Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Faktor Penghambat Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Penjas Aktivitas Luar Kelas Oleh Nama: Ganang Hadi Atmaja NIM: 10604224094 Prodi: PGSD Penjas 2010.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Faktor Penghambat Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Penjas Aktivitas Luar Kelas Oleh Nama: Ganang Hadi Atmaja NIM: 10604224094 Prodi: PGSD Penjas 2010."— Transcript presentasi:

1 Faktor Penghambat Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Penjas Aktivitas Luar Kelas Oleh Nama: Ganang Hadi Atmaja NIM: Prodi: PGSD Penjas 2010

2 Latar Belakang proses Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (Penjasorkes) memiliki problem seperti kemampuan guru, kesiapan siswa, lingkungan, serta sarana prasarana dalam proses pembelajaran. Ini terbukti dengan tidak diajarkannya materi pendidikan jasmani Aktivitas Luar Kelas. Pendidikan luar kelas merupakan salah satu aspek yang ada di dalam ruang lingkup mata pelajaran Penjasorkes. Aktivitas luar kelas mempunyai banyak manfaat.

3 Identifikasi masalah Adakah minat siswa-siswi SD N Kotagede 5 dalam mengikuti proses pembelajaran aktivitas luar kelas? Apakah lingkungan sekolah yang menghambat dalam menerapkan pembelajaran aktivitas luar kelas? Apakah faktor guru yang menghambat dalam menerapkan pembelajaran aktivitas luar kelas? Apakah kondisi siswa yang menghambat untuk proses pembelajaran penjas aktivitas luar kelas? Apakah sarana dan prasarana yang menghambat untuk proses pembelajaran penjas aktivitas luar kelas?

4 Batasan masalah faktor yang menghambat guru penjas dalam menerapkan pembelajaran penjas aktivitas luar kelas di SD N Kotagede 5 Yogyakarta Rumusan masalah faktor – faktor apa saja yang menghambat guru Penjasorkes dalam menerapkan pembelajaran penjas aktivitas luar kelas di SD N Kotagede 5 Yogyakarta. Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor – faktor yang menghambat guru dalam menerapkan materi pembelajaran penjas aktivitas luar kelas di SD N Kotagede 5 yogyakarta.

5 Manfaat penelitian Secara teoretis Memberikan wawasan, pengalaman, dan pengetahuan bagi mahasiswa, guru tentang metode untuk mencari faktor yang menghambat dalam menerapkan pembelajaran penjas aktivitas luar kelas di sekolah. Secara reliabilitas Dapat mengetahui faktor yang menghambat guru dalam menerapkan pembelajaran aktivitas luar kelas sehingga dapat diambil langkah – langkah nyata untuk mengantisipasi kesalahan.

6 Hakikat Faktor Penghambat Hambatan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2002: 385) hambatan adalah halangan atau rintangan. Faktor – Faktor Penghambat Faktor penghambat dapat dibagi menjadi dua macam yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Menurut slameto (1995: 54-72), faktor yang mempengaruhi pembelajaran ada dua macam yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Faktor Intern yaitu faktor yang ada pada individu. Pada penelitian ini yaitu guru. Faktor Ekstern yaitu yang berasal dari luar individu. Adapun faktor- faktor yang berasal dari luar individu adalah faktor sekolah meliputi siswa, lingkungan, sarana dan prasarana.

7 Guru dalam Aktivitas Luar Kelas Guru dalam proses pembelajaran aktivitas luar kelas yaitu selain menjadi guru pada khusunya, guru juga sebagai fasilitator untuk mengungkap pengalaman dari peserta didik atau siswa. Hakikat pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan Mata pelajaran pendidikan jasmani adalah salah satu materi pelajaran yang terdapat di sekolah dan merupakan wadah bagi siswa untuk mengembangkan potensinya melalui aktivitas jasmani Hakekat Aktivitas Luar Kelas Pendidikan luar kelas merupakan aktivitas luar sekolah yang berisi kegiatan luar kelas/sekolah dan di alam bebas lainnya, seperti: bermain di lingkungan sekolah, taman, perkampungan pertanian/nelayan, berkemah, dan kegiatan yang bersifat kepetualangan, serta pengembangan aspek pengetahuan relevan.

8 Metode penelitian Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif Variabel dalam penelitian ini adalah variabel tunggal Subjek sumber data pada penelitian ini adalah guru mata pelajaran Penjasorkes di SD N Kotagede 5 Yogyakartabyang berjumlah satu orang Instrunen menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dokumentasi atau lebih dikenal dengan triangulasi. Teknik pengumpulan data yang muncul dalam penelitian berupa kata-kata bukan merupakan angka- angka yang dikumpulkan melalui hasil wawancara, hasil observasi maupun dokumentasi. Teknik analisisnya tetap menggunakan kata-kata, yang disususn ke dalam teks yang mendapat perluasan makna.

9 Unsur yang ditelitiFaktorIndikator Faktor-faktor penghambat guru dalam menerapkan pembelajaran penjas aktivitas luar kelas Internal Berasal dari guru -Penyusunan materi -Penggunaan media -Metode mengajar -Kreativitas guru Eksternal 1.Berasal dari siswa -Bakat siswa -Minat siswa -Motivasi siswa 1.Berasal dari lingkungan -Kondisi lingkungan sekolah -Kondisi cuaca -Keserasian antara sekolah dan warga sekitar sekolah 1.Berasal dari sarana prasarana-Kelengkapan alat -Kondisi alat -Jumlah alat -Kondisi lapangan


Download ppt "Faktor Penghambat Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Penjas Aktivitas Luar Kelas Oleh Nama: Ganang Hadi Atmaja NIM: 10604224094 Prodi: PGSD Penjas 2010."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google