Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 Pertemuan 3 Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial Matakuliah: J0712/Pengantar Bisnis Tahun: 2005 Versi: Revisi 1.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 Pertemuan 3 Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial Matakuliah: J0712/Pengantar Bisnis Tahun: 2005 Versi: Revisi 1."— Transcript presentasi:

1 1 Pertemuan 3 Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial Matakuliah: J0712/Pengantar Bisnis Tahun: 2005 Versi: Revisi 1

2 2 Learning Outcomes Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu : Menyusun daftar etika bisnis dan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap lingkungannya.

3 3 Outline Materi Materi 1.Melaksanakan bisnis secara etis dan bertanggungjawab. Materi 2.Tanggung jawab bisnis kepada pelanggan. Materi 3.Tanggung jawab bisnis kepada karyawan. Materi 4.Tanggung jawab bisnis kepada pemegang saham Materi 5.Tanggung jawab bisnis kepada lingkungan. Materi 6. Biaya untuk memenuhi tanggung jawab sosial

4 4 Etika Bisnis & Tanggung Jawab Sosial 1. Melaksanakan Bisnis Secara Etis dan Bertanggung Jawab Sosial a. Etika Bisnis adalah rangkaian dasar etika yang harus diikuti apabila menjalankan bisnis. b. Perilaku Etis c. Tanggung Jawab Sosial Suatu pengakuan dari perusahaan bahwa keputusan bisnis dapat mempengaruhi masyarakat.

5 5 Etika Bisnis & Tanggung Jawab Sosial 2. Area Tanggung Jawab Sosial a. Tanggung Jawab Terhadap Pelanggan  ♦ Praktik tanggung jawab produksi Hak Konsumen : ●Produk yang aman ● Informasi yang relevan dari produk ●Didengar ●Memilih apa yang dibeli

6 6 Etika Bisnis & Tanggung jawab Sosial ♦Praktik tanggung jawab penjualan ●Harga yang fair ● Etika diberikan ♦Cara perusahaan menjamin tanggung jawab sosial kepada pelanggan ●Ciptakan kode etik ●Pantaulah semua keluhan ●Umpan balik pelanggan ♦Cara konsumerisme menjamin tanggung jawab sosial kepada pelanggan

7 7 Etika Bisnis & Tanggung jawab Sosial ♦Cara pemerintah menjamin tanggung jawab sosial kepada pelanggan ●Peraturan pemerintah tentang keamanan produk ●Peraturan pemerintah mengenai periklanan ●Peraturan pemerintah mengenai kompetisi industri b. Tanggung Jawab Kepada Karyawan ♦ Rasa aman para karyawan ♦ Perlakuan layak oleh karyawan lain ●Diversitas ● Perlindungan terhadap pelecehan seksual ♦ Kesempatan yang sama ●Tindakan alternatif

8 8 Etika Bisnis & Tanggung jawab Sosial ● Cara perusahaan meyakinkan tanggung jawab kepada karyawan Perusahaan berusaha menangani setiap keluhan karyawan dengan berbagai metode Contoh : - dengan menyediakan konseling (konsultasi) oleh pimpinan - dengan menyediakan kotak saran c. Tanggung jawab kepada pemegang saham dan Kreditor ♦ Cara perusahaan meyakinkan tanggung jawab ● Informasi rinci mengenai kinerja keuangan perusahaan ♦ Cara pemegang saham meyakinkan tanggung jawab ● Aktivitas pemegang saham ● Investor institusional

9 9 Etika Bisnis & Tanggung jawab Sosial ♦ Tanggung jawab kepada kreditor Perusahaan bertanggung jawab membayar hutang perusahaan beserta biaya bunga pada saat jatuh tempo kepada kreditor d. Tanggung Jawab Kepada lingkungan ♦ Polusi udara ● Cara pemerintah mencegah polusi udara Pemerintah akan mengingatkan dan menindak perusahaan yang menyebabkan polusi udara sesuai dengan peraturan yang ada. ● Cara perusahaan mencegah polusi udara Perusahaan menggunakan alat tertentu agar efek proses produksi tidak berbahaya bagi masyarakat yang menghirupnya. Perusahaan juga dapat mengembangkan penghijauan lingkungan di sekitar pabrik untuk mengurangi efek proses produksi.

10 10 Etika Bisnis & Tanggung Jawab Sosial ♦ Polusi tanah ● Cara perusahaan mencegah polusi tanah Perusahaan dapat menyimpan sampah beracun dan membuang- nya sampah tersebut pada area yang sudah ditentukan. Perusahaan juga mendaur ulang plastik dan membatasi pemakaian material yang akan menjadi sampah solit. 3.Biaya Untuk Memenuhi Tanggung Jawab Sosial a. Kemungkinan biaya yang timbul sebagai akibat tanggung jawab sosial.

11 11 Etika Bisnis & Tanggung Jawab Sosial Tanggung jawab kepada : Biaya timbul sebagai akibat dari : Pelanggan Menciptakan program menerima dan memecahkan keluhan. Melakukan survei untuk mengetahui kepuasan pelanggan. Gugatan hukum oleh pelanggan. Karyawan Menciptakan program menerima dan memecahkan keluhan. Melakukan survei untuk mengetahui kepuasan pelanggan. Gugatan hukum oleh karyawan karena diskriminasi atau tuduhan tanpa bukti. Pemegang Saham Mengumumkan informais keuangan secara periodik. Gugatan hukum oleh pemegang saham atas dasar tuduhan bahwa manajer perusahaan tidak memenuhi tanggung jawab- nya kepada para pemegang saham LingkunganMemenuhi regulasi pemerintah akan lingkungan. Memenuhi janji akan petunjuk lingkungan yang dibuat perusahaan.

12 12 b.Komunitas mensponsori aktivitas komunitas Dengan adanya peraturan pemerintah untuk menciptakan lingkungan yang bersih, sehat dan bertanggung jawab sosial, maka biasanya perusahaan dalam industri akan berusaha memenuhi semua peraturan tersebut. Dan perusahaan memerlukan biaya yang lebih besar untuk melaksanakannya, dan biaya tersebut biasanya dibebankan kepada pelanggan (komunitas) dengan menaikkan harga produk.

13 13 Rangkuman 1.Perilaku perusahaan dibentuk dengan etika bisnis, yang mewakili suatu rangkaian nilai moral. Perusahaan mempunyai tanggung jawab untuk menghasilkan produk yang aman dan menjual produk mereka tanpa menyesatkan pelanggan. Mereka memastikan tanggung jawab sosial kepada pelanggan dengan menciptakan kode etik, memonitor keluhan pelanggan, dan menanyakan kepada pelanggan masukan mengenai produk yang mereka beli akhir-akhir ini. 2.Perusahaan mempunyai tanggung jawab atas keamanan, perlakuan wajar, dan kesempatan yang sama untuk karyawan. Mereka dapat meyakinkan tanggung jawab kepada karyawan dengan menerapkan petunjuk keamanan, dengan memberikan seminar tentang diversitas (keanekaragaman) dan menciptakan prosedur untuk keluhan yang memungkinkan karyawan menyampaikan keluhannya.

14 14 3.Perusahaan mempunyai tanggung jawab untuk memuaskan pemilik (pemegang saham) yang memberikan dana. Mereka cenderung memastikan para manajer untuk membuat keputusan yang sesuai dengan kepentingan pemegang saham. 4.Perusahaan mempunyai tanggung jawab memelihara lingkungan bersih jika mengoperasikan bisnisnya. Namun demikian, mereka harus menyiapkan pengeluaran apabila ingin memenuhi tanggung jawab sosialnya. 5.Perusahaan mempunyai tanggung jawab kepada komunitas lokalnya tempat mereka menarik pelanggan dan karyawan. Mereka menyediakan donasi dan keuntungan lain kepada komunitas lokalnya.


Download ppt "1 Pertemuan 3 Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial Matakuliah: J0712/Pengantar Bisnis Tahun: 2005 Versi: Revisi 1."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google