Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pertumbuhan Ekonomi Pertemuan ke-6 Teori Ekonomi Makro I.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pertumbuhan Ekonomi Pertemuan ke-6 Teori Ekonomi Makro I."— Transcript presentasi:

1 Pertumbuhan Ekonomi Pertemuan ke-6 Teori Ekonomi Makro I

2 Faktor Penentu pertumbuhan ekonomi 1. Mikro Q = f ( K, L) Q = f ( K, L) 2. Makro Q = f ( K, L, T, U, M, W, I)) Q = f ( K, L, T, U, M, W, I))

3 Teori Pertumbuhan Ekonomi: 1. Teori Jumlah Penduduk Optimal  Dikembangkan oleh Klasik  Berlakunya TLDR menyebabkan tidak semua penduduk dapat dilibatkan dalam proses produksi

4  Pada grafik 1, kurva TP 1 menunjukkan hubungan antara jumlah tenaga kerja (penduduk) yang terlibat dalam proses produksi adalah L 1 dengan jumlah output Q 1. jika jumlah tenaga kerja ditambah menjadi L 2, PDB justru berkurang menjadi Q 2.  Jika tenaga kerja ditambah yaitu L 2 dan output meningkat menjadi Q 3, sehingga barang modal dan SDM menunda terjadinya TLDR.

5  Jika hal tsb terjadi, maka fungsi produksi membaik  kurva TP bergeser dari TP 1 ke TP 2.

6 2. Teori Neo Klasik  Dikembangkan oleh Sollow (1956)  Fokus: akumulasi stok barang modal dan keterkaitannya dengan keputusan masyarakat untuk berinvestasi.  Hubungan diantara output dan input dijelaskan dengan menggunakan fungsi produksi  Y= AF (K, N)

7 Asumsi: 1. Teknologi konstan 2. Depresiasi konstan 3. Tidak ada perdagangan luar negeri 4. Tidak ada sektor pemerintah 5. Tingkat pertambahan penduduk konstan 6. Semua penduduk bekerja  y = f (k)

8  Pertumbuhan produktivitas dianggap sebagai residu (Solow residual) yaitu bagian dari per­tumbuhan output yang tidak dapat dijelaskan oleh pertumbuhan dalam kapital ataupun tenaga kerja  Sebagian besar ahli ekonomi Solow residual  pertumbuhan ekonomi yang disebabkan oleh kemajuan teknologi.  Sedangkan Edward Prescott  ukuran dari tingkat kemajuan teknologi

9 Siklus Bisnis Riil  Fluktuasi ekonomi jangka pendek dijelaskan berdasarkan asumsi model klasik  mempelajari jangka panjang.

10 Residu Sollow dan Siklus Bisnis  Peran guncangan teknologi dalam menghasilkan siklus bisnis, Edward Prescott meneliti data tentang input perekonomian (modal dan tenaga kerja) dan outputnya (GDP).

11 Pertumbuhan Output dan Residu Solow

12 3. Teori Pertumbuhan Endogen  Dikembangkan oleh Romer (1986)  Kelemahan teori Klasik dan Neo Klasik adalah bersifat eksogen  Konsekuensinya terjadi TLDR

13 4. Teori Schumpeter  Pertumbuhan ekonomi ditentukan oleh kewirausahaan  Kemajuan perekonomian disebabkan adanya keleluasaan entrepreneur  monopoli

14 5. Teori Harrod Domar  Pentingnya investasi terhadap pertumbuhan ekonomi


Download ppt "Pertumbuhan Ekonomi Pertemuan ke-6 Teori Ekonomi Makro I."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google