Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

IMPLEMENTASI PROGRAM PEMINATAN DALAM PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING OLEH GURU BK SMP LANGKAH-1: PENGUMPULAN DATA A. Berkaitan dengan peserta didik Pengumpulan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "IMPLEMENTASI PROGRAM PEMINATAN DALAM PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING OLEH GURU BK SMP LANGKAH-1: PENGUMPULAN DATA A. Berkaitan dengan peserta didik Pengumpulan."— Transcript presentasi:

1 IMPLEMENTASI PROGRAM PEMINATAN DALAM PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING OLEH GURU BK SMP LANGKAH-1: PENGUMPULAN DATA A. Berkaitan dengan peserta didik Pengumpulan data tentang peminatan peserta didik Kelengkapan data akademik dan non akademik untuk pembuatan rekomendasidengan mengumpulkan data peserta didik:  Nilai raport selama kelas VII, VIII, IX (SMP/MTs) ---- Prestasi Akademik  Nilai UN SMP/MTs --- Prestasi akademik  Prestasi akademik, seperti: lomba mengarang, olimpiade sains nasional/ internasional  Prestasi Non Akademik, seperti olah raga, seni, agama, pidato  Arah minat siswa  Rekomendasi/dukungan orang tua

2 Ada beberapa alternatif pengumpulan data yang digunakan untuk membuat rekomendasi: Alternatif pertama Guru BK/Konselor mengumpulkan data peserta didik berdasarkan 4 (empat) aspek: 1. Pilihan peserta didik yang sudah disetujui orang tua. 2. Prestasi belajar peserta didik kelas VII, VIII, IX yang diperoleh di SMP/MTs. 3. Prestasi UN yang diperoleh di SMP/MTs 4. Prestasi non akademik yang diperoleh dari SD/MI s/d SMP/MTs. Alternatif kedua Guru BK/Konselor mengumpulkan data peserta didik berdasarkan 5 (lima) aspek: 1. Pilihan peserta didik yang sudah disetujui orang tua. 2. Prestasi belajar peserta didik kelas VII, VIII, IX yang diperoleh di SMP/MTs. 3. Prestasi UN yang diperoleh di SMP/MTs 4. Prestasi non akademik yang diperoleh dari SD/MI s/d SMP/MTs. 5. Minat belajar peserta didik yang diperoleh dari angket saat pendaftaran/ pendataan. Alternatif ketiga Guru BK/Konselor mengumpulkan data peserta didik berdasarkan 6 (enam) aspek: 1. Pilihan peserta didik yang sudah disetujui orang tua. 2. Prestasi belajar peserta didik kelas VII, VIII, IX yang diperoleh di SMP/MTs. 3. Prestasi UN yang diperoleh di SMP/MTs 4. Prestasi non akademik yang diperoleh dari SD/MI s/d SMP/MTs. 5. Minat belajar peserta didik yang diperoleh dari angket saat pendaftaran/ pendataan. 6. Data deteksi potensi peserta didik menggunakan tes peminatan yang dilaksanakan di SMP/MTs. Catatan: diperlukan format-format khusus untuk merekam data hasil pengumpulan data

3 Berkaitan dengan sekolah lanjutan SMA/MA/ dan SMK/MAK Guru BK mengumpulkan data tentang sekolah lanjutan di SMA/MA dan SMK/MAK yang memuat: 1. Jenis peminatan kelompok mata pelajaran yang ada pada sekolah yang dimaksud 2. Jumlah siswa yang diterima untuk tiap jenis peminatan kelompok mata pelajaran 3. Jenis data yang harus diserahkan sewaktu mendaftar. INFORMASI PEMINATAN Di kelas 7, 8 dan 9 memberikan layanan informasi, orientasi, kepustakaan dan lain-lain tentang peminatan: 1. Cara belajar 2. Prestasi belajar 3. Pemantapan mata pelajaran (penguatan minat) Di kelas 9 selain layanan di atas ditambah dengan: 1. Informasi tentang studi lanjut SMA/MA dan SMK 2. Informasi tentang kelompok peminatan, lintas minat dan pendalaman materi di SMA/MA dan SMK LANGKAH KETIGA : PEMANTAPAN PEMINATAN Guru BK memberikan layanan yang bertujuan agar peserta didik mantap dalam pilihan peminatannya dengan melakukan pendalaman mata pelajaran di kelas 7, 8, dan 9 sesuai dengan jenis peminatannya.

4 LANGKAH KEEMPAT : PENYESUAIAN a. Guru BK melakukan langkah penyesuaian bagi peserta didik kelas 7, 8, dan 9 melalui pelayanan klasikal, kelompok dan individual. Materi layanan adalah bantuan kepada peserta didik bila mengalami masalah dalam peminatan mata pelajaran. B. Guru BK dapat memberikan layanan konsultasi bagi orang tua. LANGKAH KELIMA : MONITORING DAN TINDAK LANJUT A. Identifikasi masalah-masalah dalam proses peminatan, misalnya : 1. Penggunaan angket daftar isian 2. Observasi 3. Tes B. Pembahasan permasalahan peminatan dan pencarian solusi: 1. Pelayanan konseling terhadap pserta didik 2. Konsultasi dengan orang tua C. Membuat Rekomendasi 1. Berdasarkan data tentang peserta didik dengan menggunakan alternatif pertama, aternatif kedua atau alternatif ketiga. 2. Dilengkapi deskripsi tentang kekuatan yang dimiliki peserta didik. 3. Diketahui oleh Kepala Sekolah 4. Disampaikan kepada peserta didik dan/atau orang tua untuk digunakan sebagai kelengkapan PPDB di sekolah lanjutan.


Download ppt "IMPLEMENTASI PROGRAM PEMINATAN DALAM PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING OLEH GURU BK SMP LANGKAH-1: PENGUMPULAN DATA A. Berkaitan dengan peserta didik Pengumpulan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google