat berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi komunikasi dan sarana transportasi, sehingga batas-batas negara menjadi kurang berarti secara ekonomi. Pengaruh globalisasi dapat dirasakan dari segi budaya, musik yang didengarkan remaja Singapura, Jepang. Amerika, bahkan negara-negara di Afrika. Begitu pula jenis mode pakaian, dan makanan yang hampir sama di berbagai negara. Masalah ini dialami pula di bidang ekonomi, yang dikenal dengan globalisasi ekonomi; mengandung pengertian semakin menyatunya kegiatan ekonomi antara negara di dunia.

8 CONTOH GLOBALISASI EKONOMI Bidang Produksi Dewasa ini kita akan sering mengalami kesulitan dalam menentukan dimana produk tersebut dibuat. Misalnya untuk produk pakaian yang dibuat di Perancis, kapasnya dari Cina, kainnya dibuat di Indonesia, kancingnya dari Itali, benangnya dari Amerika, dirancang dan dibuat di Perancis. Dengan keadaan seperti itu, dapatkah produk tersebut buatan Perancis? Masalah serupa juga pada industri-industri mobil, elektronik, computer, pesawat terbang, dan sebagainya. Hal itu terjadi karena sangat jarang suatu negara yang dapat memproduksi suatu barang dari hulu sampai hilir. Di samping itu, penggunaan bahan dari negara lain juga dilakukan dengan alasan efisiensi; apabila salah satu bahan diproduksi sendiri biayanya terlalu mahal.

9 CONTOH GLOBALISASI EKONOMI Bidang Tenaga Kerja Mungkin kita sering mendengar bahwa di Jakarta banyak terdapat orang asing bekerja pada suatu kantor atau banyak tenaga kerja kita yang bekerja di luar negeri. Hal ini dapat saja terjadi, dan sekarang menjadi wajar, karena siapa pun apabila ada kesempatan dan memenuhi syarat maka ia dapat bekerja dimana pun. Misalnya sebuah perusahaan di Indonesia memperkerjakan orang Philipina karena kemampuannya berbahasa Inggris, atau memperkerjakan orang Jepang karena etos kerjanya yang tinggi.

10 CONTOH GLOBALISASI EKONOMI Bidang modal Globalisasi ekonomi memudahkan pengusaha mendapatkan modal untuk memperluas perusahaannya. Misalnya perusahaan tambak ikan di Indonesia memerlukan modal untuk memperluas tambaknya, dapat saja meminjam modal dari Hongkong, karena tingkat bunga di Indonesia dianggap terlalu mahal. Masalah ekonomi global semakin kompleks seiring dengan dorongan perdagangan bebas. Negara berkembangan semakin ketinggalan dalam banyak hal; misalnya masuknya barang- barang negara maju mudah (tanpa proteksi), akan menimbulkan ketergantungan, kualitas sumber daya manusia yang ketinggalan, produk- produk dalam negeri yang tidak laku karena kualitas, dan harga produk luar yang lebih baik. Bagaimana akibat dari masalah ekonomi global dan perdagangan bebas itu terhadap masalah ekonomi nasional? Jawabannya dapat beraneka ragam. Salah satunya adalah pereknomonian nasional kalah dalam bersaing. Oleh karena itu, agar tidak ketinggalan, harus memenangkan persaingan.

11 MASALAH POKOK PEREKONOMIAN Dalam memenuhi kebutuhannya, manusia dihadapkan pada berbagai masalah. Hal ini dimungkinkan karena jumlah dan macam kebutuhan manusia tidak terbatas. Masalah pokok ekonomi yang dihadapi manusia dibedakan menjadi dua macam, yaitu masalah bagi konsumen dan bagi produsen

12 MASALAH EKONOMI BAGI KONSUMEN Masalah pokok yang dihadapi konsumen adalah terbatasya alat pemuas, padahal kebutuhan manusia tidak terbatas. Agar konsumen dapat memenuhi berbagai kebutuhannya maka konsumen akan menyusun skala prioritas. Adapun hal-hal yang mempengaruhi skala prioritas adalah tingkat pendapatan atau penghasilan, kedudukan seseorang, dan faktor lingkungan.

13 MASALAH EKONOMI BAGI PRODUSEN (PAUL A. SAMUELSON) What (Apa) yang diproduksi Bagaimana (How) cara memproduksinya. For Whom (Untuk siapa) barang didistri- busikan

14 What (Apa) yang diproduksi Komoditi apa yang harus kita produksi, dan berapa banyaknya? Haruskah kita lebih banyak memproduksi makanan daripada pakaian atau sebaliknya. Dalam suatu perekonomian pasar, keinginan konsumen penting peranannya dalam menen tukan corak kegiatan ekonomi. Keinginan konsumen akan memberikan petunjuk kepa- da perusahaan-perusahaan dalam menentu- kan jenis-jenis barang dan jasa-jasa yang perlu diproduksikan di pasar. Dengan perka- taan lain, keinginan konsumen akan menja- wab persoalan pokok yang pertama yaitu barang apakah yang perlu diproduksikan dipasar.

15 Bagaimana (How) cara memproduksinya. Bagaimana komoditi harus diproduksi, dilakukan oleh siapa, dengan gabungan faktor- faktor produksi yang mana, serta teknik pengerjaannya seperti apa. Proses produksinya umumnya akan dilakukan secara masal yang padat modal apa padat karya? Berapa besar peran perusahaan negara dan swasta? Oleh karena keinginan konsumen dalam pasar tidak terbatas, sedangkan faktor-faktor produk- si terbatas, maka perusahaan haruslah memi- kirkan cara yang terbaik dan yang paling efisien untuk mengatasi masalah pokok kedua yaitu bagaimanakah barang-barang yang diperlukan rumah tangga dalam perekonomian akan dipro- duksikan.

16 For Whom (Untuk siapa) barang didistribusi- kan. Bagi siapa komoditi harus diproduksi? Siapakah yang akan menikmati dan memperoleh manfaat dari adanya barang dan jasa diseluruh negeri? Bagaimana produk nasional didistribusikan kepada setiap orang? Haruskah sedikit saja orang kaya dan banyak yang miskin? Atau pada sektor mana semua orang harus mendapat bagian yang sama? Apakah imbalan yang tinggi diberikan kepada orang yang berotot atau pada orang yang berotak? Apakah orang yang tamak boleh mewarisi dunia ini? Ataukah si pemalas boleh makan banyak?

17 Penggunaan faktor-faktor produksi akan menim- bulkan pendapatan kepada pemilik-pemiliknya. Pendapatan ini akan mereka gunakan untuk membeli barang dan jasa yang mereka perlukan. Ini berarti interaksi diantara sektor perusahaan dengan sektor rumah tangga di pasar faktor pada mulanya akan menentukan jumlah berba- gai faktor produksi yang digunakan dan penda- patan yang mereka terima. Seterusnya penda- patan berbagai faktor produksi ini akan dibelan- jakan oleh pemilik-pemilik faktor produksi tsb (sektor rumah tangga) untuk membeli barang dan jasa. Dengan demikian interaksi diantara sektor perusahaan dengan sektor rumah tangga di pasar faktor pada akhirnya akan memberi jawaban kepada persoalan untuk siapakah barang-barang dan jasa-jasa akan diproduksi- kan.

18 PEMECAHAN MASALAH POKOK DALAM PEREKONOMIAN 1. Mekanisme pasar Salah satu cara menyelesaikan masalah pokok perekonomian adalah dengan memberlakukan sistem pasar dan harga. Suatu ekonomi pasar adalah satu mekanisme yang terinci dari koordinasi di bawah sadar atas manusia dan bisnis melalui suatu sistem harga dan pasar. Mekanisme ini merupakan alat komunikasi untuk menghimpun pengetahuan dan tindakan jutaan orang yang berlainan dan yang tersebar dimana-mana. Tanpa intelijensi yang terpusatpun mekanisme ini mampu memecahkan masalah yang tidak sanggup dilakukan komputer terbesar masa kini, dengan melibatkan jutaan variabel maupun hubungan yang tidak diketahui pasti

19 Mekanisme pasar Bagaimana proses mekanisme pasar berjalan dengan sendirinya? Sebenarnya kerangka dasarnya adalah sangat sederhana. Pengertian dasar adalah bahwa segala keputusan tentang harga ditentukan di pasar. Secara harfiah, istilah pasar berarti tempat dimana barang-barang dibeli dan dijual. Jadi dalam pengertian pasar, termasuk pasar Tunjungan di Surabaya, Bursa Karet di Singapura, atau Bursa Komoditi di Chicago. Contoh lain adalah Bursa Saham di Jakarta yang menjual-belikan saham dan obligasi yang dikeluarkan oleh perusahaan-perusahaan yang sudah “go public”. Terkadang pasar berlangsung hanya dengan melalui telepon, seperti yang sering terjadi dalam transaksi minyak. Dengan demikian yang dimaksud dengan pasar ialah proses yang digunakan oleh pembeli dan penjual untuk berhubungan dalam menentukan harga dan jumlah.

20 2. Kurva kemungkinan produksi Untuk memperjelas tiga masalah dasar dalam kehidupan ekonomi, yaitu apa, bagaimana dan bagi siapa. Barang apa yang akan diproduksi dan dikonsumsi bisa digambarkan dengan titik yg akhirnya dipilih pada batas kemungkinan produksi. Bagaimana barang yang diproduksi akan melibatkan satu pilihan terbaik atas metode dan alokasi yang memadai mengenai berbagai jumlah dan jenis sumber daya yang terbatas pada berbagai macam industri. Bagi siapa barang dihasilkan tidak dapat disaksikan hanya dari diagram kemungkinan produksi saja, namun terkadang dapat saja ditebak makna diagram tersebut.

21 KEMUNGKINAN PRODUKSI BERAS (Ribuan Ton) PERSENJATAAN (Ribuan Buah) ABCDEFABCDEF ALTERNATIF KEMUNGKINAN PRODUKSI.

22 BATAS KEMUNGKINAN PRODUKSI BERAS (RIBUAN TON) PERSENJATAAN (RIBUAN BUAH) B G O O U I A B C D E F

23 3. Pendapat para pakar ekonomi Dalam suatu perekonomian yang diatur oleh mekanisme pasar, tingkat penggunaan tenaga kerja penuh akan selalu tercapai. Pandangan ini didasarkan kepada keyakinan bahwa didalam perekonomian tidak akan terdapat kekurangan permintaan. Apabila produsen menaikkan produksi mereka atau menciptakan jenis-jenis barang baru, maka dalam perekonomian pada umumnya tidak pernah berlaku kekurangan permintaan. Dengan perkataan lain penawaran yang bertambah akan secara otomatis menciptakan penambahan permintaan.

24 Pendapat Adam Smith Menurut Adam Smith dalam bukunya The Wealth Nations yang merupakan buku ilmu ekonomi modern, dalam tatanan sistem ekonomi muncul kaidah tangan gaib atau “invisibble hand.” Kaidah ini menyatakan bahwa setiap orang dalam mengejar kepentingan dirinya sendiri, seolah-olah diarahkan oleh tangan gaib untuk mencapai apa yang terbaik untuk semua. Doktrin tangan gaib ini merupakan satu konsep untuk menjelaskan mengapa hasil mekanisme pasar terlihat begitu rapih dan tertib.

25 TERIMA KASIH 25


Download ppt "EKONOMI KESEJAHTERAAN POKOK BAHASAN MASALAH POKOK PEREKONOMIAN DOSEN : DRS. YUDI MURYANTO, MM."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google