Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Review Probabilitas (pertemuan 8). Probabilitas Probability mempunyai sejumlah arti yaitu: kemungkinan (likehood), peluang (chance), kecenderungan (tendency)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Review Probabilitas (pertemuan 8). Probabilitas Probability mempunyai sejumlah arti yaitu: kemungkinan (likehood), peluang (chance), kecenderungan (tendency)"— Transcript presentasi:

1 Review Probabilitas (pertemuan 8)

2

3 Probabilitas Probability mempunyai sejumlah arti yaitu: kemungkinan (likehood), peluang (chance), kecenderungan (tendency) dan cenderung (trend). Jika sepotong nikel dilemparkan, maka kemungkinan muncul kepala = 1/2dan kemungkinan muncul ekor = 1/2. Sebuah dadu jika dilemparkan di atas meja, maka peluang munculnya satu bintik = 1/6, Peluang munculnya dua bintik = 1/6 , munculnya enam bintik = 1/6. Peluang munculnya kartu sekop (spade) dari setumpuk kartu remi = –Sebab ada 13 kartu sekop di dalam tumpukan kartu (berisi 52 total kartu).

4 Distribusi Probabilitas

5 Menghitung Peluang (Probablilitas) Secara matematis, formula peluang dapat dinyatakan sbb: –Jika terjadi sebuah kejadian A pada NA jumlah kemunculan A dalam N percobaan, maka:

6 Teorema Peluang Teorema 1. –Peluang dinyatakan antara bilangan 1 dan 0, dimana nilai 1 menyatakan suatu kejadian pasti akan terjadi dan nilai 0 menyatakan suatu kejadian tidak akan terjadi. Teorema 2. –Jika P(A) adalah peluang akan terjadinya kejadian A, maka peluang tidak terjadinya kejadian A (P)=1-P(A). Teorema 3. –Jika A dan B merupakan dua kejadian yang bersifat mutually exclusive,maka kemungkinan terjadinya kejadian A atau kejadian B adalah jumlah dari masing-masing peluang. –P(A atau B) = P(A) +P(B) Teorema 4. –Jika A dan B bukan kejadian yang bersifat mutually exclusive maka peluang terjadinya kejadian A atau kejadian B atau keduanya diberikan oleh: –P(A atau B atau Keduanya) = P(A)+P(B) – P(Keduanya) –Notes: P(keduanya)=irisan A dan B

7 Teorema Peluang Teorema 5. –Jumlah peluang dari kejadian-kejadian yang saling asing adalah 1. –P(A)+P(B)+……+P(N) = 1 Teorema 6. –Jika A dan B adalah kejadian yang independent maka peluang terjadinya A dan B adalah perkalian dari masing-masing peluang. –P(A dan B) = P(A) x P(B) Teorema 7. –Jika A dan B merupakan kejadian yang dependent (tak bebas), peluang munculnya A dan B adalah hasil kali peluang A dikalikan dengan peluang timbulnya kejadian B setelah A terjadi. –P(A dan B) = P(A) x P(B/A)

8 Kombinasi dan Permutasi Kombinasi. –Banyaknya kombinasi r benda dari n benda yang berbeda adalah: Permutasi adalah suatu susunan yang dibentuk oleh sekumpulan objek. –Banyaknya permutasi n benda yang berbeda ada n! –Banyaknya permutasi akibat pengambilan r benda dari n benda yang berbeda adalah:

9 Distribusi Probabilitas Diskrit Distribusi Probabilitas Diskrit adalah suatu tabel / rumus yang mencantumkan semua kemungkinan nilai suatu variabel random diskrit berikut peluangnya. Dalam praktek, variabel random diskrit digunakan untuk data yang berupa cacahan, contohnya; banyaknya produk yang cacat, banyaknya kecelakaan per tahun di suatu kota. Ada tiga jenis distribusi probabilitas diskrit : –Distribusi probabilitas hyper-geometrik –Distribusi probabilitas binomial –Distribusi probabilitas poisson


Download ppt "Review Probabilitas (pertemuan 8). Probabilitas Probability mempunyai sejumlah arti yaitu: kemungkinan (likehood), peluang (chance), kecenderungan (tendency)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google