Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Indra Kusuma PROGRAM STUDI TEKNIK MESIN D3 INSTITUT SAINS DAN TEKNOLOGI NASIONAL J A K A R T A ELEMEN MESIN I.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Indra Kusuma PROGRAM STUDI TEKNIK MESIN D3 INSTITUT SAINS DAN TEKNOLOGI NASIONAL J A K A R T A ELEMEN MESIN I."— Transcript presentasi:

1 Indra Kusuma PROGRAM STUDI TEKNIK MESIN D3 INSTITUT SAINS DAN TEKNOLOGI NASIONAL J A K A R T A ELEMEN MESIN I

2 I. Pendahuluan Elemen Mesin  Ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang bagian dari komponen mesin yang dipergunakan pada konstruksi mesin. Komponen mesin direncanakan dan dibuat untuk memenuhi kebutuhan mekanisme dari suatu mesin. Elemen Mesin A. Dari pandangan kurikulum: Fisika Dasar (Fisika Mekanika) Elemen Mesin B. Terhadap cabang Fisika dan Ilmu lainnya Mekanika Pengetahuan BahanMatematika Konstruksi Mesin

3  Prinsip-prinsip Dasar Perencanaan Elemen Mesin: Dalam tahap-tahap perencanaan elemen mesin ada beberapa Pertimbangan yang perlu diperhatikan antara lain : 1.Jenis-jenis pembebanan. 2.Jenis-jenis Tegangan yang timbul akibat pembebanan tsb. 3.Pemilihan bahan/komponen. 4.Bentuk dan ukuran bagian mesin yang direncanakan. 5.Gambar kerja. 8.Aspek keindahan. 6. Keamanan operasi. 7.Pemeliharaan dan Perawatan.  Istilah Dasar dan Jenis-jenis Elemen Mesin. Elemen mesin adalah bagian dari komponen tunggal yang diper- gunakan pada konstruksi mesin, dan setiap bagian mempunyai fungsi pemakaian yang khas. Dengan pengertian tersebut diatas, maka elemen mesin dapat di kelompokan sbb:

4 Elemen – elemen Sambungan.  Sambungan Susut.  Sambungan Paku keling.  Sambungan Ulir dan Sekerup.  Sambungan Baut dan Pena.  Sambungan Pengelasan.  Sambungan Pasak/Spie. Bantalan dan Elemen Transmisi.  Bantalan Luncur.  Bantalan Gelinding.  Poros Dukung dan Poros Transmisi.  Kopling

5 Buku-buku Referensi: 1. Dasar Pemilihan dan Perencanaan Elemen Mesin. Kiyokatsu Suga & Ir.Sularso. Penerbit Pradnya Paramita,Jakarta. 2.Machine Design. Khurmi&Jk.Gupta, Khanna Publishers Delhi. 3. Machine Design. R.K. JAIN, Khanna Publishers Delhi. 4. Design of Machine Element. M.F. Spotts, Prentice – Hall of India, New Delhi.


Download ppt "Indra Kusuma PROGRAM STUDI TEKNIK MESIN D3 INSTITUT SAINS DAN TEKNOLOGI NASIONAL J A K A R T A ELEMEN MESIN I."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google