Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1.Jelaskan apa yang dimaksud dengan Ilmu ekonomi industri adalah salah satu cabang ilmu yang mempunyai pokok bahasan tentang perilaku (behavior/conduct)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1.Jelaskan apa yang dimaksud dengan Ilmu ekonomi industri adalah salah satu cabang ilmu yang mempunyai pokok bahasan tentang perilaku (behavior/conduct)"— Transcript presentasi:

1 1.Jelaskan apa yang dimaksud dengan Ilmu ekonomi industri adalah salah satu cabang ilmu yang mempunyai pokok bahasan tentang perilaku (behavior/conduct) firm dalam suatu industri serta dampaknya terhadap industri dan konsumen (performance). Jelaskan Elemen Dasar Effective Competition adalah Setidanya ada 5 pesaing yang seimbang, Tidak ada perusahaan yang dominan, Market share lebih dari 40% : dominan, Kemudahan memiliki pasar bagi firm baru. Kenapa Persaingan yg Efektif diperlukan karena dapat memberikan manfaat, antara lain : Harga yang kompetitif, Kebebasan konsumen untuk memilih, Kinerja perusahaan yang efesien, Inovasi baru dari perusahaan, Pilihan produk yang lebih luas. Jelaskan sebab-sebab munculnya Monopoly, antara lain yaitu : Penguasaan sumber daya vital, Pemberian pmerintah., Patent, Monopoly ilmiah, Perilaku strategis, kolusi, predatong pricing. Jelaskan apa saja dampak negatif dari Monopoly (Market Power) adalah Harga tinggi (excess profit), Pilihan konsumen terbatas, Kinerja perusahaan yang tidak effisien, Tidak ada inovasi baru dari perusahaan, Pilihan produk yang terbatas.

2 Jelaskan apa yang dimaksud dengan “industri” pada ekonomi industri, industri adalah tempat dimana bertemu antara produsen dan konsumen di dalam sebuah pasar yang menciptakan permintaan dan penawaran. Jelaskan apa yang dimaksud “ structure” dalam ekonomi industri, bagaimana bagian-bagian dari sesuatu berhubungan satu dengan yang lain atau bagaimana sesuatu tersebut disatukan, struktur adalah sifat fundamental bagi setiap sistem identifikasi suatu struktur adalah suatu tugas subjektif karena tergantng pada asumsi kriteria bagi pengenalannya bagian-bagiannya dan hubungan mereka. Jelaskan apa yang dimaksud dengan “conduct” dalam ekonomi industri, adalah (tingkah laku) tanggapan atau reaksi individu yang terwujud dari gerakan (sikap) tindak saja badan atau ucapan. Jelaskan apa yang dimaksud dengan “Performance” dalam ekonomi industri, adalah suatu istilah umum yang dimaknakan gerakan untuk sebagian atau seluruh tindakan atau aktifitas dari suatu periode, sering dengan refrensi pada sejumlah standar seperti biaya-biaya maka lalu atau uang di proyeksikan suatu dasar efisien, pertanggung jawaban dan akuntabilitas manajeman dan semacanya.

3 Apakah tolak ukur kinerja pasar pada ekonomi industri, tolak ukur kinerja pasar pada ekonomi industri adalah kinerja persaingan sempurna dimana semakin kinerja suatu pasar (stuktur) berbeda dari kinerja (pasar) persaingan sempurna dinilai semakin negatif. Jelaskan kenapa dari sudut pandang persaingan, pasar monopoli dan pasar persaingan sempurna bisa dikelompokkan kedalam satu golongan, pasar monopoli dan pasar persaingan sempurna bisa dikelompokkan ke dalam satu golongan dan sudut pandang ekonomi karena dipasar monopoly dan pasar persaingan sempurna sama-sama memakai firm berjuang mati-matian agar tetap bisa bertahan dipasar. Jelaskan faktor apa saja yang mempengaruhi permintaan individu dalm ekonomi mikro, dipengaruhi oleh harga, selera, pendapatan dan harga barng lain.

4 Jelaskan faktor apa saja yang mempengaruhi permintaan individu dalm ekonomi makro, antara lain : Harga barang itu sendiri (Px) : Ketika barang itu sendiri naik, maka jumlah barang yang diminta akan turun dan sebaliknya jika harga turun maka sejmlah uang diminta naik P↑ → Q↓ dan P↓ → Q↑. Harga barang lain (Py) : Ketika suatu barang substitusi atau komlementer turun, maka jumlah barang yang diminta terhadap barang (X) akan turun, maka tetapi jumlah barang uang diminta terhadap barang Y(substitusi, komplementer) akan naik dan sebaliknya. Pendapatan (I) : Ketika pendapatan seorang naik (Ir) maka jumlah yang diminta oleh konsumen naik (Qd↑) dan sebaliknya I↑ → Qd↑ dan E↓ → Qd↓ Selera (T) : Ketika suatu selera terhadap barang naik, maka jumlah barang yang diminta akan naik dan begitu pula sebaliknya T↑ → Qdx↓ dan T↓ → Qdx↓ Ekspeksi (harapan) : Ketika ekspeksi masyarakat kedepannya itu daerah. Maksudnya masyarakat mengira bahwa harga barang X turun, maka jumlah yang diminta saat ini akan turun akan tetapi jumlah barnag yang diminta dimasa yang akan datang akan naik, berlaku sebaliknya.

5 Jelaskan pengertian permintaan individu dari sudut pandang ekonomi industri, adalah keinginan dan kesanggupan individu dalam membeli yang mana keinginan dipengaruhi oleh selera(T) dan harga barang lain(Pt) sedangkan kesanggupan membeli dipengaruhi oleh pendapatan(Y) dan harga barang itu sendiri(P). Jelaskan kenapa pengertian permintaan individu antara ekonomi mikro dan ekonomi industri dikatakan tidak bertentangan, permintaan individu adalah keinginan dan kesanggupan membeli unsur ekonomi industri ditampung dalam ekonomi industri. Ekonomi industri tidak bertentangan dengan mikro ekonomi industri memanang hal yang sama dari sudut pandang lain. Jelaskan apa pengertian “kesejahteraan/surplus konsumen” menurut ekonomi industry, adalah ketika konsumen mampu membayar /membeli suatu produck di harga P1, namun ketika sampai dipasar harga dapat dari barang yang akan beli harganya menjadi turun di P2.\ Jelaskan apa pengertian “ketidak adilan” menurut ekonomi industri, adalah keadaan dimana sejulah orang yang seharusnya berhak membeli barang-barang namun tidak kebagian kaerna tidak mampu / mau membayar barang pada harga pasar yang dintentukan.

6 Jelaskan apa pengertian “efisiensi” menurut ekonomi industry, adalah keadaan dimana sejumlah uang yang tidak digunakan untuk membeli barang yang di inginkan melainkan terpaksa digunakan untuk barang lain karena konsunmen tidak kebagian barang yang dinginkan. Tentukan masing-masing pelaku permintaan dan penawaran pada berbagai jenis barang dibawah ini dan juga tentukan elastisitasnya!

7 Penawaran pasar menurut ekonomi industry adalah keadaan dipasar dimana terdapat pelaku penawaran(penjual) yang ingin dan dan sanggup menjual barang yang diproduksi dalam harga tertentu di mana produksi dapat tertupi. Input sunk cost adalah biaya yang tidak bias kembali. Contonya: Promosi/iklan, pemasangan Perbedaan antara fixed input dan variable input tidak adalah jika “fixed” “input” tidak dapat Pempunyai output dan variable input dapat mempengaruhi output.

8


Download ppt "1.Jelaskan apa yang dimaksud dengan Ilmu ekonomi industri adalah salah satu cabang ilmu yang mempunyai pokok bahasan tentang perilaku (behavior/conduct)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google