Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 Pertemuan > > Matakuliah: >/ > Tahun: > Versi: >

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 Pertemuan > > Matakuliah: >/ > Tahun: > Versi: >"— Transcript presentasi:

1 1 Pertemuan > > Matakuliah: >/ > Tahun: > Versi: >

2 2 Learning Outcomes Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu : >

3 3 Outline Materi Materi 1 : MACAM-MACAM IKATAN KIMIA

4 4 MACAM-MACAM IKATAN KIMIA Atom dapat membuat ikatan dengan atom yang lain yang sejenis atau tak sejenis. Ada 3 jenis ikatan yang utama : Ikatan ionik (ionic bond); Ikatan kovalen (covalent bond); Ikatan logam (metallic bond).

5 5 IONIC BOND Adalah ikatan antar atom yang terjadi akibat adanya transfer elektron. Contoh : –Elektron Na : 2,8,1 –Elektron Cl : 2,8,7 NaCl

6 6 CONTOH IKATAN ION Na O Na + O 2- + _ Ion positifIon negatif

7 7 Ikatan Kovalen : Agar atom memiliki konfigurasi elektron yang stabil dapat dilakukan dengan saling memin- jamkan elektronnya. HFHF

8 8 Ikatan Logam : Hampir sama dengan ikatan kovalen, hanya saja atom yang saling meminjamkan elektron jumlahnya tak terbatas. bila atom bergerak menjauh akan terjadi gaya tarik- menarik antara inti atom dengan elektron, sehingga kembali ke posisi semula; bila atom bergerak mendekat akan terjadi gaya tolak- menolak antar inti atom yang bermuatan sama, sehingga inti atom akan kembali ke posisi semula.

9 9 IKATAN LOGAM Jarak antar inti atom relatif tetap, sedang elektron- elektron tidak terikat hanya pada salah satu atom tertentu, tetapi dapat berpindah-pindah ke atom yang lain; Karena elektron mudah bergerak, maka mudah mengalirkan listrik dan panas; Ikatan seperti ini biasa terjadi pada logam, karena itu dinamakan ikatan logam.

10 10 Ikatan Van Der Waals Ikatan antar dipole + dan dipole – pada senyawa polar. Contoh : pada gas H2S


Download ppt "1 Pertemuan > > Matakuliah: >/ > Tahun: > Versi: >"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google