Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MANAJEMEN STRATEJIK PR MANAJEMEN PR DOSEN: ADE SURYANI, M.Soc.Sc FIKOM-UNIVERSITAS ESA UNGGUL.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MANAJEMEN STRATEJIK PR MANAJEMEN PR DOSEN: ADE SURYANI, M.Soc.Sc FIKOM-UNIVERSITAS ESA UNGGUL."— Transcript presentasi:

1 MANAJEMEN STRATEJIK PR MANAJEMEN PR DOSEN: ADE SURYANI, M.Soc.Sc FIKOM-UNIVERSITAS ESA UNGGUL

2 STRATEGI Strategi : Sebuah perencanaan mengenai suatu proses yang akan dilakukan untuk dapat mewujudkan tujuan yang diinginkan pada sebuah instansi atau organisasi.

3 DEFINISI MANAGEMENT STRATEGI  Menurut David (1999) “Strategic management can be defined as the art and science of formulating, implementing, and evaluating cross-functional decisions that enable organization to achieve its objective”.

4 BEBERAPA ISTILAH TERKAIT STRATEGI  Manajemen strategi adalah suatu proses pengambilan keputusan dann tindakan yang mengarah kepada pengembangan strategi yang efektif atau yang membantu perusahaan mencapai tujuannya.  Kebijakan perusahaan. Kebijakan umum perusahaan yang melihat ke dalam (inward looking) untuk mengintegrasikan aktivitas dan fungsi perusahaan secara tepat.  Keputusan strategi. Keputusan ini berkaitan dengan definisi bisnis,produk dan pasar yang akan dilayani, fungsi yang akan dilaksanakan, dan kebijakan utama.  Kebijakan adalah rumusan yang disiapkan dan berfungsi sebagai pedoman internal organisasi untuk bertindak.

5 STRATEGI PR  Pengertian Strategi PR, menurut Anne Gregory (1996:105), yaitu merupakan pendekatan secara keseluruhan yang berkaitan dgn pelaksanaan program Kerja PR dalam kurun waktu tertentu, terkoordinasi dalam tim kerja, memiliki tujuan, faktor pendukung untuk melaksanakan gagasan strategis secara rasional melalui taktik (pelaksanaan) secara efisien dan efektif untuk mencapai sasaran dan tujuan.

6 STRATEGI PERENCANAAN PR  Menurut Frank Jefkins (1988:13), strategi perencanaan PR yaitu:  Public Relations consist of all forms of planned communication outwards and inwards between an organization and its public for the purpose of achieving specific objective concerning mutual understanding.

7 MANFAAT STRATEGI PR  Pemahaman yang lebih jelas atas visi strategis perusahaan  Fokus yang lebih tajam terhadap apa yang secara strategis memang penting.  Pemahaman yang lebih baik terhadap perubahan lingkungan perusahaan secara lebih cepat.

8 9 LANGKAH STRATEGI PR menurut Smith (2005) Tahap satu : Penelitian Formatif (Awal) Langkah 1 : Analisis Keadaan Langkah 2 : Analisis Organisasi Langkah 3 : Analisis Publik Tahap Dua : Strategi Langkah 4 : Perumusan sasaran dan tujuan Langkah 5 : Formulasi strategi tindakan dan tanggapan Langkah 6 : Pemanfaatan komunikasi efektif

9 STRATEGI PERENCANAAN PR Tahap 3 : Taktik Langkah 7 : Menentukan taktik komunikasi Langkah 8 : Pelaksanaan Rencana Stratejik. Tahap 4 : Penelitian Evaluasi Langkah 9 : Evaluasi rencana stratejik

10 Model DasarManajemen Stratejik 4 ELEMEN DASAR Prentice Hall, 2002 Chapter 1 Wheelen/Hunger

11 MAKNA LAIN DARI STRATEGI (Five P’s) 1) Strategi sebagai satu perencanaan (plan). 2) Strategi sebagai lompatan (ploy). 3) Strategi sebagai pola (pattern). 4) Strategi sebagai pengambilan posisi (position) 5) Strategi sebagai persepsi (perception).

12  Tidak ada satu model perencanaan strategis yang sempurna untuk setiap organisasi. Setiap organisasi pada umumnya mengembangkan sifat dan model perencanaan strategis, lalu sering kali memilih model dan memodifikasi nya agar sesuai dengan perencanaan organisasi mereka sendiri


Download ppt "MANAJEMEN STRATEJIK PR MANAJEMEN PR DOSEN: ADE SURYANI, M.Soc.Sc FIKOM-UNIVERSITAS ESA UNGGUL."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google