Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pengenalan Scratch Slide 1. Apa itu Scratch Scratch adalah bahasa pemrograman grafis yang dapat Anda gunakan secara gratis. Hanya dengan drag and drop.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pengenalan Scratch Slide 1. Apa itu Scratch Scratch adalah bahasa pemrograman grafis yang dapat Anda gunakan secara gratis. Hanya dengan drag and drop."— Transcript presentasi:

1 Pengenalan Scratch Slide 1

2 Apa itu Scratch Scratch adalah bahasa pemrograman grafis yang dapat Anda gunakan secara gratis. Hanya dengan drag and drop sebuah blok warna, Anda dapat membuat cerita, games, animasi, musik, seni, dan presentasi. Anda dapat meng-upload hasil proyek Scratch ke Internet untuk berbagi dengan programmer Scratch dari seluruh dunia. Scratch dirancang untuk bermain, pembelajaran sendiri dan animasi.

3 Mengapa Dinamakan Scratch Scratch merupakan nama cara untuk hip-hop disc jockeys (DJ) dalam menggabungkan potongan musik, menggunakan teknik yang disebut scratching. Dengan cara yang sama, programmer Scratch menggabungkan media yang berbeda seperti (gambar, foto, efek suara, dan sebagainya) dengan cara menarik untuk menciptakan sesuatu yang baru.

4 Scratch Cocok Untuk Siapa Scratch dikembangkan untuk orang berusia 8 dan lebih untuk membantu mereka mengembangkan keterampilan belajar yang kreatif pada abad ke-21. Pada saat orang membuat program, mereka belajar matematika dan konsep komputer yang meningkatkan pemikiran kreatif mereka, penalaran logis, pemecahan masalah, dan kolaborasi keterampilan. Merancang proyek Scratch membuat orang dapat berpikir kreatif. Merancang proyek Scratch juga membuat orang dapat belajar bagaimana mengatasi hambatan dan memecahkan masalah.

5 Apakah Mudah Menggunakan Scratch (1) Scratch dirancang untuk mencegah perangkap umum bagi pemula dalam bahasa pemrograman, seperti kesalahan ejaan dan kesalahan dalam konsisten. Scratch dilakukan hanya dengan drag and drop untuk menggabungkan pemrograman blok. Scratch memiliki antarmuka grafis yang membuat pengguna dengan mudah mengontrol cara di mana berbagai jenis perintah bereaksi satu sama lain.

6 Apakah Mudah Menggunakan Scratch (2) Masing-masing blok perograman dapat cocok dengan yang lainnya hanya jika blok tersebut mempunyai pengertian komputasi. Pengkategorian yang memiliki warna tertentu membantu membedakan dari setiap grup untuk merelasikan perintah fungsi khusus. Scratch dapat berjalan secara real time, sehingga dapat diedit dan diuji pada saat tertentu, bahkan ketika program sedang berjalan.

7 Bahasa yang Didukung Oleh Scratch Scratch dapat digunakan dalam 50 bahasa yang berbeda. Anda dapat memilih bahasa dari menu pull-down di bagian bawah.

8 Bagaimana Scratch Digunakan Dalam Institusi Pendidikan Instisuti pendidikan dapat menggunakan Scratch untuk membantu pengajar dalam mata pelajaran matematika, music, seni, desain, dan teknologi informasi. Scratch dirancang untuk eksplorasi dan eksperimen, sehingga mendukung banyak gaya belajar yang berbeda. Dengan terlibat dalam kegiatan desain berbasis individual atau dalam kelompok, siswa akan termotivasi untuk belajar.

9 Komunitas Scratch Bergabung dengan Komunitas Scratch:  Kunjungi halaman website (http://scratch.mit.edu/) dan klik join to Scratch untuk mendaftar (Anda hanya perlu mendaftar sekali).  Masukan username dan kemudian mengisi informasi.  Jika pengguna di bawah umur 13 tahun, Scratch akan meminta alamat dari orang tua.

10 Instalasi Scratch


Download ppt "Pengenalan Scratch Slide 1. Apa itu Scratch Scratch adalah bahasa pemrograman grafis yang dapat Anda gunakan secara gratis. Hanya dengan drag and drop."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google