Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pertemuan 5 MUNCULNYA KOTA DAN NEGARA MATERI: Latar Belakang Negara dan Kota Ciri-ciri Negara Formasi Negara Di Timur Tengah Formasi Negara Di Mesopotamia.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pertemuan 5 MUNCULNYA KOTA DAN NEGARA MATERI: Latar Belakang Negara dan Kota Ciri-ciri Negara Formasi Negara Di Timur Tengah Formasi Negara Di Mesopotamia."— Transcript presentasi:

1 Pertemuan 5 MUNCULNYA KOTA DAN NEGARA MATERI: Latar Belakang Negara dan Kota Ciri-ciri Negara Formasi Negara Di Timur Tengah Formasi Negara Di Mesopotamia Mengapa Negara Kolaps Matakuliah: L0094-Ilmu Sosial Untuk Psikologi Tahun: 2008

2 Bina Nusantara Learning Outcome Mahasiswa dapat proses munculnya kota dan negara berdasarlam penelitian antropologi

3 Bina Nusantara 1.Pendahuluan Uraian-uraian berikut mengenai negara bukan merupakan uraian sebagaimana yang dilakukan oleh imuwan sosial yang menenekuni bidang ilmu politik yang pada umumnya memberi perhatian pada fenomen politik yang terjadi pada bangsa atau negara modern. Pembahasan berikut mengenai munculnya negara dan kota semata-mata merupakan hasil penelitian yang dilakukan oleh para antropolog mengenai bagaimana negara itu muncul pada ribuan tahuan yang lampau. Oleh karena itu pendekatan yang dilakukan adalah menelusuri gejala-gejala kemasyarakatan yang terjadi pada masa lampau itu, termasuk dalam hal ini adalah gejala organisasinya yang dikaitkan dengan ekonomi yang dijalankan oleh masyarakat pada saat itu. Maka pertannyaannya adalah faktor apakah yang memunculkan terjadinya kebutuhan akan regulasi yang mengatur masyarakat pada saat itu?

4 Bina Nusantara 2. Latar Belakang Lahirnya Negara Negara adalah suatu bentuk organisasi sosial dan politik yang memiliki sifat formal, pemerintahan terpusat dan pembagian masyarakat ke dalam kelas- kelas. Negara pertama berkembang di Mesopotamia kurang lebih 5500 tahun yang lalu dan di Mesoamerika 3000 tahun kemudian. Chiefdoms merupakan perintis jalan menuju pembentukan negara. Chiefdoms memiliki hak-hak istimewa dan pemimpin yang efektif. Namun pada saat ini pembagian-pembagian kelas yang merupakan karakteristik sebuah negara belum begitu tajam. Mengapa dan bagaimana chiefdoms dan negara muncul? Para antropolog telah mengidentifikasi sebab-sebab terbentuknya negara dan merkonstruksi munculnya beberapa negara. Mereka memukan beberapa faktor sebagai berikut yakni ditemukannya sistem hidrolik yang berguna dalam pengairan sawah, rute perjalanan yang panjang dan jauh dan pertambahan penduduk dan perang. Faktor-faktor ini telah menyebabkan organisasi mansyarakat dan kebutuhan mereka semakin kompleks. Kompeksitas ini melahirkan kebutuhan akan regulasi-regulasi yang mengatur hidup bersama.

5 Bina Nusantara 2.1. Munculnya sistem hidrolik Terbentuknya negara disebabkan oleh kebutuhan untuk mengatur ekonomi pertanian yang menggunakan sistem hidrolik untuk mengairi sawah mereka. Negara muncul untuk mengatur sistem irigasi, drainase, dan mengontrol makanan. Tetapi munculnya sistem hodrolik dalam masyarakat agrikultur ini bukan merupakan satu-satunya latar belakang yang mendorong lahirnya negara, karena banyak kelompok masyarakat yang ada pada waktu itu yang memiliki sistem irigasi tidak pernah memiliki pengalaman membentuk negara dan juga pada masyarakat lain negara berkembang tanpa sistem hidrolik. Namun walaupun demikian sistem hidrolik tetap memiliki implikasi- implikasi bagi terbentuknya negara. Pengontrolan terhadap air telah mengembangkan produksi yang menggunakan tanah.

6 Bina Nusantara Sebab dalam produksi ini ada kebutuhan akan tenaga kerja dan kemampuan untuk mengelolah tanah. Kebutuhan akan tenaga kerja yang banyak telah mendorong pula semakin bertumbuhnya populasi. Pengembangan sistem hidrolik telah mendukung konsentrasi yang lebih besar dan tekanan penduduk. Dalam situasi ini persoalan- persoalan interpersonal juga berkembang dan konflik yang berkaitan dengan akses terhadap irigasi tidak dapat dibendung dan semakin lebih sering. Konflik seperti ini mendorong lahirnya kebutuhan akan pemimpin yang mengatur hubungan antara pribadi dan hubungan antara kelompok. Regulator melindungi ekonomi dengan memobilisasi tenaga kerja untuk memlihara dan memperbaiki sistem hidrolik. Hidup dan matinya sistem ini memungkinkan otoritas dari para regulator untuk memperbaiki sistem hidrolik.

7 Bina Nusantara 2.2. Rute Perdagangan yang jauh dan panjang Teori yang lain menyatakan bahwa munculnya negara disebabkan munculnya lokasi-lokasi perdagangan yang strategis dalam suatu wilayah jaringan perdagangan. Untuk mencapai lokasi strategi ini para pedagang sering harus menempuh perjalanan yang jauh dan panjang melewati gungung- gunung dan sungai-sungai. Dalam perjanalan ini mereka sering mendapat ancaman. Situasi-situasi seperti di atas mendorong lahirnya kebutuhan regulasi dan pegawai yang mengatur pertukaran dan juga keamanan dalam melakukan perdagangan. Sebab di atas tidak bersifat generalis, namun walaupun demikian jarak yang jauh merupakan sesuatu yang penting dalam dalam evolusi dari banyak negara sebagaimana yang terjadi di Mesopotamia dan Mesoamerika.

8 Bina Nusantara 2.3. Population, War dan Circumscription Teori yang ketiga disampaikan oleh Robert Carneiro (1970). Teori ini dikenal sebagai multiple factors or variables a multivariate theory. Carneiro mengatakan bahwa di mana saja dan kapan saja keadaan linkungan (seperti konsentrasi sumber daya), pertumbuhan populasi dan adanya perang akan mendorong terbentuknya negara. Kondisi lingkungan yang dimaksud adalah baik berupa lingkungan fisik maupun lingkungan sosial. Lingkungan fisik termasuk lahan yang kecil, area untuk tanaman, ari dan lain sebagainya. Sedangkan lingkungan sosial menyangkut hubungan ketetanggaan yang melakukan ekspansi, emigrasi atau akses kepada sumber daya. Bila sumber daya yang tebatas itu berada dalam wilayah yang terbatas akan mempengaruhi baik lingkungan sosial maupun lingkungan fisik. Konflik dan tekanan penduduk tidak akan dapat dihindari.

9 Bina Nusantara 3. Ciri-ciri Negara 3.1. Suatu negara mengontrol teritori suatu wilayah regional yang spesifik. Negara-negara awal muncul dari kompetisi antara chiefdoms. Chiefdoms yang memiliki kekuasaan yang besar akan menguasai yang lainnya dengan demikian wilayah chiefdoms akan semakin luas. Luas wilayah kekuasaan ini mendorong lahirnya sistem politik dan kebijakan-kebijakan pengaturan. 3.2.Negara-negara awal memproduksi ekonomi pertanian dengan tekanan penduduk yang sering bepusat di kota. Ekonomi agrikultural dari negara pertama ini meliputi beberapa bentuk pengaturn irigasi dan kontrol terhadap air. 3.3.Negara pertama ini menggunakan sistem upeti dan pajak untuk menambah tempat-tempat pusat, sumber daya yang dibutuhkan untuk mendukung ratusan atau ribuan spesialist. Negara pertama ini juga memiliki aturan, sistem keamanan dan kontrol terhadap tenaga kerja manusia.

10 Bina Nusantara 3.4. Negara distratifikasi ke dalam kelas-kelas sosial. Dalam negara pertama populasi yang tidak memproduksi makanan terdiri dari para elite, artis, para pegawai pemerintah, imam-imam dan spesialis yang lainnya. Kebanyakan penduduk adalah orang- orang biasa. Para budak dan orang yang dipenjara merupakan kelas yang paling bawah. Para penguasa menjalakan kekuasaan dengan mengkombinasi kemampuan personal, otoritas religius kontrol ekonomi dan kekuasaan. 3.5.Negara pertama (early state) memiliki gedung-gedung publik yang mengagumkan dan architektur-architektur yang monumental, termasuk candi-candi, istana-istana dan gudang. 3.6.Negara pertama (early state) telah megembangkan sistem pencatatan, biasanya suatu tulisan script

11 Bina Nusantara 4. Formasi Negara Timur Tengah Kota pertama muncul sekitar tahun yang lalu. Hal ini dapat kita lihat dari peninggalan-peninggalan arkeologis. Masyarakat pada saat itu telah dapat membangun rumah dari batu batas lumpur. Mereka membangun dan membangunnya kembali di tempat yang sama. Penggalian-penggalian arkeologis menemukan gundukan- gundukan tanah dan sisa runtuhan banguan yang sukses telah dibangun pada tahun itu. Di Asia memiliki ratusan dan ribuan gundukan tanah dan hanya sedikit yang telah digali. Di tempat penggalian itu ditemukan jejak kehidupan komunitas purba seperti adanya jalan-jalan kota, bangunan-bangunan, pemetakan, halaman gedung yang dikelilingi oleh tembok,sumur dan artifak-artifak yang lainnya. Dalam penggalian arkeologi ditemukan tembikar dari keramik yang sangat besar. Tembikat menggambarkan periode elite dan munculnya chiefdoms. Keramik-keramik ini melukiskan kehidupan yang mewah yang diasosiasikan dengan hirarki sosial.

12 Bina Nusantara 5. Formasi Negara di Mesoamerika Fenomena formasi negara juga sebagaimana yang ditemukan dalam penggalian arkeologi di Timur Tengah dan Mesopotamia, juga ditemukan di Mesoamerika seperti di Guatemala dan Mexico. Chiefdoms dipengaruhi sesuatu yakni mereka berdagang material seperti kulit, permata jade, dan tembikar (keramik). 6. Mengapa Negara Kolaps? Ada banyak faktor yang dapat diduga mengapa negara-negara pertama (early state) ini kolaps. Faktor-faktor ini menghancurkan sistem ekonomi dan politik mereka. Faktor-faktor itu antara lain invasi dari luar, penyakit, kelaparan, masa kekeringan yang panjang yang mengganggu keseimbangan mereka. Penduduk kota juga mungkin membuka lahan untuk ekonomi dengan menebang hutan sehingga terjadi erosi dan kekurangan mata air yang dapat menyuplai kebutuhan air untuk irigasi pertanian, dan berbagai kemunkinan yang lainnya.


Download ppt "Pertemuan 5 MUNCULNYA KOTA DAN NEGARA MATERI: Latar Belakang Negara dan Kota Ciri-ciri Negara Formasi Negara Di Timur Tengah Formasi Negara Di Mesopotamia."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google