Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 PERTEMUAN 1 Matakuliah: Bahasa Jepang IV Tahun: 2005.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 PERTEMUAN 1 Matakuliah: Bahasa Jepang IV Tahun: 2005."— Transcript presentasi:

1 1 PERTEMUAN 1 Matakuliah: Bahasa Jepang IV Tahun: 2005

2 2 TUJUAN Maksud dan Tujuan dari perkuliahan kali ini, diharapkan mahasiswa dapat mengerti dan memahami pola kalimat yg menyatakan maksud : (~と思っています」 「意向形」

3 3 文法 第 31 課 1.意向表 1グループ ~ます意向形 あるきますあるこう およぎますあよごう のみますのもう よびますよぼう のりますのろう ならいますならおう たちますたとう

4 4 2 &3 グループ 第 31課 ~ます意向形 かえますかえよう おぼえますおぼえよう みますみよう たべますたべよう きますこよう しますしよう しゅっせき しま す しゅっせき しよ う

5 5 第 31課 Digunakan dalam kalimat biasa( 普通形 ) digunakan dalam kalimat biasa/informal dari bentuk ~ましょう れい: 1.じゃ、行こう (ayo, berangkat) 2. ちょっと 来よう? (kemari sebentar?) 3.疲れた。ちょっと 休憩しよう。 ( lelah. Ayo istirahat sebentar)

6 6 第31課 ~と 思っています Kata kerja 意志 ini menyatakan bentuk maksud, dengan pola kalimat sbb : Bentuk kata kerja ini mempunyai makna, bahwa hal tersebut sebelumnya telah dipikirkan dan saat inipun masih dipikir kan. 動詞の意志+と 思っていま す

7 7 第 31 課 Entah itu sebagai suatu rencana atau Menjadi suatu keputusan. Rencana tsb Bisa jadi hari ini, malam ini juga boleh, Bahkan rencana libur panjang ataupun Rencana dimasa depan juga boleh. Kadang kala bentuk maksud ini berpola ~と思います。 Antara 「~と思っていま す」 &「~と思います」 keduanya memiliki makna yang sama.

8 8 第 31 課 Namun 「~と思っています」 mengandung Arti bahwa si pembicara telah menetap Kan maksudnya jauh sebelumnya. Untuk pola 「~と思います」 tidak bisa Digunakan untuk menyatakan maksud Ajakan dan untuk diri sendiri 例:  … ああ、疲れた。少し休もう。 (ah,lelah. Mari istirahat sebentar)

9 9 KESIMPULAN digunakan dalam kalimat biasa/informal dari bentuk ~ましょう ~と 思っています Kata kerja 意志 ini menyatakan bentuk maksud 。 Mengandung arti bahwa si pembicara telah menetapkan maksudnya jauh sebelumnya.

10 10 Pertemuan 2 Matakuliah: Bahasa Jepang IV Tahun: 2005

11 11 TUJUAN Tujuan dari perkuliahan kali ini adalah, mahasiswa diharapkan mampu mengerti dan memahami pemakaian pola kalimat yg menyatakan bentuk maksud : ( ~つもり)

12 12 第 31 課(2) 1. ~つもりです kata kerja bentuk kamus ~つもりです digunakan utk menyatakan keinginan pembicara untuk melakukan suatu tindakan, sedangkan kata kerja bentuk ~ないつもりです、 digunakan untuk menyatakan bahwa si pembicara tidak bermaksud melakukan tindakan tersebut. Bentuk ~つもりです ini hampir tidak ada perbedaan arti antara kt kerja bentuk

13 13 第 31 課 (2) 「~意志形と思っています」 dengan 「~辞書形つもりです」、 akan tetapi bentuk 「~辞書形つもりです」 ini lebih banyak digunakan untuk menyatakan keinginan yang kuat dan lebih pasti. 例: 国へ帰っても、じゅどうをつづけるつも りです。 (walaupun pulanh ke tanah air, tetap akan melanjutkan belajar judo)

14 14 船がいちばん安いですから、船で行 くつもりです。 (karena kapal laut paling murah, bermaksud pergi dengan kapal laut) あしたからは、たばこをすわない つもりです。 (mulai besok, bermaksud berhenti merokok)

15 15 第 31 課 (2) 2. Akan tetapi harus diperhatikan juga karena menyatakan keinginan kuat dan lebih pasti, harus hati-hati dalam menggunakannya terutama dalam kata tanya ~つもりですか apabila nada bicara terdengar lembut maka nuansa yg muncul biasa saja akan tetapi bila agak kuat maka nuansa yg timbul terlihat agak kesal/marah.Lebih baik jangan sering digunakan.

16 16 第 31 課 (2) 例: 卒業したら、どうするつもりですか。 setelah lulus, bermaksud akan melakukan apa?) nuansa yg timbul disini kenapa belum memutuskan akan bagaimana, sebisa mungkin harus segera diputuskan, jadi lebih baik jangan sering digunakan bentuk ~つもりですか ini.

17 17 第 31 課 (2) 3.Untuk orang ke 3, bentuk ~ つもりです ini diikuti dengan 「~つもり+のようだ / らしい / そうだ」 dll. 4.Bentuk 「~つもりはありません」 dengan 「~ない つもりです」 lebih kuat dalam menyatakan maksudnya 例: 男「結婚したら、仕事をやめてぼくの帰りを 待っていてほしいな」 女「え? 私は 結婚しても 仕事をやめるつ もりは ないわよ」

18 18 KESIMPULAN ~つもり Kata kerja 意志 ini menyatakan bentuk maksud 。 Mengandung arti bahwa si pembicara telah menetapkan maksudnya jauh sebelumnya.Dan harus diperhatikan dalam pemakaiannya karena nuansa yg ditimbulkan agak keras.

19 19 Pertemuan 3 Matakuliah: Bahasa Jepang IV Tahun: 2005

20 20 TUJUAN Maksud dan Tujuan perkuliahan kali ini adalah mahasiswa dapat mengerti dan memahami pemakaian pola kalimat : ~まだ てません ~予定です

21 21 第 31 課 (3) ~予定です Bentuk ini digunakan untuk menyatakan rencana. 例:  来年日本へ行く予定です。 (tahun depan berencana pergi ke Jepang) 辞書形 予定 です 名詞 の 予定 で す

22 22 第 31 課 (3)  あしたから インドへ出張します。 (mulai besok akan dinas ke India) 。。。そうですか。いつ 帰りますか。 (oh, begitu. Kapan kembali) … 来週の水曜日に 帰る予定です。 (rencananya rabu minggu depan)  出張は 一週間ぐらいの予定です。 ( menurut rencana, pergi dinas kira-kira satu minggu)

23 23 第 31 課(3) Bentuk ~ つもりです dengan bentuk ~予定で す、 dalam hal nuansa memiliki perbedaan. Misalnya dalam contoh: 来年日本へ行くつもりです (tahun depan bermaksud pergi ke Jepang) 来年日本へ行く予定です (tahun depan berencana pergi ke Jepang) Apabila dalam contoh 1,menunjukkan karena niatnya sendiri, sedangkan contoh 2, menunjukkan ada unsur lain yg mendukungnya bisa jadi karena ditugaskan oleh kantor dll.

24 24 第 31 課 (3) Kata kerja ~ ていません Adapun pola kalimatnya adalah sbb: Ungkapan ini digunakan untuk menunjukkan arti suatu hal yang belum terjadi atau suatu perbuatan yang belum dilakukan pada saat ini まだ~動詞ていません

25 25 第 31 課 (3) 例: 1. 私は まだ北海道へ行っていません。 (saya belum pergi ke Hokkaido) 2.もう レポートを書きましたか。 (apakah anda sudah menulis laporan?) … いいえ、、、まだ書いていません。今晩 書くつもりです。 (belum.saya belum menulisnya. Saya bermaksud menulisnya malam ini)

26 26 第 31 課 (3) 3.もう 昼ご飯をたべましたか。 (sudah makan siang?) 。。。いいえ、まだ食べていません。こ れから 食べます。 (belum makan siang. Setelah ini makan siang)

27 27 KESIMPULAN ~予定です Bentuk ini digunakan untuk menyatakan rencana. Kata kerja ~ ていません digunakan untuk menunjukkan arti suatu hal yang belum terjadi


Download ppt "1 PERTEMUAN 1 Matakuliah: Bahasa Jepang IV Tahun: 2005."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google