Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 Pertemuan 5 PASAR KEUANGAN (FINANCIAL MARKET) Matakuliah: F 0344 / PASAR UANG DAN PASAR MODAL Tahun: Semester Genap 2004 / 2005 Versi: 0 / 0.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 Pertemuan 5 PASAR KEUANGAN (FINANCIAL MARKET) Matakuliah: F 0344 / PASAR UANG DAN PASAR MODAL Tahun: Semester Genap 2004 / 2005 Versi: 0 / 0."— Transcript presentasi:

1 1 Pertemuan 5 PASAR KEUANGAN (FINANCIAL MARKET) Matakuliah: F 0344 / PASAR UANG DAN PASAR MODAL Tahun: Semester Genap 2004 / 2005 Versi: 0 / 0

2 2 Learning Outcomes Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu : Menjelaskan Hubungan Pasar Uang Domestik dan Pasar Valuta Asing Memperhitungkan Giro Wajib Minimum Menyimpulkan siapa peserta Bursa Valuta Asing Menerangkan bentuk Pemagaran Resiko Menarik kesimpulan mengenai dokumen pendukung yang dipakai dalam transaksi Valuta Asing.

3 3 Outline Materi Materi 1 : Hubungan Pasar Uang Domestik dan Pasar Valuta Asing Materi 2 : Giro Wajib Minimum Materi 3 : Peserta Bursa Valuta Asing Materi 4 : Jenis-jenis Transaksi dan Bentuk Pemagaran Resiko

4 4 HUBUNGAN PASAR UANG DOMESTIK DENGAN PASAR VALUTA ASING Pemilihan penempatan dana dalam pasar uang domestik selalu berkaitan dengan pasar valuta asing. Artinya, jika hendak menginvestasikan uang anda dalam pasar uang domestik anda juga harus mengetahui dan mempertimbangkan kegiatan yang terjadi di pasar valuta asing; dan sebaliknya. Hal ini dilakukan untuk menentukan instrumen mana yang paling menguntungkan di pasar uang domestik atau pasar valuta asing. Interaksi antara pasar uang domestik dan pasar valuta asing ini menjadi lebih penting apabila jumlah dana yang ada dalam jumlah besar atau kondisi ekonomi pada saat ini kurang baik

5 5 GIRO WAJIB MINIMUM VALUTA ASING Sama halnya dengan Pasar Uang Domestik, maka peserta pada Pasar Valuta Asing, juga wajib mempunyai GWM (reserve requirement), yang berupa : DANA PIHAK KETIGA dalam VALAS, terdiri dari : 1.Giro dalam mata uang Valas 2.Deposito Valas (Berjangka, Sertifikat dan OnCall) 3.Tabungan Valas 4.Kewajiban Lain Valas, yang segera dapat dibayarkan, surat berharga yang diterbitkan, pinjaman yang diterima, setoran jaminan dan lain-lain, seperti call money, margin deposit, setoran jaminan, jaminan yang diterima dan lain-lain.

6 6 PESERTA PASAR VALUTA ASING Adalah pihak yang terlibat dalam transaksi Pasar Valas baik sebagai investor maupun sebagai penerbit instrumen dalam rangka mobilisasi dana, yaitu : a.Bank Sentral,Bank-bank dan Lembaga Keuangan b.Perusahaan-perusahaan Besar (korporasi) c.Lembaga-lembaga Pemerintah d.Individu (broker) e.International Monetery Market (IMM), adalah bagian dari Chicago Merchantile Exchange. Dibanyak negara, bank-bank kommersial sering keberatan melayani transaksi perorangan dalam valas, karena volume yang relatif kecil. IMM mengisi servis ini, dan volume transaksi terus berkembang. Saat ini menjadi bagian penting dan berpengaruh terhadap pasar valas dunia.

7 7 PESERTA PASAR VALUTA ASING Adalah pihak yang terlibat dalam transaksi Pasar Valas baik sebagai investor maupun sebagai penerbit instrumen dalam rangka mobilisasi dana, yaitu : a.Bank Sentral,Bank-bank dan Lembaga Keuangan b.Perusahaan-perusahaan Besar (korporasi) c.Lembaga-lembaga Pemerintah d.Individu (broker) e.International Monetery Market (IMM), adalah bagian dari Chicago Merchantile Exchange. Dibanyak negara, bank-bank kommersial sering keberatan melayani transaksi perorangan dalam valas, karena volume yang relatif kecil. IMM mengisi servis ini, dan volume transaksi terus berkembang. Saat ini menjadi bagian penting dan berpengaruh terhadap pasar valas dunia.

8 8 JENIS-JENIS TRANSAKSI 1.TRANSAKSI SPOT : jual beli mata uang dengan penyerahan dan pembayaran antarbank yang akan diselesaikan pada dua hari berikutnya, namun terhitung tunai 2.TRANSAKSI BERJANGKA (FORWARD) : penyerahan diwaktu yang akan datang (tunggak). 3.TRANSAKSI SWAP : pembelian dan penjualan secara bersamaan (barter) sejumlah mata uang dengan 2 tanggal (penyerahan) yang berbeda. Swap Likuiditas yi. Swap yg. dilakukan atas atas inisiatif BI utk dana yg. berasal dr. pinjaman Luar Negeri (utk.setiap bank max. 20% dr modal bank) Swap Investasi yi. Swap yg.dilakukan atas inisiatif bank sendiri krn nasabah nya mendapat dana pinjaman dari luar negeri

9 9 JENIS-JENIS TRANSAKSI BENTUK TRANSAKSI HEDGING / pemagaran resiko (transaksi yang dilakukan semata-mata untuk menghindari resiko rugi akibat terjadinya perubahan kurs antara 2 mata uang) 1.Forward 2.Swap 3.Future Contract : samadengan forward, hanya berbeda nominal kontrak yang ditransaksikan lebih besar dan jatuh tempo waktunya 31 maret atau 31 desember 4.Option Contract : hak untuk membeli (call option) atau menjual (put option), [bukan suatu kewajiban] suatu mata uang pada harga dan waktu tertentu dengan membayar sejumlah premi tertentu. - American Style: option dapat diperdagangkan sebelum j.t. - European Style: option hanya dapat diexcercise saat j.t.

10 10 JENIS-JENIS TRANSAKSI Harga –harga Option dikenal : strike price (harga option saat exercise), in the money (favour price), at the money (market price) out the money (non favour price). Transaksi forward dilakukan untuk menghadapi resiko fluktuasi exchange rate. Transaksi swap dilakukan oleh Bank Indonesia dengan bank, atau antar bank dengan nasabahnya, Swap (barter) artinya transaksi forward dikaitkan dengan transaksi spot atau kebalikannya. Misalnya jual spot beli forward atau beli forward jual spot. Barter banyak dilakukan oleh bank apabila pada suatu saat bank mengalami kelebihan jenis mata uang tertentu. Contohnya: bank mempunyai kelebihan uang yang disimpan nasabah dalam bentuk deposito Valas (USD), sedangkan kredit yang dikucurkan kebanyakan saat itu dalam (JPY) maka kepincangan ini dapat ditutup melalui transaksi barter.

11 11 Dokumen Pendukung Transaksi 1.Monitor Reuter : sebagai indikasi harga valuta 2.Dealing Reuter : sebagai media untuk transaksi dengan Counterparty (pihak lawan transaksi) 3.Print-out Reuter : sebagai bukti (otentifikasi) kebenaran pada saat transaksi harga valas 4.Fax atau telex : sebagai bukti permintaan atau penjualan dari Counterparty 5.Dealing Slip : bukti internal, tandatangan dealer dan manajer sebagai persetujuan jual beli

12 12 CLOSING Transaksi dalam valuta asing dilakukan sehari-hari untuk mencakup kebutuhan internal suatu bank / lembaga keuangan berkaitan dengan peserta pasar Valuta Asing negara. Ini sudah mencakup transaksi ekspor dan impor yang dilakukan oleh nasabah dengan bank/lembaga keuangan dengan bank diluar negeri. Transaksi dilakukan around the clock.


Download ppt "1 Pertemuan 5 PASAR KEUANGAN (FINANCIAL MARKET) Matakuliah: F 0344 / PASAR UANG DAN PASAR MODAL Tahun: Semester Genap 2004 / 2005 Versi: 0 / 0."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google