Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pengarang Wanita Jepang Matakuliah: N0662 / Kesusastraan Jepang Kontemporer Tahun: 2007 - Pertemuan ke 7.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pengarang Wanita Jepang Matakuliah: N0662 / Kesusastraan Jepang Kontemporer Tahun: 2007 - Pertemuan ke 7."— Transcript presentasi:

1 Pengarang Wanita Jepang Matakuliah: N0662 / Kesusastraan Jepang Kontemporer Tahun: Pertemuan ke 7

2 Bina Nusantara Yoriko Shono  Lahir tgl 16 Maret 1956 di Yokkaichi, Prefektur Mie.  Dia tinggal di Ise sampai selesai SMA, lalu ke Nagoya untuk persiapan masuk Universitas.  Diterima pada Fakultas Hukum Universitas Ritsumeikan di Kyoto dan lulus tahun 1980.

3 Bina Nusantara  Tahun 1981 ia mendapat Gunzo Prize untuk penulis baru, dengan novelnya yang berjudul Gokuraku (Surga).  Pada 4 tahun pertama ia tinggal di sebuah apartemen kecil di Kyoto, lalu ia pindah ke Hachioji.  Kesendiriannya memberikan kesempatan bagus untuk menulis novelnya yang berjudul Nanimo Shitenai (Doing nothing), yang mendapatkan Noma Literary Prize, tahun 1991.

4 Bina Nusantara  Tahun 1994, ia mendapat Mishima Yukio Prize untuk novel Nihyakkaiki (The 200 th Anniversary of death).  Ia juga mendapatkan Akutagawa Prize untuk novel yang berjudul Taimu surippu kombinato (Time warp complex), yang berisi tentang konflik antara ilusi dan brutal reality.  Haha no hatatsu (The development of my mother),  Paradaisu furattsu (Paradise Flats),  Tokyo Yokai Fuyu (The floating ghost of Tokyo), 1998.

5 Bina Nusantara Yoshimoto Banana  Lahir pada tanggal 24 Juli 1964 di Tokyo.  Lulus dari jurusan seni Nihon University.  Narator bernama Mikage, seorang mahasiswi yang tinggal hanya berdua dengan neneknya di Tokyo.

6 Bina Nusantara  Neneknya adalah satu-satunya keluarga dekatnya yang tersisa setelah kematian kedua orang tuanya. Tetapi 3 hari yang lalu neneknya pun meninggal dunia.  Mikage tinggal sendirian, tidak percaya akan kenyataan yang ada. Dia mulai tidur di dapur, tempat yang paling nyaman dan paling disukainya.  Mikage pindah ke rumah Yuichi. Di sana, sofa yang besar menjadi tempat tidur dan tempat favoritnya. Ibu Yuichi, Eriko ternyata sangat cantik.

7 Bina Nusantara  Tapi pada akhirnya Mikage tahu bahwa sebenarnya ibu Yuichi sebenarnya ayah Yuichi yang menjalani bedah plastik dan hidup sebagai seorang wanita.  Di keluarga Tanabe, Mikage menemukan satu bentuk/hubungan keluarga, terutama melalui masak di dapur.

8 Bina Nusantara Tawada Yoko  Lahir di Kunitachi, Tokyo pada tahun  Kuliah di Fakultas Sastra Universitas Waseda, dan lulus pada tahun  Melanjutkan S2 di Hamburg Jerman, dan lulus pada tahun 1993.

9 Bina Nusantara  Ia menetap di Hamburg Jerman selama 20 tahun, sehingga ia dapat menulis novel dalam bahasa Jerman dan Jepang sama baiknya.  (1992) Three Human Relationship.  (1993) The Bridegroom Was a Dog, terinspirasi dari folktales Jepang tentang pernikahan manusia-binatang,”I believe folktales or legends tell us some aspect of popular history”.

10 Bina Nusantara  Penghargaan: Gunzo Prize (1991). Akutagawa Prize (1993). Adelbert Von Chamisso Prize untuk penulis asing yang mempunyai kontribusi pada kebudayaan Jerman.


Download ppt "Pengarang Wanita Jepang Matakuliah: N0662 / Kesusastraan Jepang Kontemporer Tahun: 2007 - Pertemuan ke 7."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google