Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 PENAWARAN UMUM & PENCATATAN EFEK Pertemuan ke-05 Matakuliah: F0322/Pengantar Pasar Modal Tahun: 2 0 0 5.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 PENAWARAN UMUM & PENCATATAN EFEK Pertemuan ke-05 Matakuliah: F0322/Pengantar Pasar Modal Tahun: 2 0 0 5."— Transcript presentasi:

1 1 PENAWARAN UMUM & PENCATATAN EFEK Pertemuan ke-05 Matakuliah: F0322/Pengantar Pasar Modal Tahun:

2 2 PENAWARAN UMUM DAN PENCATATAN EFEK GREAT MINDS MUST BE READY NOT ONLY TO TAKE OPPORTUNITIES, BUT TO MAKE THEM. COLTON

3 3 PENAWARAN UMUM DAN PENCATATAN EFEK 1.PENAWARAN UMUM 2.PROSES EMISI EFEK 3.PENCATATAN EFEK 4.HARGA NOMINAL DAN HARGA PERDANA SAHAM 5.KEWAJIBAN PELAPORAN 6.DUAL LISTING, DELISTING

4 4 PENAWARAN UMUM PENAWARAN UMUM (GO PUBLIC), ADALAH KEGIATAN PENAWARAN SAHAM ATAU EFEK LAINNYA YANG DILAKUKAN OLEH EMITEN UNTUK MENJUAL SAHAM ATAU EFEK KEPADA MASYARAKAT BERDASARKAN TATA CARA YANG DIATUR OLEH UU PASAR MODAL DAN PERATURAN PELAKSANAANYA. KEGIATAN-KEGIATAN PENAWARAN UMUM : - PERIODE PASAR PERDANA (PRIMARY MARKET) - PENJATAHAN SAHAM - PENCATATAN EFEK DI BURSA MASA PENAWARAN UMUM SEKURANG-KURANGNYA TIGA HARI KERJA.

5 5 MANFAAT PENAWARAN UMUM DAPAT MEMPEROLEH DANA YANG RELATIF BESAR DAN DITERIMA SEKALIGUS (TIDAK DENGAN TERMIN). BIAYA GO PUBLIC RELATIF MURAH. PROSES RELATIF MUDAH. PLEMBAGIAN DIVIDEWN BERDASARKAN KEUNTUNGAN. PENYERTAAN MASYARAKAT BIASANYA TIDAK MASUK DALAM MANAJEMEN. PERUSAHAAN DITUNTUT LEBIH TERBUKA, SEHINGGA MEMACU PERUSAHAAN UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALISME. MEMBERIKAN KESEMPATAN KEPADA MASYARAKAT UNTUK TURUT SERTA MEMILIKI SAHAM PERUSAHAAN, SEHINGGA DAPAT MENGURANGI KESENJANGAN. EMITEN AKAN LEBIH DIKENAL OLEH MASYARAKAT MEMBERIKAN KESEMPATAN BAGI KOPERASI DAN KARYAWAN PERUSAHAAN UNTUK MEMBELI SAHAM.

6 6 KONSEKUENSI PENAWARAN UMUM SAHAM 1.KEHARUSAN UNTUK MELAKUKAN KETERBUKAAN (FULL DISCLOSURE) 2.KEHARUSAN UNTUK MENGIKUTI PERATURAN- PERATURAN PASAR MODAL MENGENAI KEWAJIBAN PELAPORAN. 3.GAJA MANAJEMEN PERUSAHAAN BERUBAH DARI INFORMAL MENJADI FORMAL. 4.KEWAJIBAN MEMBAYAR DIVIDEN BILA PERUSAHAAN MENDAPATKAN LABA. 5.SENANTIASA BERUSAHA MENINGKATKAN TINGKAT PERTUMBUHAN PERUSAHAAN.

7 7 KEUNTUNGAN PENAWARAN OBLIGASI 1.DAPAT MEMPEROLEH DANA YANG RELATIF BESAR DAN DITERIMA SEKALIGUS (TIDAK DENGAN TERMIN-TERMIN) 2.BIAYA RELATIF MURAH 3.PROSES RELATIF MUDAH 4.DENGAN ADANYA KETERBUKAAN MENINGKATKAN PROFESIONALISME. 5.EMITEN AKAN LEBIH DIKENAL MASYARAKAT. 6.OBLIGASI MERUPAKAN SUMBER PEMBIAYAAN JANGKA PANJANG BAGI PERUSAHAAN, DENGAN JANGKA WAKTU SEKURNG-KURANGNYA 3 (TIGA) TAHUN 7.BISA MENGGUNAKAN JASA PENANGGUNG (GUARANTOR) APABILA DEBT TO EQUITY RATIO (DER) EMITEN TINGGI. 8.PEMBAYARAN TINGKAT BUNGA DAPAT DILAKUKAN BERDASARKAN FIXED RATE DAN ATAU DENGAN FLOATING RATE

8 8 KONSEKUENSI PENAWARAN UMUM OBLIGASI 1.HARUS MEMBENTUK WALI AMANAT YANG AKAN MEWAKILI KEPENTINGAN PEMEGANG OBLIGASI 2.MENYISIHKAN DANA PELUNASAN OBLIGASI (SINKING FUND) 3.KEWAJIBAN MELUNASI PINJAMAN POKOK DAN BUNGA OBLIGASI DALAM WAKTU YANG TELAH DITENTUKAN OLEH EMITEN DAN WALI AMANAT. 4.MEMBERITAHUKAN KEPADA WALI AMANAT SETIAP PERUBAHAN YANG TERJADI YANG DAPAT MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN PERUSAHAAN EMITEN.

9 9 TUJUAN DANA YANG DIPEROLEH DARI GO PUBLIC 1.UNTUK EKSPANSI 2.MEMPERBAIKI STRUKTUR PERMODALAN 3.MENINGKATKAN INVESTASI DI ANAK PERUSAHAAN 4.MELUNASI SEBAGIAN UTANG 5.MENINGKATKAN MODAL KERJA.

10 10 KETENTUAN BAGI EMITEN YANG AKAN GO PUBLIC EMITEN HARUS MEMENUHI KETENTUAN BAPEPAM TENTANG : TATA CARA PENDAFTARAN DALAM RANGKA PENAWARAN UMUM. PEDOMAN MENGENAI BENTUK DAN ISI PERNYATAAN PENDAFTARAN DALAM RANGKA PENAWARAN UMUM. PEDOMAN MENGENAI BENTUK DAN ISI PROSPEKTUR DAN PROPEKTUR RINGKAS DALAM RANGKA PENAWARAN UMUM. PEDOMAN MENGENAI BENTUK DAN ISI PERNYATAAN DALAM RANGKA PENAWARAN UMUM.

11 11 YANG HARUS DIPERSIAPKAN EMITEN DALAM RANGKA PENAWARAN UMUM 1.MANAJEMN PERUSAHAAN MENETAPKAN RENCANA MENCARI DANA MELALUI GO PUBLIC. 2.RENCANA GO PUBLIC TERSEBUT DIMINTAKAN PERSETUJUAN DARI PEMEGANG SAHAM / RUPS 3.MENUNJUK PERUSAHAN EFEK, PROFESI PENUN - JANG DAN LEMBAGA PENUNJANG GUNA MEM - PERSIAPKAN KELENGKAPAN DOKUMENTASI DLL 4.KONTRAK PENDAHULUAN DENGAN BURSA EFEK 5.PENANDATANGAN PERJANJIAN EMISI. 6.KHUSUS EFEK YANG BERSIFAT UTANG, HARUS MEMPEROLEH PERINGKAT DARI LEMBAGA PEMERINGKAT EFEK. 7.MENYAMPAIKAN PERNYATAAN PENDAFTARAN SERTA DOKUMENNYA, SEKALIGUS MELAKUKAN EKSPOSE TERBATAS DI BAPEPAM.

12 12 TAHAPAN-TAHAPAN PENAWARAN UMUM SEBELUM EMISIEMISISESUDAH EMISI INTERN PERUSAHAAN BAPEPAMPASAR PERDANAPASAR SEKUNDERPELAPORAN Rencana Go Public RUPS Penunjukkan : Underwriter Profesi Penunjang Lembaga Penunjang Mempersiapkan dokumen- dokumen Konfirmasi sebagai Agen Penjual oleh Penjamin Kontrak Pendahuluan dengan Brrsa Efek Penandatanganan Perjanjian- perjanjian Public Expose Pernyataan Pendaftaran Ekspose Terbatgas di Bapepam Tanggapan atas : kelengkapan dokumen Kekcukupan dan kejelasan informasi Keterbukaan Komentar tertulis dalam waktu 45 hari Pernyataan pendaftaran dinyatakan efek. Penawaran umum Penjatahan kepada pemodal oleh sindikasi penjamin emisi dan emiten. Distribusi efek kepada pemodal secara elektronikl Emiten Mencatatka n sahamnya di Bursa Efek Perdagangan di Bursa Efek Laporan Berkala, misalnya Laporan tahunan dan laploran tengah tahunan Laporan Kejadian Penting dan Relevan, misalnya akuisisi maupun penggantian manajemen.

13 13 ISTILAH DALAM PENAWARAN UMUM PENAWARAN AWAL (BOOK BUILDING), Ajakan baik secara langsung maupun tidak langsung dengan menggunakan prospektus awal yang antara lain bertujuan untuk mengetahui minat calon pembeli atas efek yang akan ditawarkan dan atau perkiraan harga efek. PROSPEKTUS AWAL, Adalah dokumen tertulis yang memuat seluruh informasi dalam perusahaan yang disampaikan kepada Bapepam sebagai bagian dari Pernyataan Pendaftarna, kecuali informasi mengenai harga nominal, jumlah dan harga penawaran efek, penjamin emisi efek, tingkat suku bunga obligasi, atau hal-hal lain yang berhubungan dengan persyaratan penawaran yang belum dapat ditentukan.

14 14 INFO MEMO, Adalah dokumen tertulis yang memuat seluruh informasi dalam Prospektus Awal dan informasi tambahan lain yang relevan, jika ada, dan ditulis dalam bahasa lain selain Bahyasa Indonesia, serta dapat dibuat dalam format yang berbeda. PROSPEKTUS, Adalah setiap informasi tertulis sehubungan dengan Penawaran Umum dengan tujuan agar Pihak lain membeli Efek PROSPEKTUS RINGKAS, Adalah ringkasan informasi tertulis sehubungan dengan Penawaran Umum dengan tujuan agar Pihak Lain membeli efek.

15 15 ISI PROSPEKTUS 1.MEMUAT SEMUA RINCIAN DAN FAKTA MATERIAL MENGENAI PENAWARAN UMUM DARI EMITEN.. 2.FAKTA-FAKTA DAN PERTIMBANGAN- PERTIMBANGAN YANG PALING PENTING, HARUS DIBUAT RINGKASANNYA DAN DIUNGKAPKAN PADA BAGIAN AWAL PROSPEKTUS. 3.EMITEN, PENJAMIN PELAKSANA EMISI, DAN LEMBAGA SERTA PROFESI PENUNJANG PASAR MODAL BERTANGGUNG JAWAB UNTUK MENENTUKAN DAN MENGUNGKAPKAN FAKTA SEJARA JELAS DAN MUDAH DIBACA.

16 16 BAGIAN PROSPEKTUS YANG HARUS MENDAPAT PERHATIAN CALON INVESTOR 1.BIDANG USAHA 2.JUMLAH SAHAM YANG DITAWARKAN 3.NILAI NOMINAL DAN HARGA PENAWARAN 4.RIWAYAT SINGKAT PERUSAHAAN 5.TUJUAN GO PUBLIC (RENCANA PENGGUNAAN DANA) 6.KEGIATAN DAN PROSPEK USAHA 7.RISIKO USAHA 8.KEBIJAKAN DEVIDEN 9.KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN 10.AGEN-AGEN PENJUAL.

17 17 JADWAL PENAWARAN UMUM TANGGAL EFEKTIF MASA PENAWARAN TANGGAL AKHIR PENJATAHAN TANGGAL PENGEMBALIAN TANGGAL PENCATATAN

18 18 PERUSAHAAN TERCATAT (LISTED COMPANY ) ADALAH PERUSAHAAN PUBLIK YANG MENCATATKAN SAHAMNYA DISUATU BURSA EFEK. UMUMNYA PERUSAHAAN PUBLIK YANG TELAH MENAWARKAN SAHAMNYA KEPADA MASYARAT LUAS SELANJUTNYA MENCATATKAN SAHAM-NYA DI BURSA EFEK, MESKIPUN DAPAT PULA TERJADI SUATU SAHAM DICATATKAN DI BURSA EFEK TIDAK MELAKUKAN PENAWARAN UMUM (IPO), CONTOH PT CIPUTRA SURYA Tbk DAN PT SAMUDERA INDONESIA Tbk.

19 19 PROSES PENCATATAN EFEK DI BEJ 1.CALON EMITEN MENGAJUKAN PERMOHONAN PENCATATAN KE BURSA DAN KEMUDIAN BEJ AKAN MENGEVALUASI 2.BEJ AKAN MEMBERIKAN SURAT PERSETUJUAN PRINSIP PENCATATAN – DIKENAL PERJANJIAN PENDAHULUAN. 3.CALON EMITEN MENGAJUKAN PERNYATAAN PENDAFTARAN KE BAPEPAM. 4.APABILA TELAH MENDAPAT PERNYATAAN EFEKTIF DARI BAPEPAM, MAKA CALON EMITEN MELAKUKAN IPO 5.EMITEN MEMBAYAR BIAYA PENCATATAN 6.BEJ MENGUMUMKAN PENCATATAN EFEK TERSEBUT DI BURSA.

20 20 PERSYARATAN PENCATATAN DI BEJ 1.PERSYARATAN UMUM 2.PERSYARATAN PENCATATAN AWAL 3.PERPINDAHAN PAPAN (BAIK DARI PAPAN UTAMA KE PAPAN PENGEMBANGAN ATAU DEGRADASI MAUPUN SEBALIKNYA, DARI PAPAN PENGEMBANGAN KE PAPAN UTAMA ATAU PROMOSI)

21 21 COMPANY LISTING BILA SELURUH SAHAM PERUSAHAAN BAIK YANG BERASAL DARI SAHAM PENDIRI MAUPUN SAHAM YANG DITAWARKAN KEPADA PUBLIK DICATATKAN DI BURSA. SAHAM BCA YANG DITAWARKAN KEPADA PUBLIK BERJUMLAH SAHAM (22,5%) DAN SAHAM PENDIRI BERJUMLAH SAHAM (76,5%) DAN SESUAI PERATURAN BURSA MAKAN KESEMUANYA WAJIB DICATATKAN, SEHINGGA SAHAM BCA YANG DICATATKAN SEBANYAK (SAHAM PENDIRI DAN SAHAM YANG DITAWARKAN KEPADA PUBLIK). DISEBUT PARTIAL LISTING, KALAU YANG DICATATKAN HANYA SAHAM YANG DITAWARKAN KE PUBLIK.

22 22 SINGLE LISTING DUA LISTING SINGLE LISTING MENUNJUKKAN SUATU EMITEN HANYA TERCATAT DI SATU BURSA EFEK, MISALNYA SUATU PERUSAHAAN MELAKUKAN IPO DAN SELANJUTNYA SAHAM-SAHAMNYA HANYA TERCATAT DI BEJ SAJA, ATAU DI BES SAJA. DUAL LISTING, ARTINYA SUATU EMITEN YANG MENCATATKAN SAHAMNYA DI DUA BURSA, MISALNYA TERCATAT DI BEJ DAN SEKALIGUS DI BES. CONTOH LAIN, INDOSAT TERCATAT DI BEJ JUGA TERCATAT DI NEW YORK STOCK EXCHANGE.

23 23 FAKTOR FAKTOR YANG AKAN MENAMBAH SAHAM TERCATAT DI BURSA EFEK PENCATATAN SAHAM HASIL PENAWARAN UMUM STOCK SPLIT DIVIDEN SAHAM SAHAM BONUS KONVERSI OBLIGASI MENJADI SAHAM BIASA ATAS OBLIGASI KONVERSI RIGHT ISSUE KONVERSI WARAN MENJADI SAHAM BIASA

24 24 ISTILAH-ISTILAH S A H A M AUTHORIZED SHARES, ADALAH JUMLAH SAHAM MAKSIMAL YANG DAPAT DITERBITKAN PERUSAHAAN BERDASARKAN AKTA ATAU ANGGARAN DASAR PERUSAHAAN ISSUED SHARES, ADALAH JUMLAH SAHAM YANG DITERBITKAN PERUSAHAAN ATAU DITAWARKAN EMITEN SEWAKTU PENAWARAN UMUM. OUTSTANDING SHARES, ADALAH SAHAM-SAHAM YANG BEREDAR ATAU JUMLAH SAHAM YANG DIPEGANG INVESTOR PUBLIK. TREASURY STOCK ADALAH SAHAM YANG DITERBITKAN DAN KEMUDIAN DIBELI KEMBALI OLEH PERUSAHAAN.

25 25 DELISTING DELISTING, ADALAH PENGHAPUSAN EFEK DARI DAFTAR EFEK YANG TERCATAT DI BURSA. PENGHAPUSAN TERJADI KARENA : - VOLUNTARY DELISTING, PENGHAPUSAN PENCATATAN SAHAM YANG DIAJUKAN OLEH EMITEN - DIHAPUS PENCATATAN SAHAMNYA OLEH BURSA SESUAI DENGAN PERATURAN BURSA.

26 26 KETENTUAN VOLUNTARY DELISTING Persetujuan RUPS oleh sekurang-kurangnya 2/3 minority shareholders. Emiten wajib membeli saham pemegang saham minoritas yang tidak setuju dengan harga tertinggi (selama 6 bulan sebelum RUPS) di Pasar Reguler. Diajukan ke Bursa 40 hari Bursa sebelum tanggal delisting. Bursa memberitahukan pelaksanaan delisting 20 hari bursa sebelum delisting dilakukan.

27 27 KETENTUAN DELISTING OLEH BEJ 1.PERNYATAAN PENDAFTARAN YANG DIAJUKAN KE BAPEPAM DIBEKUKAN ATAU DIBATALKAN 2.OPINI ATAU L.K AUDITAN ADVERSE PADA TAHUN TERAKHIR 3.RUGI USAHA SELAMA EMPAT TAHUN BERTURUT-TURUT. 4.LABA SETELAH PAJAK (RUGI SELAMA EMPAT TAHUN BERTURUT TURUT) 5.JUMLAH PEMEGANG SAHAM KURANG DARI 100 PEMEGANG SAHAM SELAMA 6 BULAN TERAKHIR BERTURUT-TURUT 6.SAHAM YANFG DIMILIKI MINORITY SHAREHOLDERS, KURANG DARI 10 JUTA SAHAM DAN KURANG DARI 5% DARI MODAL DISETOR DALAM JANGKA WAKTU 6 BULAN TERAKHIR 7.TIDAK TERJADI TRANSAKSI DI PASAR REGULER SELAMA 9 BULAN TERAKHIR BERTURUT-TURUT. 8.RATA-RATA VOLUME TRANSAKSI BULANAN DI PASAR REGULER KURANG DARI SAHAM SETIAP BULAN, SELAMA JANGKA WAKTU 12 BULAN TERKAHIR. 9.RATA-RATA PENUTUPAN DI PASAR REGULER KURANG DARI RP 50 SELAMA TIGA BULAN BERTURUT-TURUT.

28 EKUITAS NEGATIF SELAMA TIGA TAHUN BER-TURUT2 11. STATUS PERDAGANGAN SAHAM DI BURSA DIHENTIKA SELAMA 12 BULAN BERTURUT-TURUT. 12. STATUS PERUSAHAAN : - MERGER DENGAN PERUSAHAAN LAIN. - LIKUIDASI - DINYATAKAN PAILIT YANG BERKEKUATAN HUKUM TETAP - DICABUT IZIN USAHA YANG MEMBERIKAN KONTRIBUSI UTAMA. 13. CORPORATE PLAN TIDAK DISAMPAIKAN DALAM JANGKA WAKTU YANG DITETAPKAN 14. KEGIATAN BIDANG USAHA DILARANG OLEH PERUNDANG UNDANGAN DI INDONESIA 15. KONTRIBUSI ANAK PERUSAHAAN TERHADAP INDUK YANG TERCATAT > 50%.

29 29 KEWAJIBAN PELAPORAN KEWAJIBAN PELAPORAN PENTING KARENA SEBAGIAN BESAR INVESTOR TIDAK MEMILIKI AKSES LANGSUNG KEPADA EMITEN. KEWAJIBAN PELAPORAN DIMAKSUDKAN UNTUK PENYEBARAN INFORMASI, SEHINGGA INFORMASI TERSEBUT DAPAT SAMPAI SECARA TEPAT WAKTU DAN TEPAT GUNA KEPADA INVESTOR.

30 30 JENIS LAPORAN PELAPORAN RUTIN - LAPORAN KEUANGAN TAHUNAN - LAPORAN TAHUNAN - IKLAN LAPORAN KEUANGAN TAHUNAN - LAPORAN KEUANGAN TENGAH TAHUNAN - LAPORAN KEUANGAN TRIWULANAN - LAPORAN PENGGUNAAN DANA HASIL EMISI - LAPORAN KEGIATAN REGISTRASI BULANAN PELAPORAN BERKALA - SETIAP ADA KEJADIAN PENTING DAN RELEVAN LAPORAN LAINNYA - PERUBAHAN ANGGARAN DASAR - RENCANA RUPS/RUPSLB - PERUBAHAN SUSUNAN DIREKSI DAN KOMISARIS


Download ppt "1 PENAWARAN UMUM & PENCATATAN EFEK Pertemuan ke-05 Matakuliah: F0322/Pengantar Pasar Modal Tahun: 2 0 0 5."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google