Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Copywriting Iklan Cetak HEADLINE Headline haruslah menarik, seperti halnya sebuah judul berita, artikel, ataupun novel. Tanpa headline yang menarik, orang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Copywriting Iklan Cetak HEADLINE Headline haruslah menarik, seperti halnya sebuah judul berita, artikel, ataupun novel. Tanpa headline yang menarik, orang."— Transcript presentasi:

1 Copywriting Iklan Cetak HEADLINE Headline haruslah menarik, seperti halnya sebuah judul berita, artikel, ataupun novel. Tanpa headline yang menarik, orang tidak akan memperhatikan bodycopy. Selain menarik, headline juga harus mengandung kebenaran secara logika. Headline "Tips Cantik bagi Wanita" kurang menarik bagi pembaca. Namun, headline "Cara tepat Menjadi cantik dalam 14 hari" merupakan headline yang memukau. Orang akan langsung tertarik membacanya lebih jauh. Namun, headline "Cara tepat menjadi cantik dalam 15 menit" adalah mustahil. Orang tidak tertarik karena menilai adanya kebohongan. Selain pilihan kata yang baik, headline harus ditulis dengan jenis huruf yang mudah dibaca dan huruf yang lebih besar dari bodycopynya. Headline dalam huruf tebal dan ukuran besar, misalnya 72 kurang estetis dan kurang efisien untuk iklan ukuran 2 kolom x 150 mm, disamping tentu saja menghabiskan ruang.

2 Copywriting Iklan Cetak Dari gaya dan struktur kalimatnya headline bisa berbentuk: Pernyataan: Ada Break ada Kit Kat Membuat penasaran: Ternyata ada juga wanita yang jatuh cinta pada dasi. Pertanyaan menggoda: Mengapa gadis-gadis Indonesia memakai pembalut Suction? Mengejutkan: Gunakan Akal Sehat, Pilihan Baru Retorika: Adakah wanita yang tidak ingin Cantik Bujukan: Bila Anda eksekutif cerdik, Anda pasti memilih komputer X. Kekontrasan: The fat to make you thin

3 Copywriting Iklan Cetak BODY COPY Golden Rules of Making Copy 1.Keep it simple : Good copy uses simple words to make a great impact 2.Speak the language of your audiences 3.Cut to the chase 4.Study your market 5.Be perceptive 6.Avoid superlatives/misleading sentences

4 Copywriting Iklan Cetak Menulis Teks Iklan yang Efektif Ringkas. Gunakan kata pendek, familier, kalimat pendek, dan paragraf pendek. Fokus. Tetap fokus pada satu poin utama Spesifik. Jangan buang waktu untuk hal umum. Sampaikan spesifik pesannya maka semakin diperhatikan dan semakin gampang diingat. Personal. Langsung menyapa audiensi sebagai “Anda” bukan “kami atau mereka” Fokus Tunggal. Sampaikan pesan sederhana pada satu ide dan beri dukungan untuk fokus itu. Konversasional. Gunakan bahasa percakapan sehari-hari. Jangan menggunkan kalimat tak lengkap, fragmen pikiran dan kata pendek. Orisinal. Agar teks kuat dan persuatif. Jangan menggunakan frasa advertising lama, pernyataan yang terlalu umum dan bomsastis dan klise. Gunakan variasi. Menambah daya teks visual, hindari teks terlalu panjang Gunakan deskripsi imajinatif. Gunakan bahasa figuratif dan evokatif untuk membangun gambaran dibenak konsumen.

5 Visual Iklan Cetak KONSEP! Konsep dari sebuah iklan harus datang terlebih dahulu. Konsep merupakan gambaran besar dari menciptakan sebuah iklan STORY LINE Untuk mempermudah membuat visual dari konsep ide yang ada, maka buatlah STORY LINE (cerita singkat gambar/visual yang akan dimunculkan dalam lay out iklan) sehingga BIG IDEA dapat dikomunikasikan kepada target audience Kaidah membuat visual iklan yang menarik: -Usahakan visual hanya menggunakan 1 benda saja -Kalau harus 2 benda coba gabungkan -Gunakan copy seminim mungkin tapi tepat guna -Hindari pemakaian elemen elemen yang tidak perlu -Appeal harus tepat sesuai dengan target audience

6 Visual Iklan Cetak Empat tipe iklan yang berperan penting : 1. Jika pesannya rumit, kata dapat lebih spesifik ketimbang visual karena dapat dibaca berkali-kali sampai maknanya jelas. 2. Jika iklannya untuk produk yang membutuhkan banyak waktu bagi konsumen untuk mempertimbangkannya, maka makin banyak informasi makin baik. 3. Jika informasinya membutuhkan definisi dan penjelasan, seperti cara kerja ponsel, maka digunakan kata. 4. Jika pesannya menyampaikan kualitas abstrak maka kata cenderung lebih mudah mengkomunikasikan pesannya ketimbang gambar.


Download ppt "Copywriting Iklan Cetak HEADLINE Headline haruslah menarik, seperti halnya sebuah judul berita, artikel, ataupun novel. Tanpa headline yang menarik, orang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google