Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA HUKUM PERKAWINAN ISLAM OLEH AUNUR ROHIM FAQIH,.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA HUKUM PERKAWINAN ISLAM OLEH AUNUR ROHIM FAQIH,."— Transcript presentasi:

1 1 FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA HUKUM PERKAWINAN ISLAM OLEH AUNUR ROHIM FAQIH,.

2 2 PENGERTIAN PERKAWINAN PENGERTIAN PERKAWINAN FIQIH KLASIK : FIQIH KLASIK : SUATU AKAD ATAU PERIKATAN UNTUK MENGHALALKAN HUBUNGAN KELAMIN ANTARA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN DALAM RANGKA MEWUJUDKAN KEBAHAGIAAN HIDUP KELUARGA YANGDILIPUTI RASA KETENTRAMAN SERTA KASIH SAYANG DENGAN CARA YANG DIRIDHAI ALLAH MENURUT PASAL 1 UU NO 1 TAHUN 1974: IKATAN LAHIRBATIN ANTARA SEORANG PRIA DAN SEORANG WANITA SEBAGAI ISTRI DENGAN TUJUAN MEMBENTUK KELUARGA ( RUMAH TANGGA) YANG BAHAGIA DAN KEKAL BERDASARKAN KETUHANAN YANG MAHA ESA

3 3 AL- HADIS AL- QUR’AN AL- IJTIHAD S U B E R

4 4 AL-QUR’AN Q: 51:49. 36:36. 49:13. 4:1,3,4,19,20,22,23,34,35, :72. 30:21. 24:3,6-9,32, 2:187,221,222,223,226,227,228,229,230,231, 232,233,234,235,236,237. 5:5. 65:1,2,4,6,7,33:49, 58:2,3,4 SUNNAH RASUL Yg tdk disinggung dlm Q:Walimah, tatacara peminangan,saksi,wali, hak mengasuh anak, syarat yg disertakan. Penjelasan dlm Q:pengertian quru’,masa ‘iddah,bilangan susuhan, mahar,izin ketika talak raj’i, li’an IJTIHAD IJTIHAD Contoh: ijtihad ali dan umar tentang masa iddah p hamil; harta bersama; perkw p hamil krn zina; akibat pembatalan pertunangan trhdp hadiah PERATURAN PER-UU UU no 1/74, SUMBER HK PERKAWINAN

5 5 KEDUDUKAN HK PERKAWINAN DLM ISLAM MEMILIKI KEDUDUKAN PENTING SEBAB HK PERKAWINAN MENGATUR TATA CARA KEHIDUPAN KELUARGA YG MERUPAKAN INTI KEHIDUPAN MASYARAKAT SEJALAN DENGAN KEDUDUKAN MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK BERKEHORMATAN. MEMILIKI KEDUDUKAN PENTING SEBAB HK PERKAWINAN MENGATUR TATA CARA KEHIDUPAN KELUARGA YG MERUPAKAN INTI KEHIDUPAN MASYARAKAT SEJALAN DENGAN KEDUDUKAN MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK BERKEHORMATAN. PERKAWINAN MAMPU MEMBAWA UMAT MANUSIA HIDUP BERKEHORMATAN, SESUAI DENGAN KEDUDUKANNYA YG AMAT MULIA DITENGAH-TENGAH MAKHLUK ALLAH YG LAIN PERKAWINAN MAMPU MEMBAWA UMAT MANUSIA HIDUP BERKEHORMATAN, SESUAI DENGAN KEDUDUKANNYA YG AMAT MULIA DITENGAH-TENGAH MAKHLUK ALLAH YG LAIN HUBUNGAN LK-LK DAN PR DITENTUKAN AGAR DIDASARKAN PADA RASA PENGABDIAN KEPADA ALLAH DAN KEBAKTIAN PADA KEMANUSIAAN GUNA MELANGSUNGKAN KEHIDUPAN JENISNYA HUBUNGAN LK-LK DAN PR DITENTUKAN AGAR DIDASARKAN PADA RASA PENGABDIAN KEPADA ALLAH DAN KEBAKTIAN PADA KEMANUSIAAN GUNA MELANGSUNGKAN KEHIDUPAN JENISNYA HK PERKAWINAN MERUPAKAN BAGIAN DR AJARAN ISLAM WAJIB DITAATI DAN DILAKSANAKAN SESUAI DENGAN KETENTUAN- KETENTUAN YG TERDAPAT DALAM Q+H. HK PERKAWINAN MERUPAKAN BAGIAN DR AJARAN ISLAM WAJIB DITAATI DAN DILAKSANAKAN SESUAI DENGAN KETENTUAN- KETENTUAN YG TERDAPAT DALAM Q+H.

6 6 WAJIB: BAGI ORG YG TELAH MEMPUNYAI KEINGINAN KUAT UTK NIKAH &TELAH MEMPUNYAI KEMAMPUAN UTK MELAKSANAKAN & MEMIKUL BEBAN KEWAJIBAN SERTA ADA KEHAWATIRAN APABILA TDK NIKAH MUDAH TERGELINCIR PD PERZINAAN WAJIB: BAGI ORG YG TELAH MEMPUNYAI KEINGINAN KUAT UTK NIKAH &TELAH MEMPUNYAI KEMAMPUAN UTK MELAKSANAKAN & MEMIKUL BEBAN KEWAJIBAN SERTA ADA KEHAWATIRAN APABILA TDK NIKAH MUDAH TERGELINCIR PD PERZINAAN SUNAH: BAGI ORG YG TELAH MEMPUNYAI KEINGINAN KUAT UTK NIKAH &TELAH MEMPUNYAI KEMAMPUAN UTK MELAKSANAKAN MEMIKUL BEBAN KEWAJIBAN SERTA APABILA TDK NIKAH TDK ADA KEHAWATIRAN UNT BERBUAT ZINA SUNAH: BAGI ORG YG TELAH MEMPUNYAI KEINGINAN KUAT UTK NIKAH &TELAH MEMPUNYAI KEMAMPUAN UTK MELAKSANAKAN MEMIKUL BEBAN KEWAJIBAN SERTA APABILA TDK NIKAH TDK ADA KEHAWATIRAN UNT BERBUAT ZINA MUBAH: BAGI ORG YG MEMPUNYAI HARTA, TETAPI APABILA TDK NIKAH TDK MERASA HAWATI AKAN BERBUAT ZINA DAN ANDAIKATA NIKAH TDK MERASA HAWATIR AKAN MENYIA2KAN KEWAJIBAN PADA ISTRI. (NIKAH UNT MEMENUHI SAHWAT) MUBAH: BAGI ORG YG MEMPUNYAI HARTA, TETAPI APABILA TDK NIKAH TDK MERASA HAWATI AKAN BERBUAT ZINA DAN ANDAIKATA NIKAH TDK MERASA HAWATIR AKAN MENYIA2KAN KEWAJIBAN PADA ISTRI. (NIKAH UNT MEMENUHI SAHWAT) MAKRUH: BAGI ORG YG MAMPU DLM SEGI MATRIIL, CUKUP MEMPUNYAI DAYA TAHAN MENTAL DAN AGAMA HINGGA TDK HAWATIR AKAN TRSERET DALAM PERBUATAN ZINA, TETAPI MEMPUNYAI KEHAWATIRAN TDK DPT MEMENUHI KEWAJIBAN TERHADP ISTRINYA MESKIPUN TDK BERAKIBAT MENYUSAHKAN ISTRI MAKRUH: BAGI ORG YG MAMPU DLM SEGI MATRIIL, CUKUP MEMPUNYAI DAYA TAHAN MENTAL DAN AGAMA HINGGA TDK HAWATIR AKAN TRSERET DALAM PERBUATAN ZINA, TETAPI MEMPUNYAI KEHAWATIRAN TDK DPT MEMENUHI KEWAJIBAN TERHADP ISTRINYA MESKIPUN TDK BERAKIBAT MENYUSAHKAN ISTRI HARAM: BAGI ORG YG BELUM BERKEEINGINAN SERTA TDK MEMPUNYAI KEMAMPUAN UTK MELAKSANAKAN & MEMIKUL BEBAN KEWAJIBAN2 HIDUP PERNIKAHAN SEHINGGA APABILA NIKAH JUGA AKAN BERAKIBAT MENYUSAHKAN ISTRINYA. HARAM: BAGI ORG YG BELUM BERKEEINGINAN SERTA TDK MEMPUNYAI KEMAMPUAN UTK MELAKSANAKAN & MEMIKUL BEBAN KEWAJIBAN2 HIDUP PERNIKAHAN SEHINGGA APABILA NIKAH JUGA AKAN BERAKIBAT MENYUSAHKAN ISTRINYA. HK MELAKUKAN PERNIKAHAN

7 7 PILIHAN JODOH YG TEPAT PILIHAN JODOH YG TEPAT PERKAWINAN DIDAHULUI KHITBAH PERKAWINAN DIDAHULUI KHITBAH KETENTUAN LARANGAN PERNIKAHAN KETENTUAN LARANGAN PERNIKAHAN PERNIKAHAN DIDASARKAN ATAS SUKARELA PERNIKAHAN DIDASARKAN ATAS SUKARELA PERSAKSIAN DLM AKAD NIKAH PERSAKSIAN DLM AKAD NIKAH PERNIKH TDK DITENTUKAN UNT WAKTU TERTENTU PERNIKH TDK DITENTUKAN UNT WAKTU TERTENTU KEWAJIBAN MEMBAYAR MASKAWIN KEWAJIBAN MEMBAYAR MASKAWIN KEBEBASAN MENGAJUKAN SYARAT DLM AKAD NIKAH KEBEBASAN MENGAJUKAN SYARAT DLM AKAD NIKAH TANGGUNGJAWAB PIMPINAN KELUARGA PADA SUAMI TANGGUNGJAWAB PIMPINAN KELUARGA PADA SUAMI BERGAUL DG BAIK DLAM KEHIDUPAN RUMAH TANGGA BERGAUL DG BAIK DLAM KEHIDUPAN RUMAH TANGGA PRINSIP-PRINSIP PERNIKAHAN

8 8 Empat pertimbangan: kekayaan; nasab/ status sosial; kecantikan; kekuatn agama. Keberuntungan jika pertimbangan pd kekuatan agama (HR Bukhari dr Abu hurairah) Empat pertimbangan: kekayaan; nasab/ status sosial; kecantikan; kekuatn agama. Keberuntungan jika pertimbangan pd kekuatan agama (HR Bukhari dr Abu hurairah) Pertimbangan kecantikan menjrumuskan pd kerendahan budi;pertmbngn kekayaan akan menarik pd perbuat tdk pantas; pertimbng kekuatan agama lbh utama (hr ibnu majah) Pertimbangan kecantikan menjrumuskan pd kerendahan budi;pertmbngn kekayaan akan menarik pd perbuat tdk pantas; pertimbng kekuatan agama lbh utama (hr ibnu majah) Lakukan istikharah sebagaiman disunahkan rasulullah saw Lakukan istikharah sebagaiman disunahkan rasulullah saw MEMILIH JODOH

9 9 KHITBAH (MEMINANG )  T TDK ADA HALANG SYARA’ UNT DINIKAHI SEKETIKA  T TDK SEDANG DLM PEMINANGAN LK2 LAIN  T TDK DLM ‘IDDAH  M MENGENAL SIFAT CALON  M MELIHAT YG DIPINANG

10 10 AKAD NIKAH DAN UNSURNYA Akad nikah: hubungan hk perkw antara mempelai lk dan p yg dilakukan didepan dua saksi lk2 berdasarkan kata sepakat (ijab dan kabul) untuk menimbulkan akibat hukum. Akad nikah: hubungan hk perkw antara mempelai lk dan p yg dilakukan didepan dua saksi lk2 berdasarkan kata sepakat (ijab dan kabul) untuk menimbulkan akibat hukum. Ijab: pernyataan fihak I (P) yg menurut jumhur ulama dinyatakan walinya. Ijab: pernyataan fihak I (P) yg menurut jumhur ulama dinyatakan walinya. Kabul: pernyataan menerima pihak II (lk2) Kabul: pernyataan menerima pihak II (lk2) Akibat hukumnya: lahirnya hak & kwajiban timbal-balik antara kedua mempelai Akibat hukumnya: lahirnya hak & kwajiban timbal-balik antara kedua mempelai Unsur akad nikah: Mempelai lk+p; wali mempelai P; 2 org saksi lk2: sighat ijab dan kabul Unsur akad nikah: Mempelai lk+p; wali mempelai P; 2 org saksi lk2: sighat ijab dan kabul

11 11 Khitbah (meminang) P yg boleh di pinang: tdk ada halangan syara’ unt dinikahi seketika krn tdk ada hub mahram,tdk dlm hub pernikahan dan sedang tdk menjalani idah talak raj’I; tdk sedang dalam peminangan lk2 lain P yg boleh di pinang: tdk ada halangan syara’ unt dinikahi seketika krn tdk ada hub mahram,tdk dlm hub pernikahan dan sedang tdk menjalani idah talak raj’I; tdk sedang dalam peminangan lk2 lain Meminang p dlm idah Meminang p dlm idah Meminang p yg sedang dipinang Meminang p yg sedang dipinang Melihat perempuan yg di pinang Melihat perempuan yg di pinang Mengenal sifat calon mempelai Mengenal sifat calon mempelai

12 12 Sighat ijab dan kabul Sighah dengan bahasa yg dipahami kedua pihak, pd dasarnya dengan lisan, boleh dengan tulisan atau isyarat Sighah dengan bahasa yg dipahami kedua pihak, pd dasarnya dengan lisan, boleh dengan tulisan atau isyarat Dilakukan dlm satu majlis Dilakukan dlm satu majlis Ijab dinyatakan wl P dan kabul dinyatakan calon Lk2. Menurut Hanafi dan hambali boleh ada tempo, menurut imam malik boleh terlambat dlm waktu amat pendek dari ijab; imam syafii hrs langsung Ijab dinyatakan wl P dan kabul dinyatakan calon Lk2. Menurut Hanafi dan hambali boleh ada tempo, menurut imam malik boleh terlambat dlm waktu amat pendek dari ijab; imam syafii hrs langsung Syarat ijab kabul yg perlu disebutkan, yaitu tdk boleh digantungkan kepada suatu syarat; disandarkan pd suatu waktu yg akan datang; dibatasi dengan jangka waktu tertentu Syarat ijab kabul yg perlu disebutkan, yaitu tdk boleh digantungkan kepada suatu syarat; disandarkan pd suatu waktu yg akan datang; dibatasi dengan jangka waktu tertentu Nikah mut’ah (nikah senang2) dan munqathi’ (nikah terputus) haram. HR Ibnu Majah “ wahai umat manusia, dulu pernah aku mengizinkan kamu kawin mut’ah, tetapi ketahuilah Allah telah mengharamkan sampai hari kiamat. Nikah mut’ah (nikah senang2) dan munqathi’ (nikah terputus) haram. HR Ibnu Majah “ wahai umat manusia, dulu pernah aku mengizinkan kamu kawin mut’ah, tetapi ketahuilah Allah telah mengharamkan sampai hari kiamat.

13 13 SIGHAT AKAD DISERTAI SYARAT Pd dasarnya org bebas membuat syarat sepanjang tdk bertentangan dengan syariah, tdk menghalalkan yang haram atau sebaliknya. (al- isra’ 34) HR Bukhari muslim: syarat yg lebih berhak dipenuhi adalah yg berhub dengan pernikahan Pd dasarnya org bebas membuat syarat sepanjang tdk bertentangan dengan syariah, tdk menghalalkan yang haram atau sebaliknya. (al- isra’ 34) HR Bukhari muslim: syarat yg lebih berhak dipenuhi adalah yg berhub dengan pernikahan Syrt yg wajib dipenuhi: termasuk rangkaian ket dan tujuan akad, tdk merubah hk Allah Syrt yg wajib dipenuhi: termasuk rangkaian ket dan tujuan akad, tdk merubah hk Allah Syr yg tdk wajib dipenuhi: Syrt yg bertentangan dg ket2 akad, mis: suami tdk usah memenuhi nafkah,tdk perlu memberi maskawin Syr yg tdk wajib dipenuhi: Syrt yg bertentangan dg ket2 akad, mis: suami tdk usah memenuhi nafkah,tdk perlu memberi maskawin Syrt yg tdk/menguntungkan fihak istri. ulama’ berbeda pendapat. Menurt Abu Hanifah, syafii: syrt itu tdk perlu diperhatikan, tdk wajib dipenuhi. Akad dianggap sah Syrt yg tdk/menguntungkan fihak istri. ulama’ berbeda pendapat. Menurt Abu Hanifah, syafii: syrt itu tdk perlu diperhatikan, tdk wajib dipenuhi. Akad dianggap sah Syart yg dilarg syara’ tdk boleh dipenuhi sama sekali : dlm poligami istri kedua sanggup untuk dinikahi kalau suami menceraikan istri I. tdk halal perempuan dinikah dengan syrt menceraikan istri sebelumnya Syart yg dilarg syara’ tdk boleh dipenuhi sama sekali : dlm poligami istri kedua sanggup untuk dinikahi kalau suami menceraikan istri I. tdk halal perempuan dinikah dengan syrt menceraikan istri sebelumnya

14 14 Syarat yg menguntungkan para pihak org Islam terikat pd syrt yg dibuat, kecuali syarat yg menghalalkan yg haram atau sebaliknya org Islam terikat pd syrt yg dibuat, kecuali syarat yg menghalalkan yg haram atau sebaliknya setiap syart yg tdk disebut dalam kitab adlah syr yg batl meskipun ada seratus syart, oleh krn tdk mengikat setiap syart yg tdk disebut dalam kitab adlah syr yg batl meskipun ada seratus syart, oleh krn tdk mengikat Syarat tsb tdk menguntungkan dan bukan rangkaian ketentuan Syarat tsb tdk menguntungkan dan bukan rangkaian ketentuan

15 15 KEDUDUDKAN HARTA BENDA DLM PERKAWINAN Hk Islam memeberikan hak kpd masing2 suami Istri unt memiliki harta benda secara perseorg yg tdk dpt diganggu oleh pihak lain, seperti: pemberian, warisan dan sebagainya. Hk Islam memeberikan hak kpd masing2 suami Istri unt memiliki harta benda secara perseorg yg tdk dpt diganggu oleh pihak lain, seperti: pemberian, warisan dan sebagainya. Harta bawaan yg telah dimiliki sebelum pernikahan menjadi hak masing-masing. Harta bawaan yg telah dimiliki sebelum pernikahan menjadi hak masing-masing. Ps 35 ayat 1 UU No 1/1974 menegaskan hrt yg diperoleh selama perkawinan menjadi harta bersama. Ps 35 ayat 1 UU No 1/1974 menegaskan hrt yg diperoleh selama perkawinan menjadi harta bersama. Sedangkan dlm Islam termasuk masalah ijtihadiyah. Hb yg dihasilkan dpt dipandang sebagai hrt syirkah antara suami dan Istri Sedangkan dlm Islam termasuk masalah ijtihadiyah. Hb yg dihasilkan dpt dipandang sebagai hrt syirkah antara suami dan Istri

16 16 Hak dan kewajiban istri, suami, anak dalam keluarga Hak dan kewajiban bersama Hak dan kewajiban bersama Hak Istri dan kewajiban suami dan anak Hak Istri dan kewajiban suami dan anak Hak Suami dan kewajiban istri dan anak Hak Suami dan kewajiban istri dan anak Hak anak dan kewajiban suami dan istri Hak anak dan kewajiban suami dan istriReferensinya: Fikih Munakahah, (Qur’an +hadits+ ijtihad) UU No 1 Th 1974 Inpres No 1 tahun 1991

17 17 Putusnya pernikaha n kematian talak fasakh nusus Lian siqaq

18 18 PUTUSNYA PERNIKAHAN 1. KEMATIAN 2. TALAK 3. FASAKH 4. LI’AN

19 19 Putusnya prnkh UU No 1/74 ps 38 kematian perceraian Anak tetap menjadi tgjwb dua pihak Di pengadilan Atas putusan pengadilan HRT PENINGGALANHRT WARISAN KEDK ANAK/ISTRIKEDK HARTA

20 20 Pernkhn putus sejak terjadi kematian Pernkhn putus sejak terjadi kematian Jk tdk halangan syara’ suami atau istri berhak atas harta peninggalan Jk tdk halangan syara’ suami atau istri berhak atas harta peninggalan Harta peninggalan digunakan untuk perawatan jenazah, melunasi hutang, wasiat ( tdk boleh lebih dr 1/3), hibah dan sisanya sebagai harta warisan Harta peninggalan digunakan untuk perawatan jenazah, melunasi hutang, wasiat ( tdk boleh lebih dr 1/3), hibah dan sisanya sebagai harta warisan Istri yg ditinggal oleh suami hrs menjalani masa ‘iddah 4 bl 10 hr. Dlm masa tunggu/bergabung harus berpenampilan sederhana Istri yg ditinggal oleh suami hrs menjalani masa ‘iddah 4 bl 10 hr. Dlm masa tunggu/bergabung harus berpenampilan sederhana Istri tdk boleh di khitbah, dinikah selama dlm masa ‘iddah Istri tdk boleh di khitbah, dinikah selama dlm masa ‘iddah AKIBAT HK PUTUSNYA PERNIKAHAN DAN KEMATIAN KEMATIAN

21 21 Pd dasarnya Islam mempersempit pintu talak (HR Abu Dawud dan Ibnu Majah: hal yg halal dan paling mudah mendatangkan murka Allah adalah talak. HR. Daruquthni: Ciptaan Allah yg paling mudah mendatangkan murkanya adalahah talak. Hadis dari Ali: Nikahlah kamu tetapi jangan suka talak sebab talak itu mengguncangkan arsy) Pd dasarnya Islam mempersempit pintu talak (HR Abu Dawud dan Ibnu Majah: hal yg halal dan paling mudah mendatangkan murka Allah adalah talak. HR. Daruquthni: Ciptaan Allah yg paling mudah mendatangkan murkanya adalahah talak. Hadis dari Ali: Nikahlah kamu tetapi jangan suka talak sebab talak itu mengguncangkan arsy) JIka terjadi nusyus (membangkang/melailaikan kewajib), saling nasehat menasihati,berpisah tidur, diberi pelajaran yg tidak menyakitkan badan. JIka terjadi nusyus (membangkang/melailaikan kewajib), saling nasehat menasihati,berpisah tidur, diberi pelajaran yg tidak menyakitkan badan. Jika tingkat syiqaq (perselisihan yg menghawatirkan bercerai), dicari penyelesaian dg mengangkat hakam (wasit) dari keluarga Istri dan suami, unt mendamaikan Jika tingkat syiqaq (perselisihan yg menghawatirkan bercerai), dicari penyelesaian dg mengangkat hakam (wasit) dari keluarga Istri dan suami, unt mendamaikan Apa bila terpaksa cerai hendaknya dpt rujuk kembali (bilangan talak max 3) Apa bila terpaksa cerai hendaknya dpt rujuk kembali (bilangan talak max 3) JIka terjadi talak hendaknya hub baik hrs senantiasa dipupuk JIka terjadi talak hendaknya hub baik hrs senantiasa dipupuk PEDOMAN TALAK

22 22 SYARAT-SYARAT TALAK Hak talak pada suami, dan istri dpt mengajukan gugatan kepada hakim agar diceraikan oleh suaminya( Mazhab Hanafi: istri dimungkinkan mencearaikan dirinya sendiri apa bila mendapat kuasa dr suaminya/ tafwidl) Hak talak pada suami, dan istri dpt mengajukan gugatan kepada hakim agar diceraikan oleh suaminya( Mazhab Hanafi: istri dimungkinkan mencearaikan dirinya sendiri apa bila mendapat kuasa dr suaminya/ tafwidl) Telah Baligh, khusus untuk suami syarat ini wajib sekalipun nikah dibawah umur dibolehkan baginya Telah Baligh, khusus untuk suami syarat ini wajib sekalipun nikah dibawah umur dibolehkan baginya Berakal sehat. Dengan demikian org yg sedang sakit gila tdk dipandang sah menjatuhkan talak Berakal sehat. Dengan demikian org yg sedang sakit gila tdk dipandang sah menjatuhkan talak Tdk dlm keadaan terpaksa ( Ikhtiyar), benar-benar keluar dr kehendak hati yg bebas dari tekanan. Jika terbukti ada tekanan maka talak dipandang tidak jatuh Tdk dlm keadaan terpaksa ( Ikhtiyar), benar-benar keluar dr kehendak hati yg bebas dari tekanan. Jika terbukti ada tekanan maka talak dipandang tidak jatuh Org dlm keadaan marah, tdk dpt menguasai jiwanya, tdk sepenuhnya sadar akan kata2 yg diucapkan tiba2 menjatuhkan talak maka talaknya tdk dipandang jatuh Org dlm keadaan marah, tdk dpt menguasai jiwanya, tdk sepenuhnya sadar akan kata2 yg diucapkan tiba2 menjatuhkan talak maka talaknya tdk dipandang jatuh

23 23 DASAR NASH TRHD 3 SYARAT TALAK HR Ahmad, Abu Dawud, al-Hakim dari Ali dan Umar: Pena diangkat dari tiga hal: orang yg gila yg benar2 tdk sadar hingga ia sembuh, dari org tidur hingga ia bangun, dari anak2 hingga ia baligh HR Ahmad, Abu Dawud, al-Hakim dari Ali dan Umar: Pena diangkat dari tiga hal: orang yg gila yg benar2 tdk sadar hingga ia sembuh, dari org tidur hingga ia bangun, dari anak2 hingga ia baligh HR. Ibnu Majah, Ibn Hibban, Daruquthni, Thabrani dan al-Hakim dari Ibnu Abbas : Diangkat dari umatku keliru, lupa, dan sesuatu yg dipaksakan kepada mereka. HR. Ibnu Majah, Ibn Hibban, Daruquthni, Thabrani dan al-Hakim dari Ibnu Abbas : Diangkat dari umatku keliru, lupa, dan sesuatu yg dipaksakan kepada mereka. HR Abu Daud : tdk Jatuh talak dari org yg dipaksa HR Abu Daud : tdk Jatuh talak dari org yg dipaksa

24 24 ISTILAH PERCERAIAN DLM QUR’AN Ayat 1 At- Thalaq : Menggunakan istilah Thalaaq Wahai Nabi, apabila kamu mentalak istri2mu hendaklah kamu talak mereka dalam masa yg dapat diperhitungkan masa iddahnya Ayat 1 At- Thalaq : Menggunakan istilah Thalaaq Wahai Nabi, apabila kamu mentalak istri2mu hendaklah kamu talak mereka dalam masa yg dapat diperhitungkan masa iddahnya Ayat 2 at- Thalaq: menggunakan istilah Firaaq. Tahanlah istri2mu itu dengan baik-baik atau pisahkan mereka (fariquhunna) dengan baik-baik pula Ayat 2 at- Thalaq: menggunakan istilah Firaaq. Tahanlah istri2mu itu dengan baik-baik atau pisahkan mereka (fariquhunna) dengan baik-baik pula Ayat 231 al- Baqarah: menggunakan istilah Saraah. Tahanlahistri2mu itu dengan baik, atau lepaskannya mereka ( sarihuuhunna ) dengan baik pula Ayat 231 al- Baqarah: menggunakan istilah Saraah. Tahanlahistri2mu itu dengan baik, atau lepaskannya mereka ( sarihuuhunna ) dengan baik pula

25 25 TALAK SHARIH & TALAK KINAYAH Sharih : ungkapan jelas. Kinayah: ungkapan sindiran Sharih : ungkapan jelas. Kinayah: ungkapan sindiran Menurut Imam syafii kata talak jika disampaiakan termasuk sharih tdk memerlukan niat, sedangkan dg kinayah memerlukan niat Menurut Imam syafii kata talak jika disampaiakan termasuk sharih tdk memerlukan niat, sedangkan dg kinayah memerlukan niat Di Indonesia: Kata talak termasuk sharih, sedangkan kata cerai, pisah dsb dipandang sebagai kinayah Di Indonesia: Kata talak termasuk sharih, sedangkan kata cerai, pisah dsb dipandang sebagai kinayah

26 26 NIAT DALAM TALAK Niat hrs atas dasar kehendak bebas Niat hrs atas dasar kehendak bebas Jumhur ulama menyatakan talak yg sharih tdk disertai niat unt mentalak dipandang jatuh talaknya. Jumhur ulama menyatakan talak yg sharih tdk disertai niat unt mentalak dipandang jatuh talaknya. H R Ahmad, Abu Dawud, Ibnu Majah, Turmudzi dari Abu Hurairah mengajarkan: tiga hal, apabila dilakukan dengan sungguh2, benar2, mempunyai akibat hk, dan apabila dilakukan dg main2 mempunyai akibat hk seperti yg dilakukan dg sungguh2, yaitu:nikah, talak, dan rujuk H R Ahmad, Abu Dawud, Ibnu Majah, Turmudzi dari Abu Hurairah mengajarkan: tiga hal, apabila dilakukan dengan sungguh2, benar2, mempunyai akibat hk, dan apabila dilakukan dg main2 mempunyai akibat hk seperti yg dilakukan dg sungguh2, yaitu:nikah, talak, dan rujuk Ulama mazhab zaidiyah: talak yg dijatuhkan dg niat bermain-main tdk jatuh. Jatuhnya talak hrs ada persesuaian anatara niat dalam hati dan ucapan lisan. Betapapun jelas kata2 yg diucapkan, apabila tdk disertai niat dlm hati maka talaknya tdk jatuh. Ulama mazhab zaidiyah: talak yg dijatuhkan dg niat bermain-main tdk jatuh. Jatuhnya talak hrs ada persesuaian anatara niat dalam hati dan ucapan lisan. Betapapun jelas kata2 yg diucapkan, apabila tdk disertai niat dlm hati maka talaknya tdk jatuh. Ada hadis yg umum bahwa segala amal dipandang sah apabila disertai niat. Dan kaiadah fiqhiyyah: al-umuru bimaqashidiha Ada hadis yg umum bahwa segala amal dipandang sah apabila disertai niat. Dan kaiadah fiqhiyyah: al-umuru bimaqashidiha

27 27 BILANGAN DALAM TALAK Al- Baqarah : ada tiga, dan dijatuhkan secara bertahab, jika dilakukan tiga kali sekaligus dianggap baru sekali. Al- Baqarah : ada tiga, dan dijatuhkan secara bertahab, jika dilakukan tiga kali sekaligus dianggap baru sekali. Pada masa nabi seorang sahabat bernama Rukanah bin Yazid, telah mentalak tiga dlm satu majlis, talak tersebut oleh Rasulullah baru dipandang satu, dan diperintahkan rujuk jika menginginkannya. Pada masa nabi seorang sahabat bernama Rukanah bin Yazid, telah mentalak tiga dlm satu majlis, talak tersebut oleh Rasulullah baru dipandang satu, dan diperintahkan rujuk jika menginginkannya. Khalifah umar bin Khatab menentukan bahwa talak tiga yg dinyatakan dalam satu majlis dipandang jatuh tiga, dengan alasan agar masyarakat tidak akan mudah bermain talak tiga sekaligus, dan dalam rangka menghentikan penyimpangan dlm masyarakat Khalifah umar bin Khatab menentukan bahwa talak tiga yg dinyatakan dalam satu majlis dipandang jatuh tiga, dengan alasan agar masyarakat tidak akan mudah bermain talak tiga sekaligus, dan dalam rangka menghentikan penyimpangan dlm masyarakat UU No 1/1974 pasal 10: Apabila suami dan istri yg telah cerai kawin lagi satu dengan yg lain dan bercerai lagi unt kedua kalinya, diantara mereka tdk boleh dilangsungkan perkawinan lagi, sepanjang hukum masing2 agama dan kepercayaan yang bersangkutan tdk menentukan lain UU No 1/1974 pasal 10: Apabila suami dan istri yg telah cerai kawin lagi satu dengan yg lain dan bercerai lagi unt kedua kalinya, diantara mereka tdk boleh dilangsungkan perkawinan lagi, sepanjang hukum masing2 agama dan kepercayaan yang bersangkutan tdk menentukan lain

28 28 MACAM-MACAM TALAK Talak raj’i: talak yg masih memungkinakan suami untuk merujuk kepada bekas istri tanpa akad nikah baru. Talak pertama atau kedua yg dijatuhkan suami terhadap istri yg sudah pernah dicampuri dan bukan atas permintaan istri yg disertai uang iwad (tebus), selama masih dlm masa ‘iddah. JIka suami akan rujuk tidk perlu ikrar akad nikah lagi Talak raj’i: talak yg masih memungkinakan suami untuk merujuk kepada bekas istri tanpa akad nikah baru. Talak pertama atau kedua yg dijatuhkan suami terhadap istri yg sudah pernah dicampuri dan bukan atas permintaan istri yg disertai uang iwad (tebus), selama masih dlm masa ‘iddah. JIka suami akan rujuk tidk perlu ikrar akad nikah lagi Talak bain: talak yg tidak memungkinkan suami rujuk kepada bekas istrinya kecuali dengan melakukan akad nikah baru Talak bain: talak yg tidak memungkinkan suami rujuk kepada bekas istrinya kecuali dengan melakukan akad nikah baru Takak bain sughra/kecil:a. talak satu atau dua yg dijatuhkan kepada istri yang belum pernah dikumpuli;b. talak satu atau dua yg dijatuhkan atas permintaan istridg membayar iwad; c. talak satu atau dua yg dijatuhkan kepada istri yg pernah dikumpuli bukan atas permintaanya dan tanpa membayar iwad setelah habis masa iddahnya. Takak bain sughra/kecil:a. talak satu atau dua yg dijatuhkan kepada istri yang belum pernah dikumpuli;b. talak satu atau dua yg dijatuhkan atas permintaan istridg membayar iwad; c. talak satu atau dua yg dijatuhkan kepada istri yg pernah dikumpuli bukan atas permintaanya dan tanpa membayar iwad setelah habis masa iddahnya. Talak bain kubro/besar: talak yg dijatuhkan 3 kali, tdk boleh rujuk kembali, kecuali setelah istrinya itu melakukan perkawibnan dg laki-laki lain dan telah melakukan persetubuhan kemudian terjadi perceraian. Dengan catatan tidak ada rekayasa sebelumnya. Talak bain kubro/besar: talak yg dijatuhkan 3 kali, tdk boleh rujuk kembali, kecuali setelah istrinya itu melakukan perkawibnan dg laki-laki lain dan telah melakukan persetubuhan kemudian terjadi perceraian. Dengan catatan tidak ada rekayasa sebelumnya. HR. Ahmad, Abu Dawud, Tirmidzi, Nasai dan Ibnu Majah dari ali memperingatkan: Allah mengutul laki2 muhallil dan laki2 yg menyuruh org lain kawin sebagai muhallil. HR. Ahmad, Abu Dawud, Tirmidzi, Nasai dan Ibnu Majah dari ali memperingatkan: Allah mengutul laki2 muhallil dan laki2 yg menyuruh org lain kawin sebagai muhallil.

29 29 TALAK DENGAN ILLA’ illa’ adalah sumpah unt tdk mengumpuli istrinya selama 4 bulan atau lebih dg Asma Allah, atau dg salah satu sifat dari siafat Allah, atau dg suatu ta’lik yg amat sukar terlaksana apabila suami mengumpuli Istri illa’ adalah sumpah unt tdk mengumpuli istrinya selama 4 bulan atau lebih dg Asma Allah, atau dg salah satu sifat dari siafat Allah, atau dg suatu ta’lik yg amat sukar terlaksana apabila suami mengumpuli Istri Dasar hukum; Q 2: Dasar hukum; Q 2: Akibat hknya: a. Menurut Imam Abu Hanifah: jika melebihi 4 bl maka jatuhlah talak satu dan termasuk talak bain sughra, apabila hendak kembali pd istri hrs nikah baru lagi. B. Menurut Imam Malik, syafii dan Ahmad : tdk dengan sendirinya jatuh talaknya apa bila sdh 4 bl, namun suami diperintahkan unt memilih, jika kembali pd istri dia hrs menarik sumpahnya, atu menyatakan talak. Jika tdk mau menentukan maka hakimlah yg menyatakan talak atas istri Akibat hknya: a. Menurut Imam Abu Hanifah: jika melebihi 4 bl maka jatuhlah talak satu dan termasuk talak bain sughra, apabila hendak kembali pd istri hrs nikah baru lagi. B. Menurut Imam Malik, syafii dan Ahmad : tdk dengan sendirinya jatuh talaknya apa bila sdh 4 bl, namun suami diperintahkan unt memilih, jika kembali pd istri dia hrs menarik sumpahnya, atu menyatakan talak. Jika tdk mau menentukan maka hakimlah yg menyatakan talak atas istri

30 30 FASAKH DALAM PERNIKAHAN Fasakh adalah merusak atau membatalkan hubungan perkawinan yg telah berlangsung Fasakh adalah merusak atau membatalkan hubungan perkawinan yg telah berlangsung Fasakh terjadi karena; a. terdapat hal2 yg membatalkan akad nikah. b. karena suatu hal yg dialami sesudah akad nikah dilaksanakan Fasakh terjadi karena; a. terdapat hal2 yg membatalkan akad nikah. b. karena suatu hal yg dialami sesudah akad nikah dilaksanakan Contoh : a. hubungan susuhan, Istri masih mempunyai hub perkawinan dg yg lain, masih dlm masa iddah. b. Murtad, Semula sama2 non muslim kemudian suami masuk Islam, Suami zina dg ibu atau anak istri, istri melakukan zina dg ayah atau anak suami. Contoh : a. hubungan susuhan, Istri masih mempunyai hub perkawinan dg yg lain, masih dlm masa iddah. b. Murtad, Semula sama2 non muslim kemudian suami masuk Islam, Suami zina dg ibu atau anak istri, istri melakukan zina dg ayah atau anak suami. Fasak memerlukan keputusan pengadilan disebabkan karena hal2 yg tidak jelas, contoh istri musrikh menolak masuk islam atau ahli kitab. Fasak memerlukan keputusan pengadilan disebabkan karena hal2 yg tidak jelas, contoh istri musrikh menolak masuk islam atau ahli kitab. Fasakh yg terjadi atas kekuatan hk ialah faskh disebabkan oleh hal2 yg jelas,seperti ada hubungan mahram Fasakh yg terjadi atas kekuatan hk ialah faskh disebabkan oleh hal2 yg jelas,seperti ada hubungan mahram

31 31 FASAKH PERMINTAAN ISTRI DG KEPUTUSAN PENGADILAN Suami sakit gila Suami sakit gila Suami menderita penyakit menular dan tidak dapat diharapkan sembuh Suami menderita penyakit menular dan tidak dapat diharapkan sembuh Suami tdk mampu atau kehilangan kemampuan unt melakukan hub kelamin krn impoten dll. Suami tdk mampu atau kehilangan kemampuan unt melakukan hub kelamin krn impoten dll. Suami jth miskin hingga tdk bisa memenuhi kewajiban Suami jth miskin hingga tdk bisa memenuhi kewajiban Istri merasa tertipu, baik mengenai nasab, kekayaan atau kedudukan suami Istri merasa tertipu, baik mengenai nasab, kekayaan atau kedudukan suami Suami mafqud (hilang) yg cukup lama Suami mafqud (hilang) yg cukup lama

32 32 FASAKH PERMINTAAN SUAMI DG KEPUTUSAN PENGADILAN Suami tertipu dg kegadisannya Suami tertipu dg kegadisannya Tertipu dg rambut indah kenyataannya rambut palsu Tertipu dg rambut indah kenyataannya rambut palsu Istri mengaku anak kandung, ternyata anak pungut/angkat Istri mengaku anak kandung, ternyata anak pungut/angkat Suami menjumpai pd istrinya terdapat hal2 yg tdk mungkin mendatangkan ketentraman Suami menjumpai pd istrinya terdapat hal2 yg tdk mungkin mendatangkan ketentraman

33 33 AKIBAT HUKUM FASAKH Istri tdk dpt dirujuk kembali, apabila mau kembali hrs akad nikah baru Istri tdk dpt dirujuk kembali, apabila mau kembali hrs akad nikah baru Fasakh tdk akan mengurangi bilangan talak menjadi hak suami Fasakh tdk akan mengurangi bilangan talak menjadi hak suami

34 34 SUMPAH LI’AN Sumpah la’nat, yaitu sumpah yg didalamnya terdapat pernyataan bersedia menerima laknat Allah. Sumpah la’nat, yaitu sumpah yg didalamnya terdapat pernyataan bersedia menerima laknat Allah. Dasar hukum: S An-Nur : 6-9 Dasar hukum: S An-Nur : 6-9 Terjadi karena suami/istri menuduh salah satunya berbuat zina padahal tdk mempunyai saksi kecuali dirinya sendiri, seharusnya penuduh dikenakan hukuman menuduh zina tanpa saksi yg cukup ( 80 kali dera). Terjadi karena suami/istri menuduh salah satunya berbuat zina padahal tdk mempunyai saksi kecuali dirinya sendiri, seharusnya penuduh dikenakan hukuman menuduh zina tanpa saksi yg cukup ( 80 kali dera). Sumpah li’an: sumpah untuk mengindari hukuman menuduh zina Sumpah li’an: sumpah untuk mengindari hukuman menuduh zina Caranya suami bersumpah 4 X menyatakan demi Allah bhw istri berbuat zina dan saya pada pihak yg benar, dan anak yg dilahirkan adalah hasil zina bukan anak sy. 1X saya bersedia menerima laknat Allah apabila ternyata saya dipihak yg berdusta Caranya suami bersumpah 4 X menyatakan demi Allah bhw istri berbuat zina dan saya pada pihak yg benar, dan anak yg dilahirkan adalah hasil zina bukan anak sy. 1X saya bersedia menerima laknat Allah apabila ternyata saya dipihak yg berdusta

35 35 AKIBAT HUKUM SUMPAH LI’AN Suami terhindar dari hukuman zina (qadzaf) Suami terhindar dari hukuman zina (qadzaf) Dilakukan hukuman zina terhadap istri Dilakukan hukuman zina terhadap istri Hub perkawinan putus Hub perkawinan putus Anak yg lahir hanya bernasab pada ibunya Anak yg lahir hanya bernasab pada ibunya Istri menjadi haram selamanya terhadap suami, tdk dapat dinikahi lagi Istri menjadi haram selamanya terhadap suami, tdk dapat dinikahi lagi

36 36 SUMPAH LI’AN ISTRI ATAS TUDUHAN SUAMI Istri dapat terhindar hk zina apabila bersedia menyatakan sumpah li’an Istri dapat terhindar hk zina apabila bersedia menyatakan sumpah li’an Caranya istri bersumpah 4 X menyatakan demi Allah bhw suamiku ini dlm menuduh yasa berbuat zina dipihak yg berdusta, 1X saya bersedia menerima laknat Allah apabila ternyata suamiku dipihak yg benar Caranya istri bersumpah 4 X menyatakan demi Allah bhw suamiku ini dlm menuduh yasa berbuat zina dipihak yg berdusta, 1X saya bersedia menerima laknat Allah apabila ternyata suamiku dipihak yg benar Setelah 4x ucapan sumpah terlebih dahulu dinasihati hakim Setelah 4x ucapan sumpah terlebih dahulu dinasihati hakim

37 37 MASALAH2 AKTUAL DALAM PERNIKAHAN Kedudukan anak ( Azhar, 105, ) At- tahrim 6, al-luqman dan an-nisa 9) Kedudukan anak ( Azhar, 105, ) At- tahrim 6, al-luqman dan an-nisa 9) Bayi tabung ( zuhdi, masailul fiqhiyyah ) Bayi tabung ( zuhdi, masailul fiqhiyyah ) Adopsi ( zuhdi, hl 25, Azhar, ) Adopsi ( zuhdi, hl 25, Azhar, ) Aborsi (zuhdi hal 74) Aborsi (zuhdi hal 74) Keluarga Berencana (masjfuk zuhdi, masailul fiqhiyyah, hl; 49-62, Azhar ) Keluarga Berencana (masjfuk zuhdi, masailul fiqhiyyah, hl; 49-62, Azhar ) Materi UAS : Bk Azhar, dari putusnya perkawinan – KB) Materi UAS : Bk Azhar, dari putusnya perkawinan – KB)

38 38 Kasus bayi tabung di Amerika Mary Beth Whitehead di mejahijaukan karena tdk mau menyerahkan bayinya kepada keluarga Wiiliam Stern sesuai dengan kontrak yang telah dilakukan. Setelah melalui proses peradilan MA memutuskan, keluarga Mary harus menyerahkan bayi tabungnya kepada Williem sesuai dg kontrak yg dianggap sah menurut hk disana (Kompas, 2 april 1987 Mary Beth Whitehead di mejahijaukan karena tdk mau menyerahkan bayinya kepada keluarga Wiiliam Stern sesuai dengan kontrak yang telah dilakukan. Setelah melalui proses peradilan MA memutuskan, keluarga Mary harus menyerahkan bayi tabungnya kepada Williem sesuai dg kontrak yg dianggap sah menurut hk disana (Kompas, 2 april 1987

39 39 Pendapat ulama/rahaniawan ttg Bayi tabung (inseminasi buatan) Trajih Muhammadiyah pada muktamar 1980: mengharamkan bayi tabung dengan donor sperma Trajih Muhammadiyah pada muktamar 1980: mengharamkan bayi tabung dengan donor sperma Lembaga fiqih Islam OKI pada sidang di Aman 1986: Mengharamkan bayi tabung dg sperma atau ovum donor Lembaga fiqih Islam OKI pada sidang di Aman 1986: Mengharamkan bayi tabung dg sperma atau ovum donor Vatikan, 1987, kompas 12/3/1987: mengecam keras pembuahan buatan,bayi tabung, ibu titipan, dan seleksi jenis kelamin anak, karena dipandang tak bermoral dan bertentangan dengan harkat manusia Vatikan, 1987, kompas 12/3/1987: mengecam keras pembuahan buatan,bayi tabung, ibu titipan, dan seleksi jenis kelamin anak, karena dipandang tak bermoral dan bertentangan dengan harkat manusia

40 40 Bayi tabung masalah ijtihadiyyah Suami Istri benar- benar memerlukan keturunan dg insiminasi buatan, krn dg cara alami tidak berhasil Suami Istri benar- benar memerlukan keturunan dg insiminasi buatan, krn dg cara alami tidak berhasil Al- ha’jatu tanzilu manzilata adh-dharu’rati Al- ha’jatu tanzilu manzilata adh-dharu’rati wa adh-dharuratu tubi’hu al- mahdhu’ra’ti (hajat- kebutuhan yg sangat penting itu diperlakukan seperti keadaan terpaksa. Padahal keadaan darurat membolehkan melakkuan hl yg terlarang). wa adh-dharuratu tubi’hu al- mahdhu’ra’ti (hajat- kebutuhan yg sangat penting itu diperlakukan seperti keadaan terpaksa. Padahal keadaan darurat membolehkan melakkuan hl yg terlarang). Dibolehkan, apabila dilakukan dg sel sperma dan ovum suami istri sendiri dan tdk di transfer embrionya ke dlm rahim wanita lain termasuk istrinya sendiri yg lain. Baik dg cara mengambil sperma suami, kemudian disuntikkan kedlm vagina atau uterius Istri, maupun dg cara pembuahan dilakukan diluar rahim, kemudian buahnya (vertilized ovum) di tanam di dlm rahim istri. Dibolehkan, apabila dilakukan dg sel sperma dan ovum suami istri sendiri dan tdk di transfer embrionya ke dlm rahim wanita lain termasuk istrinya sendiri yg lain. Baik dg cara mengambil sperma suami, kemudian disuntikkan kedlm vagina atau uterius Istri, maupun dg cara pembuahan dilakukan diluar rahim, kemudian buahnya (vertilized ovum) di tanam di dlm rahim istri. Dilarang, kalau insiminasi buatan dilakukan dengan bantuan donor sperma dan atau ovum. Hukumnya sama dg zina (prostitusi). Akibat hkmnya, anak hasil insiminasi tdk sah dan nasabnya hanya berhub dg ibu yg melahirkan ( Mahmud Syaltut, al- fatawa, cairo.) Dilarang, kalau insiminasi buatan dilakukan dengan bantuan donor sperma dan atau ovum. Hukumnya sama dg zina (prostitusi). Akibat hkmnya, anak hasil insiminasi tdk sah dan nasabnya hanya berhub dg ibu yg melahirkan ( Mahmud Syaltut, al- fatawa, cairo.)

41 41 Dalil syar’i sebagai dasar insiminasi buatan dg donor Lihat Al- Baqarah ayat 70, at-tin ayat 4. thaha ayat 53, al-nur 45, at-thariq 6. Manusia makhluk yg dimuliakan Allah. Insiminasi bauatn dg donor pd hakekatnya merendahkan harkat manusia (human dignity) Lihat Al- Baqarah ayat 70, at-tin ayat 4. thaha ayat 53, al-nur 45, at-thariq 6. Manusia makhluk yg dimuliakan Allah. Insiminasi bauatn dg donor pd hakekatnya merendahkan harkat manusia (human dignity) la’ yahillu limri in yu’minu billahi wal yaumil a’khiri an yasqiya ma’ahu zar’a ghairihi (HR Abu daud, Tirmidzi, & ibnu hibban) la’ yahillu limri in yu’minu billahi wal yaumil a’khiri an yasqiya ma’ahu zar’a ghairihi (HR Abu daud, Tirmidzi, & ibnu hibban) Kaidah fiqhiyah: dar’ul mafa’sid muqaddamun ‘ala jalbil almashalih (menghindari madharat harus dihindarkan atas mencari/menarik maslahah/kebaikan) Kaidah fiqhiyah: dar’ul mafa’sid muqaddamun ‘ala jalbil almashalih (menghindari madharat harus dihindarkan atas mencari/menarik maslahah/kebaikan)

42 42 Mafsadah insiminasi buatan Percampuran nasab, pdhal Islam menjaga kesucian, kehurmatan dan kemurnian nasab, krn berkaiatan dengan ke-mahram an Percampuran nasab, pdhal Islam menjaga kesucian, kehurmatan dan kemurnian nasab, krn berkaiatan dengan ke-mahram an Bertentangan dg sunatullah atau hukum alam Bertentangan dg sunatullah atau hukum alam Insiminasi pd hakikatnya sama dg prostitusi/zina, karena terjadi percampran sperma dan ovum tanpa perkawinan yg sah Insiminasi pd hakikatnya sama dg prostitusi/zina, karena terjadi percampran sperma dan ovum tanpa perkawinan yg sah Kehadiran anak bisa menjadi sumber konflik, terutama bayi tabung dg bantuan donor, yg bisa beda sifat fisik dan karakter mental Kehadiran anak bisa menjadi sumber konflik, terutama bayi tabung dg bantuan donor, yg bisa beda sifat fisik dan karakter mental Bayi tabung tanpa proses kasih sayang yg alami, terutama dg titipan yg harus menyerahkan kepada suami istri yg punya benih sesuai dg kontrak ( luqman 14, al- ahqaf ayat 15) Bayi tabung tanpa proses kasih sayang yg alami, terutama dg titipan yg harus menyerahkan kepada suami istri yg punya benih sesuai dg kontrak ( luqman 14, al- ahqaf ayat 15)

43 43 Adopsi Mengambil anak org lain untuk diasuh dan dididik dg penuh perhatian dan kasih sayang, dan diperlakukan oleh org tua angkatnya seperti anak sendiri, tanpa memberi status anak kandung kepadanya Mengambil anak org lain untuk diasuh dan dididik dg penuh perhatian dan kasih sayang, dan diperlakukan oleh org tua angkatnya seperti anak sendiri, tanpa memberi status anak kandung kepadanya Mengambil anak orang lain untuk diberi status sebagai anak kandung sehingga ia berhak memakai nasab org tua angkatnya dan mewarisi harta peninggalannya, dan hak-hak lainnya sebagai hub anak dg org tuanya. Mengambil anak orang lain untuk diberi status sebagai anak kandung sehingga ia berhak memakai nasab org tua angkatnya dan mewarisi harta peninggalannya, dan hak-hak lainnya sebagai hub anak dg org tuanya.

44 44 Pandangan Islam ttg Adopsi/ tabanni Mengangkat anak org lain dg status seperti anak kandung dilarang ( al- ahzab 37 - tentang kisah zaid dan zainab) Mengangkat anak org lain dg status seperti anak kandung dilarang ( al- ahzab 37 - tentang kisah zaid dan zainab) Dibolehkan, selama anak angkat tersebut tdk diberi status sebagai anak kandung sendiri, yg mempunyai hub kewarisan dll. Dan tidak memutuskan hub nasab dengan orang tua kandungnya. Dibolehkan, selama anak angkat tersebut tdk diberi status sebagai anak kandung sendiri, yg mempunyai hub kewarisan dll. Dan tidak memutuskan hub nasab dengan orang tua kandungnya.

45 45 Keluarga Berencana (KB) KB: Keluarga Berencana: Family planning, atau planned parenthood KB: Keluarga Berencana: Family planning, atau planned parenthood KB dititik beratkan pd perencanaan, pengaturan dan pertanggungjawaban KB dititik beratkan pd perencanaan, pengaturan dan pertanggungjawaban Tandhi’mun-nasl (pengaturan keturunan/ kelahiran Tandhi’mun-nasl (pengaturan keturunan/ kelahiran Tahdi’dun- nasl (pembatasan kelahiran atau birth control), penghapusan kelahiran Tahdi’dun- nasl (pembatasan kelahiran atau birth control), penghapusan kelahiran Birth control bisa mempunyai konotasi yg negatif, krn bisa mencakup kontrasepsi, sterilisasi, aborsi dan penundaan kawin sampai usia lanjut unt mengatasi fertility of men dan fertility of soil : kesuburan manusia/ tanah Birth control bisa mempunyai konotasi yg negatif, krn bisa mencakup kontrasepsi, sterilisasi, aborsi dan penundaan kawin sampai usia lanjut unt mengatasi fertility of men dan fertility of soil : kesuburan manusia/ tanah

46 46 Islam dan KB Tdk ada nash yg sharih ( clear statement) Tdk ada nash yg sharih ( clear statement) Qaidah fiqhiyyah: al- ashlu fil asy-ya’I wal- af’ali al- iba’hah hatta yadullu ad- dali’lu ‘ala tahrimiha Qaidah fiqhiyyah: al- ashlu fil asy-ya’I wal- af’ali al- iba’hah hatta yadullu ad- dali’lu ‘ala tahrimiha Hukumnya bisa mubah, sunnah, wajib, makruh dan haram Hukumnya bisa mubah, sunnah, wajib, makruh dan haram Kaidah fiqhiyyah: taghayyurul- ahkam bi taghayyuril- azminati wal amkinati wal ahwali Kaidah fiqhiyyah: taghayyurul- ahkam bi taghayyuril- azminati wal amkinati wal ahwali LIhat surat 4:9, 2:233, luqman:13, al- ahqaf 15 yg intinya: terpeliharanya kesehatan ibu dan anak, terjamin keslamatan jiwa, kesehatan jasmani dan rahani, terpeliharanya pendidikan, dan terpeliharanya keyakinan agama. LIhat surat 4:9, 2:233, luqman:13, al- ahqaf 15 yg intinya: terpeliharanya kesehatan ibu dan anak, terjamin keslamatan jiwa, kesehatan jasmani dan rahani, terpeliharanya pendidikan, dan terpeliharanya keyakinan agama.

47 47 Abortus & menstrual regulation Abortus: Pengakhiran kehamilan atau hasil konsepsi sebelun janin dapat hidup diluar kandungan atau pengeluaran hasil konsepsi dari rahim sebelum waktunya (sebelum lahir secara alamiyah) Abortus: Pengakhiran kehamilan atau hasil konsepsi sebelun janin dapat hidup diluar kandungan atau pengeluaran hasil konsepsi dari rahim sebelum waktunya (sebelum lahir secara alamiyah) M R: pengaturan menstruasi yg dilakukan wanita yg merasa terlambat waktu menstruasi dan berdasrkan hasil lab positif dan mulai mengandung. Kemudian ia minta digugurkan M R: pengaturan menstruasi yg dilakukan wanita yg merasa terlambat waktu menstruasi dan berdasrkan hasil lab positif dan mulai mengandung. Kemudian ia minta digugurkan Dua macam abortus: Dua macam abortus: a. abortus artificialis therapicus: aborsi yang dilakukan oleh dokter atas dasar indikasi medis. Mis, jika kehamilan diteruskan akan membahayakan jiwa a. abortus artificialis therapicus: aborsi yang dilakukan oleh dokter atas dasar indikasi medis. Mis, jika kehamilan diteruskan akan membahayakan jiwa b. abortus provocatus criminalis, ialah abortus yang dilakukan tanapa dasar indikasi medis. Mis untuk meniadakan hasil hub seks diluar perkawinan, atau mengahiri kehamilan yg tdk dikehendaki b. abortus provocatus criminalis, ialah abortus yang dilakukan tanapa dasar indikasi medis. Mis untuk meniadakan hasil hub seks diluar perkawinan, atau mengahiri kehamilan yg tdk dikehendaki

48 48 Hukum abortus provocatus criminalis Pasal 229,346,348 dan 349 KUHP, dilarang dan sangsi hukumannya berat, tidak hanya kepada wanita yg menggugurkan, tetapi semua org yg terlibat dlm kejahatan ini dpat dituntut, baik menyuruh, membantu dan melakukan sendiri. Jika dg persetujuan hukumnya 4 th, tanpa persetujuan 12 th, mengakibatkan matinya wanita 15 th, jika dengan persetujuan dan mengakibatkan wanita meninggal 5 th 6 bl Pasal 229,346,348 dan 349 KUHP, dilarang dan sangsi hukumannya berat, tidak hanya kepada wanita yg menggugurkan, tetapi semua org yg terlibat dlm kejahatan ini dpat dituntut, baik menyuruh, membantu dan melakukan sendiri. Jika dg persetujuan hukumnya 4 th, tanpa persetujuan 12 th, mengakibatkan matinya wanita 15 th, jika dengan persetujuan dan mengakibatkan wanita meninggal 5 th 6 bl Jika dilakukan oleh dokter, bidan dan juru obat hukumannya ditamabah 1/3 dan dapt dicabut haknya. Jika dilakukan oleh dokter, bidan dan juru obat hukumannya ditamabah 1/3 dan dapt dicabut haknya.

49 49 Hukum abortus provocatus criminalis menurut hk Islam Pengguguran merupakan suatu kejahatan yg diharamkan, sekalipun janin belum ada ruhnya, sebab sudah ada kehidupan dalam kandungan yg sedang mengalami pertumbuhan unt menjadi makhluk yg harus di hormati dan dilndungi eksistensinya ( mahmud syaltut) Pengguguran merupakan suatu kejahatan yg diharamkan, sekalipun janin belum ada ruhnya, sebab sudah ada kehidupan dalam kandungan yg sedang mengalami pertumbuhan unt menjadi makhluk yg harus di hormati dan dilndungi eksistensinya ( mahmud syaltut) Kecuali bila terpaksa demi melindungi si ibu, maka dibolehkan Kecuali bila terpaksa demi melindungi si ibu, maka dibolehkan Prinsip dlm Islam: Irtikabu akhaffi al- dhararaini wa jibun Prinsip dlm Islam: Irtikabu akhaffi al- dhararaini wa jibun

50 50 YA ALLAH, SESUNGGUHNYA ENGKAU MAHA MENGETAHUI BAHWA DUA HATI KAMI INI TELAH BERKUMPUL UNTUK MENCURAHKAN MAHABBAH KEPADA MU, BERTEMU TAAT KEPADA MU, DAN BERJANJI SETIA MEMBELA SYARIATMU, MAKA KUATKANLAH IKATAN PERTALIAN KAMI. YA ALLAH, ABADIKAN KASIH SAYANG KAMI, TUNJUKKANLAH KAMI JALAN MU DAN PENUHILAH HATI KAMI DENGAN CAHAYA MU YANG TAK PERNAH REDUP, LAPANGKANLAH DADA KAMI DENGAN LIMPAHAN IMAN KEPADA MU DAN KEINDAHAN TAWAKAL KEPADA MU, HIDUPKANLAH DENGAN MA’RIFAT MU, MATIKANLAH DALAM KEADAAN SYAHID DI JALAN MU, SESUNGGUHNYA ENGKAU SEBAIK-BAIK PELINDUNG DAN SEBAIK-BAIK PENOLONG (Hasan Al- Banna)

51 51 Daftar pustaka Abu Ishaq al- Syatibi, 1973,al- muwafaqah fi Usul al- Syariáh, Bairut, Darul al- Ma’rifah. Abu Ishaq al- Syatibi, 1973,al- muwafaqah fi Usul al- Syariáh, Bairut, Darul al- Ma’rifah. Ahmad Azhar Basyir, Hukum Perkawinan Islam, UII Press Ahmad Azhar Basyir, Hukum Perkawinan Islam, UII Press , 1990, Hukum Adat bagi Umat Islam, Yogyakarta, Perpustakaan Fak. Hukum UII, Ali Parman, 1995, Kewarisan dalam Al-Qur’an, Jakarta: Raja Grafindo Persada , 1990, Hukum Adat bagi Umat Islam, Yogyakarta, Perpustakaan Fak. Hukum UII, Ali Parman, 1995, Kewarisan dalam Al-Qur’an, Jakarta: Raja Grafindo Persada Asmuni Abdurrahman, 1982, Hukum Islam dan Tujuannya, Yogyakarta, Sumbangsih Offset. Asmuni Abdurrahman, 1982, Hukum Islam dan Tujuannya, Yogyakarta, Sumbangsih Offset , 1986, Sorotang Terhadap Beberapa Masalah Sekitar Ijtihad, Yogyakarta, IAIN, , 1986, Sorotang Terhadap Beberapa Masalah Sekitar Ijtihad, Yogyakarta, IAIN, Hazairin, 1961, Hukum Kekeluargaan Nasional, Jakarta, Tintamas Hazairin, 1961, Hukum Kekeluargaan Nasional, Jakarta, Tintamas J.N.D. Anderson, 1991, Hukum Islam di Dunia Modern, alih bahasa Machsun Husein, Surabaya, CV. Amarpress J.N.D. Anderson, 1991, Hukum Islam di Dunia Modern, alih bahasa Machsun Husein, Surabaya, CV. Amarpress Munawir Sjadzali, 1988, Reaktualisasi Ajaran Islam dalam Polemik Reaktualisasi Ajaran Islam, Iqbal Abdurrauf Saimima (ed.) Jakarta, Pustaka Panjimas Munawir Sjadzali, 1988, Reaktualisasi Ajaran Islam dalam Polemik Reaktualisasi Ajaran Islam, Iqbal Abdurrauf Saimima (ed.) Jakarta, Pustaka Panjimas Sayid Sabiq, 1990, Fikih Sunnah, Jakarta: Kalam mulia Sayid Sabiq, 1990, Fikih Sunnah, Jakarta: Kalam mulia

52 52 PERATURAN PERUNDANG- UNDANGAN HK PERKAWINAN Undang-undang No 1 Tahun 1974, Tentang Perkawinan Undang-undang No 1 Tahun 1974, Tentang Perkawinan Inpres No 1 Tahun 1991, tentang Kompilasi Hukum Islam ( Buku II tentang hukum kewarisan) Inpres No 1 Tahun 1991, tentang Kompilasi Hukum Islam ( Buku II tentang hukum kewarisan) Undang-undang No 7 Tahun 1989, tentang Peradilan Agama Undang-undang No 7 Tahun 1989, tentang Peradilan Agama

53 53 WASSALAM SELAMAT BERIJTIHAD DAN BERJIHAD MERAIH RIDHA ALLAH SWT

54 54 UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) SEMESTER PENDEK 2008 MATAKULAIH : MUNAKAHAH Perhatikan : 1. Masing-masing jawaban berikan dasar hukumnya baik dari al-qur’an, Hadits, Ijtihad Ulama dan peraturan perundang-undangan di Indonesia 2. Kerjakan 6 dari sembilan soal dibawah ini. Bagaimana cara untuk menentukan jodoh yang tepat dalam Islam Bagaimana cara untuk menentukan jodoh yang tepat dalam Islam Apakah khitbah itu termasuk akad Apakah khitbah itu termasuk akad Sebutkan akibat akibat hukum setelah khitbah Sebutkan akibat akibat hukum setelah khitbah Jelaskan dengan contoh “akibat hukum pembatalan khitbah oleh salah satu fihak atau karena ketentuan syar’I” Jelaskan dengan contoh “akibat hukum pembatalan khitbah oleh salah satu fihak atau karena ketentuan syar’I” Mengapa akad nikah dikatagorikan dalam mistaqan ghalidhan. Mengapa akad nikah dikatagorikan dalam mistaqan ghalidhan. Kapan akad nikah dikatakan batal demi hukum dan dapat dibatalkan Kapan akad nikah dikatakan batal demi hukum dan dapat dibatalkan Jelaskan makna yang terkandung dalam S. Anisa’ ayat 3 jika dikaitkan dengan asas poligami dan monogami. Jelaskan makna yang terkandung dalam S. Anisa’ ayat 3 jika dikaitkan dengan asas poligami dan monogami. Sebutkan pasal dari peraturan perundang-undangan tentang perkawinan yang bertentangan dengan hukum pernikahan Islam Sebutkan pasal dari peraturan perundang-undangan tentang perkawinan yang bertentangan dengan hukum pernikahan Islam Sebutkan macam-macam wali dan kapan dpt digunakan Sebutkan macam-macam wali dan kapan dpt digunakan

55 55 UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) PENDEK 2009 MATAKULAIH : MUNAKAHAH Perhatikan : Masing-masing jawaban berikan dasar hukumnya baik dari al-qur’an, Masing-masing jawaban berikan dasar hukumnya baik dari al-qur’an, Hadits, Ijtihad Ulama dan peraturan perundang-undangan di Indonesia Hadits, Ijtihad Ulama dan peraturan perundang-undangan di Indonesia 1. Perkawinan antar orang yang berlainan agama dan murtadnya salah satu fihak dalam perkawinan akhir-akhir ini meningkat, hal ini disebabkan antara lain minimnya pemahaman terhadap agama dan peraturan perundang-undangan di Indonesia. a. Bagaimana hal tersebut menurut hukum Islam dan menurut hukum a. Bagaimana hal tersebut menurut hukum Islam dan menurut hukum positif yang berlaku di Indonesia positif yang berlaku di Indonesia b. Bagaimana akibat hukum jika salah satu fihak murtad menurut hukum b. Bagaimana akibat hukum jika salah satu fihak murtad menurut hukum Islam Islam 2. Pembatalan khitbah kadang terjadi, namun akibat hukumnya, baik terhadap harta pengikat (peningset) maupun yang telah diserahkan belum banyak yang mengetahuinya. 2. Pembatalan khitbah kadang terjadi, namun akibat hukumnya, baik terhadap harta pengikat (peningset) maupun yang telah diserahkan belum banyak yang mengetahuinya. a. Apakah khitbah termasukj akad a. Apakah khitbah termasukj akad b. Bagaimana akibat hukum terhadap harta pengikat dan maskawin yang b. Bagaimana akibat hukum terhadap harta pengikat dan maskawin yang telah diserahkan telah diserahkan 3. Dalam Al- qur’an, akad nikah termasuk Mistaqan ghalidhan, sehingga perlu hukum khusus (khashah) yang mengaturnya. 3. Dalam Al- qur’an, akad nikah termasuk Mistaqan ghalidhan, sehingga perlu hukum khusus (khashah) yang mengaturnya. a. jelaskan makna dari akad nikah yang dinyatakan mistaqan ghalidhan a. jelaskan makna dari akad nikah yang dinyatakan mistaqan ghalidhan b. sebutkan ayat qur’an yang mengaturnya. b. sebutkan ayat qur’an yang mengaturnya. 4. Peran wali mujbir dimasyarakat kadang menghambat terwujudnya tujuan perkawinan, namun penggunaan wali hakim dan wali muhakkam tidak menjamin juga terwujudnya tujuan perkawinan 4. Peran wali mujbir dimasyarakat kadang menghambat terwujudnya tujuan perkawinan, namun penggunaan wali hakim dan wali muhakkam tidak menjamin juga terwujudnya tujuan perkawinan a.Sebutkan tujuan perkawinan a.Sebutkan tujuan perkawinan b. Siapa yang berhak menjadi wali mujbir dan sebutkan syarat-syarat sahnya penggunaan wali b. Siapa yang berhak menjadi wali mujbir dan sebutkan syarat-syarat sahnya penggunaan wali mujbir mujbir c. Kapan wali muhakkam dan atau wali hakim dapat digunakan c. Kapan wali muhakkam dan atau wali hakim dapat digunakan

56 56 SOAL Bagaimana cara untuk menentukan jodoh yang tepat dalam Islam Bagaimana cara untuk menentukan jodoh yang tepat dalam Islam Apakah khitbah itu termasuk akad Apakah khitbah itu termasuk akad Akibat hukum setelah khitbah Akibat hukum setelah khitbah Akibat hukum pembatalan khitbah oleh salah satu fihak atau karena ketentuan syar’I Akibat hukum pembatalan khitbah oleh salah satu fihak atau karena ketentuan syar’I Mengapa akad nikah dikatagorikan dalam mistaqan ghalidhan. Mengapa akad nikah dikatagorikan dalam mistaqan ghalidhan. Kapan akad nikah dikatakan batal demi hukum dan dapat dibatalkan Kapan akad nikah dikatakan batal demi hukum dan dapat dibatalkan Jelaskan makna yang terkandung dalam S. Anisa’ ayat 3 jika dikaitkan dengan asas poligami dan monogami. Jelaskan makna yang terkandung dalam S. Anisa’ ayat 3 jika dikaitkan dengan asas poligami dan monogami. Sebutkan pasal dari peraturan perundang-undangan tentang perkawinan yang bertentangan dengan hukum pernikahan Islam Sebutkan pasal dari peraturan perundang-undangan tentang perkawinan yang bertentangan dengan hukum pernikahan Islam Sebutkan macam-macam wali dan kapan dpt digunakan Sebutkan macam-macam wali dan kapan dpt digunakan

57 57 SOAL Undang-undang No 1 tahun 1974, sudah saatnya untuk diadakan perbaikan, karena telah terbukti adanya perbedaan mendasar dengan hukum pernikahan Islam Undang-undang No 1 tahun 1974, sudah saatnya untuk diadakan perbaikan, karena telah terbukti adanya perbedaan mendasar dengan hukum pernikahan Islam a. sebutkan dalam hal apa perbedaan- a. sebutkan dalam hal apa perbedaan- perbedaan termasud diatas perbedaan termasud diatas b. Bagimana seharusnya dalam Islam (tunjukkan b. Bagimana seharusnya dalam Islam (tunjukkan dasar al-qur’an, hadis mapun ijtihadnya) dasar al-qur’an, hadis mapun ijtihadnya) Saliyun yang semula beragama Katolik akhirnya masuk Islam karena ingin menikah dengan Atiyah. Ketika khitbah, Saliyun menyerahkan maskawin 100 gram emas kepada atiyah disertai peningset/ ikatan berupa bahan makanan dan uang sebesar Rp 100 juta. Namun seminggu sebelum pernikahan Saliyun murtad. Kemudian, atas kehendak Alim ( ayah Atiyah, sebagai wali mujbir), atiyah dipaksa untuk nikah dengan Radhi yang telah mempunyai Istri dan dua orang anak. Karena Alim tidak sanggup menikahkan sendiri wali nikah diserahkan kepada lebih Naib Saliyun yang semula beragama Katolik akhirnya masuk Islam karena ingin menikah dengan Atiyah. Ketika khitbah, Saliyun menyerahkan maskawin 100 gram emas kepada atiyah disertai peningset/ ikatan berupa bahan makanan dan uang sebesar Rp 100 juta. Namun seminggu sebelum pernikahan Saliyun murtad. Kemudian, atas kehendak Alim ( ayah Atiyah, sebagai wali mujbir), atiyah dipaksa untuk nikah dengan Radhi yang telah mempunyai Istri dan dua orang anak. Karena Alim tidak sanggup menikahkan sendiri wali nikah diserahkan kepada lebih Naib a. Apakah khitbah dan pernikahan yang dilakukan Saliyun kepada Atiyah dianggap sah, jika saliyun masih beragama Katolik. Sebutkan dasar hukum dalam Nash atau perundang-undangan. a. Apakah khitbah dan pernikahan yang dilakukan Saliyun kepada Atiyah dianggap sah, jika saliyun masih beragama Katolik. Sebutkan dasar hukum dalam Nash atau perundang-undangan. b. Bagaimana kedudukan hukum khitbah dan pemberian ( maskawin dan peningset) Saliyun kepada Atiyah setelah Saliyun murtad b. Bagaimana kedudukan hukum khitbah dan pemberian ( maskawin dan peningset) Saliyun kepada Atiyah setelah Saliyun murtad c. Sebutkan syarat-syarat yang membenarkan Alim untuk melakukan ijbar kepada Atiyah untuk di nikahkan dengan Radhi. c. Sebutkan syarat-syarat yang membenarkan Alim untuk melakukan ijbar kepada Atiyah untuk di nikahkan dengan Radhi. d. Bagaimana hukumnya, poligami yang dilakukan Radhi dengan Atiyah menurut hukum Islam dan Undang_undang No 1 tahun 1974 d. Bagaimana hukumnya, poligami yang dilakukan Radhi dengan Atiyah menurut hukum Islam dan Undang_undang No 1 tahun 1974 Pasal UU No 1 Tahun 1974 telah mengatur hak dan kewajiban antara orang tua dan anak, hal ini memberikan penegasan apa yang telah ditentukan dalam al- qur’an maun hadis. Pasal UU No 1 Tahun 1974 telah mengatur hak dan kewajiban antara orang tua dan anak, hal ini memberikan penegasan apa yang telah ditentukan dalam al- qur’an maun hadis. a. Sebutkan isi pasal tersebut dengan bukti ayat qur’an dan hadis yang terkait dengan hak dan kewajiban antara orang tua dan anak. a. Sebutkan isi pasal tersebut dengan bukti ayat qur’an dan hadis yang terkait dengan hak dan kewajiban antara orang tua dan anak. b. Bagaimana pendidikan keluarga, terutama anak menurut surat Luqman ayat 12 sampai ayat 19. b. Bagaimana pendidikan keluarga, terutama anak menurut surat Luqman ayat 12 sampai ayat 19.


Download ppt "1 FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA HUKUM PERKAWINAN ISLAM OLEH AUNUR ROHIM FAQIH,."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google