Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Identitas Nasional Anang Zubaidy Universitas Islam Indonesia September 2013.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Identitas Nasional Anang Zubaidy Universitas Islam Indonesia September 2013."— Transcript presentasi:

1 Identitas Nasional Anang Zubaidy Universitas Islam Indonesia September 2013

2 Pengertian Identitas Identitas berasal dari kata “identity”  ciri, tanda, jati diri, atau sifat khas. Identitas berasal dari kata “identity”  ciri, tanda, jati diri, atau sifat khas. Identitas bisa memiliki dua arti: Identitas bisa memiliki dua arti: Identitas atau jatidiri yang menunjuk ciri-ciri fisik. Identitas atau jatidiri yang menunjuk ciri-ciri fisik. Surat keterangan yang menerangkan pribadi dan riwayat seseorang. Surat keterangan yang menerangkan pribadi dan riwayat seseorang. Identitas dapat dibagi dalam: Identitas dapat dibagi dalam: Identitas individu  berkaitan dengan keseluruhan ciri-ciri seseorang, terbentuk melalui interaksi biologi dan kehidupan sosial. Identitas individu  berkaitan dengan keseluruhan ciri-ciri seseorang, terbentuk melalui interaksi biologi dan kehidupan sosial. Identitas kolektif  interaksi antara individu yang satu dengan yang lain dalam suatu kelompok dan melakukan tindakan serta perbuatan secara bersama-sama untuk tujuan bersama. Identitas kolektif  interaksi antara individu yang satu dengan yang lain dalam suatu kelompok dan melakukan tindakan serta perbuatan secara bersama-sama untuk tujuan bersama.

3 Identitas Identitas atau jatidiri muncul dan ada dalam interaksi. Identitas atau jatidiri muncul dan ada dalam interaksi. Dengan demikian, jatidiri baru muncul setelah adanya pengakuan dari orang lain mengenai jatidirinya. Dengan demikian, jatidiri baru muncul setelah adanya pengakuan dari orang lain mengenai jatidirinya. Identitas atau jatidiri dibutuhkan dalam proses interaksi. Melalui interaksi ini, seseorang akan ditempatkan pada porsi sesuai dengan identitas atau jatidirinya. Identitas atau jatidiri dibutuhkan dalam proses interaksi. Melalui interaksi ini, seseorang akan ditempatkan pada porsi sesuai dengan identitas atau jatidirinya.

4 Identitas Nasional Nasional berasal dari kata “nation”  bangsa. Nasional berasal dari kata “nation”  bangsa. Identitas Nasional berasal dari kata “nation identity” Identitas Nasional berasal dari kata “nation identity” Identitas Nasional  sifat khas yang melekat pada suatu bangsa  kepribadian suatu bangsa. Identitas Nasional  sifat khas yang melekat pada suatu bangsa  kepribadian suatu bangsa. Identitas nasional dibutuhkan untuk interaksi. Identitas nasional dibutuhkan untuk interaksi.

5 Faktor primer terdiri dari: Etnisitas, Teritorial, Bahasa, Agama dan sejenisnya Faktor pendorong terdiri dari: Pembangunan komunikasi, Pembangunan teknologi, Pembangunan kekuatan militer, dan Pembangunan dalam berbagai aspek kehidupan Faktor penarik terdiri dari: Kodifikasi bahasa dan sistem pendidikannya Faktor reaktif terdiri dari: Penindasan, Dominasi, dan kolektifitas rakyatnya. Faktor Pembentuk Identitas Nasional ( Faktor Pembentuk Identitas Nasional (Robert de Vantos)

6 Faktor Pendukung Kelahiran Identitas Nasional FAKTOR SUBYEKTIF: -Historis -Sosial -Politik -Kebudayaan IDENTITAS NASIONAL FAKTOR OBYEKTIF: - Geografis -Ekologis -Demografis

7 Identitas Nasional Indonesia 1.Identitas Fundamental, yakni Pancasila sebagai Pandangan hidup, Filsafat bangsa, Hukum dasar, Etika politik, dan Paradigma pembangunan. 2.Identitas Instrumental UUD 1945  konstitusi negara UUD 1945  konstitusi negara Bahasa Indonesia  bahasa persatuan Bahasa Indonesia  bahasa persatuan Garuda Pancasila  lambang negara Garuda Pancasila  lambang negara Sang Saka Merah Putih  bendera negara Sang Saka Merah Putih  bendera negara Bhinneka Tunggal Ika  semboyan negara Bhinneka Tunggal Ika  semboyan negara Indonesia Raya  lagu kebangsaan Indonesia Raya  lagu kebangsaan 3.Identitas Alamiah Indonesia sebagai negara kepulauan Indonesia sebagai negara kepulauan Kemajemukan budaya, suku, dan agama Kemajemukan budaya, suku, dan agama

8 Integrasi Nasional Identitas nasional mengharapkan adanya integrasi nasional Identitas nasional mengharapkan adanya integrasi nasional Integrasi nasional akan kokoh jika ditopang oleh: Integrasi nasional akan kokoh jika ditopang oleh: Integrasi sosial Integrasi sosial Integrasi kebudayaan Integrasi kebudayaan Eksistensi identitas nasional sangat ditentukan oleh kekuatan integrasi nasional sementara integrasi nasional memerlukan identitas nasional sebagai sarana rekayasa sosial dan politik dalam upaya mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa yang diinginkan. Eksistensi identitas nasional sangat ditentukan oleh kekuatan integrasi nasional sementara integrasi nasional memerlukan identitas nasional sebagai sarana rekayasa sosial dan politik dalam upaya mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa yang diinginkan.

9 Sekian..


Download ppt "Identitas Nasional Anang Zubaidy Universitas Islam Indonesia September 2013."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google