Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Statistika Non Parametrik. A. Dua Sampel Independen Uji dua sampel independen atau Two Independent Samples Tests digunakan untuk mengetahui ada.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Statistika Non Parametrik. A. Dua Sampel Independen Uji dua sampel independen atau Two Independent Samples Tests digunakan untuk mengetahui ada."— Transcript presentasi:

1 Statistika Non Parametrik

2

3

4

5 A. Dua Sampel Independen Uji dua sampel independen atau Two Independent Samples Tests digunakan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan antara dua kelompok data yang independen. Uji ini sama dengan Two Independent Samples T Tests. Akan tetapi bedanya, uji ini hanya dapat mengukur data berskala ordinal dan tidak mensyaratkan data berdistribusi normal. Uji yang digunakan dalam Two Independent Samples Tests, yaitu Uji Mann Whitney U, Moses extreme reactions, Wald- Wolwofits run, dan Kolmogorov-Smirnov Z. Statistika Non Parametrik

6 Contoh Kasus: Seorang guru ingin mengetahui perbedaan prestasi belajar siswanya antara siswa laki-laki dan perempuan. Sampel yang digunakan sebanyak 40 siswa. Data-data yang telah diinput sebagai berikut: Statistika Non Parametrik NoJenis Kelamin Prestasi NoJenis Kelamin Prestasi

7 NoJenis Kelamin Prestasi NoJenis Kelamin Prestasi

8  Keterangan: Jenis Kelamin: 1 = Laki-laki, 2 = Perempuan Prestasi: 1 = Tidak baik, 2 = Kurang baik, 3 = Baik, 4 = Sangat Baik Data “Jenis Kelamin” merupakan tipe data nominal, sedangkan “Prestasi” merupakan tipe data ordinal. Di sini kita akan melakukan uji Mann Whitney untuk mnegetahui apakah terdapat perbedaan presatsi belajar antara laki-laki dan perempuan.

9 a.Hipotesis H 0 = Tidak ada perbedaan prestasi belajar antara laki- laki dan perempuan H 1 = Ada perbedaan prestasi belajar antara laki-laki dan perempuan b. Kriteria pengujian Jika signifikansi < 0.05, maka H 0 ditolak Jika signifikansi > 0.05, maka H 0 diterima

10  Langkah-langkah analisis dengan SPSS adalah sebagai berikut: 1. Buka program SPSS 2. Pilih Variable View pada SPSS data editor 3. Pada kolom Name baris pertama ketik Jnsklm, pada Decimals ganti menjadi 0, pada Label ketik Jenis Kelamin, pada Values buatlah value 1 = Laki-laki dan 2 = Perempuan. Dan pada kolom Measure pilih Nominal. Pada kolom Name baris kedua ketik Prestasi, pada Decimals ganti menjadi 0, pada Label ketik Prestasi Belajar, pada Values buatlah value 1 = Tidak Baik, 2 = Kurang Baik, 3 = Baik, 4 = Sangat Baik, dan pada kolom Measure pilih Ordinal. Untuk kolom lainnya bisa diabaikan (isian default)

11 4. Masuklah ke halaman Data View 5. Isikan data sesuai dengan kategori: 6. Pilih Analyze Nonparametric Test 2 Independent Samples 7. Muncul kotak dialog Two Independent Samples Test, masukkan variabel Prestasi belajar ke kotak Test Variable List. Masukkan variabel Jenis kelamin ke kotak Grouping Variable. Pada Test Type pastikan bahwa yang dipilih adalah Mann-Whitney. 8. Klik tab Define Groups, kemudian pada Group 1 ketik angka 1 dan pada Group 2 ketik angka 2. Lalu klik Continue. 9. Klik OK. Maka akan diperoleh hasil output sebagai berikut:

12 SEKIAN TERIMA KASIH


Download ppt "Statistika Non Parametrik. A. Dua Sampel Independen Uji dua sampel independen atau Two Independent Samples Tests digunakan untuk mengetahui ada."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google