Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Lenny Widjayanthi.  Penyelidikan yang sistematis, terkontrol, empiris, dan kritis terhadap fenomena alam yang dipandu dengan teori dan hipotesis tentang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Lenny Widjayanthi.  Penyelidikan yang sistematis, terkontrol, empiris, dan kritis terhadap fenomena alam yang dipandu dengan teori dan hipotesis tentang."— Transcript presentasi:

1 Lenny Widjayanthi

2  Penyelidikan yang sistematis, terkontrol, empiris, dan kritis terhadap fenomena alam yang dipandu dengan teori dan hipotesis tentang dugaan hubungan antara variabel- variabel (fenomena).  Prosedur atau cara tertentu yang digunakan untuk memperoleh pengetahuan yang disebut ilmu (pengetahuan ilmiah)

3 Kebenaran yang diperoleh melalui penelitian dengan menggunakan metode ilmiah terhadap fenomena yang fana. Dengan catatan, banyak juga kebenaran terhadap fenomena yang fana diterima tidak melalui proses penelitian.

4  Kebenaran ilmiah dapat diterima karena tiga hal: 1. Adanya koheren 2. Adanya koresponden 3. Pragmatis

5 1. Adanya koheren Suatu pernyataan dianggap benar jika pernyataan tersebut koheren atau konsisten dengan pernyataan sebelumnya yang dianggap benar Contoh: - Ada pernyataan: si Badu akan mati. Semua orang akan mati. Maka pernyataan sebelumnya dianggap benar.

6 2. Adanya koresponden (Betrand Russel) Suatu pernyataan dianggap benar, jika materi pengetahuan yang terkandung dalam pernyataan tersebut berhubungan atau mempunyai korespondensi dengan obyek yang dituju oleh pernyataan tersebut Contoh: - Pernyataan bahwa Ibu kota Propinsi Daerah Istimewa Aceh adalah Banda Aceh adalah benar karena pernyataan tersebut mempunyai korespondensi dengan lokasi atau faktualitas bahwa Banda Aceh memang ibu kota Propinsi Aceh.

7 3. Pragmatis (Ch.s. Pierce) Pernyataan dipercayai benar karena pernyataan tersebut mempunyai sifat fungsional dalam kehidupan praktis Contoh : Teori X dalam Genetika Dengan teori X dapat dikembangkan tehnik Z agar tan. Tahan trhdp penyakit. Kesimpulan : teori X benar ---- fungsional dan mempunyai kegunaan

8 Seperti hasil dan proses. Penelitian adalah proses Hasilnya adalah ilmu Almack 1930 Penelitian Ilmu Proses Hasil Penelitian

9 “.... terdapat kesamaan yang tinggi derajatnya antara konsep ilmu dan penelitian. Keduanya adalah sama- sama proses” Whitney Penelitian Ilmu Kebenaran Proses Hasil Penelitian


Download ppt "Lenny Widjayanthi.  Penyelidikan yang sistematis, terkontrol, empiris, dan kritis terhadap fenomena alam yang dipandu dengan teori dan hipotesis tentang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google