Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

CHAPTER 6 BAGIAN-BAGIAN SURAT. ISI SURAT Isi surat yang paling ideal terdiri: 1.Alinea pembuka 2.Alinea isi 3.Alinea penutup Ad.1. Alinea pembuka berfungsi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "CHAPTER 6 BAGIAN-BAGIAN SURAT. ISI SURAT Isi surat yang paling ideal terdiri: 1.Alinea pembuka 2.Alinea isi 3.Alinea penutup Ad.1. Alinea pembuka berfungsi."— Transcript presentasi:

1 CHAPTER 6 BAGIAN-BAGIAN SURAT

2 ISI SURAT Isi surat yang paling ideal terdiri: 1.Alinea pembuka 2.Alinea isi 3.Alinea penutup Ad.1. Alinea pembuka berfungsi sbg pengantar untuk Mengetahui masalah pokok surat. Jika isi surat untuk memberitahukan, menanyakan, meminta, melaporkan, dan menyampaikan sesuatu, maka alinea pembuka dapat dimulai dengan: -Kami beritahukan bahwa ……. -Dengan ini kami kabarkan bahwa ….. -Dengan sangat menyesal kami beri tahukan -Pd kesempatan ini kami bermaksud menanyakan

3 - Dengan ini kami menanyakan……. - Kami mohon bantuan Saudara untuk…. -Perkenankanlah kami melaporkan…… -Sesuai dengan pembicaraan kita minggu yang lalu.. -Sebagai tindak lanjut pertemuan kita…. -Sebagai realisasi perundingan kita ….. -Bersama ini kami kirimkan daftar……

4 Apabila menjawab atau membalas surat, maka alinea awal dapat mempergunakan: -Untuk menjawab surat Saudara nomor…. -Untuk membalas surat Saudara nomor… -Sehubungan surat Saudara nomor… -Menunjuk surat anda nomor…. -Berkenanan dengan surat Saudara nomor…

5 - Untuk memenuhi permintaan Saudara melalui surat nomor….. -Setelah membaca iklan perusahaan Bapak dalam harian…… Ad.2. Alinea isi/transisi adalah seluruh alinea yang terdapat antara alinea pembuka dan alinea penutup. uraian, keterangan atau penjelasan masalah pokok surat Alinea transisi dapat dibangun dengan cara repetisi, dengan bantuan frasa transisi, dengan bantuan partikel, terutama kata sambung. CARA REPETISI Repetisi adalah pengulangan sebagian unsur alinea Sebelumnya untuk memulai alinea baru(alinea isi)

6 DENGAN BANTUAN FRASA TRANSISI Oleh sebab itu…. Sehubungan itu…. Sehubungan hal tersebut, …. Akan tetapi…. Walaupun demikian…. Dalam pada itu…. Di samping itu, ….. Selain itu,…. Berkenaan dengan hal tersebut, …. Berkaitan dengan hal di atas,….

7 DENGAN BANTUAN KATA PENGHUBUNG Kata penghubung seperti meskipun, berhubung, tetapi, namun, sebaliknya, kemudian, selanjutnya, jadi, dapat dipakai untuk memulai alinea transisi asal disesuaikan fungsinya. 3. Alinea penutup Alinea penutup berfungsi untuk menandakan uraian pokok masalah sudah selesai, harapan, imbauan, ucapan terima kasih. Atas perhatian Saudara, kami sampaikan terima kasih. Atas bantuan dan perhatian Saudara, kami sampaikan terima kasih. Demikian agar Saudara maklum, dan atas perhatian Saudara, kami sampaikan terima kasih.

8 - Harapan kami semoga kerja sama yang telah kita bina dapat ditingkatkan terus. -Mudah-mudahan bahan pertimbangan yang kami kemukakan di atas bermanfaat bagi Saudara -Kami menunggu kabar lebih lanjut, dan atas perhatian Saudara, kami berterima kasih. -Kami harap hal ini mendapat perhatian Saudara sepenuhnya, dan tak lupa kami sampaikan terima kasih. -Perhatian Saudara terhadap hal ini sangat kami hargai -Demikian agar instruksi ini dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab.


Download ppt "CHAPTER 6 BAGIAN-BAGIAN SURAT. ISI SURAT Isi surat yang paling ideal terdiri: 1.Alinea pembuka 2.Alinea isi 3.Alinea penutup Ad.1. Alinea pembuka berfungsi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google