Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PRESENTED BY HENNY OKTAVIANTI TEORI PERTUMBUHAN DAN PEMBANGUNAN EKONOMI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PRESENTED BY HENNY OKTAVIANTI TEORI PERTUMBUHAN DAN PEMBANGUNAN EKONOMI."— Transcript presentasi:

1 PRESENTED BY HENNY OKTAVIANTI TEORI PERTUMBUHAN DAN PEMBANGUNAN EKONOMI

2 Pertumbuhan Ekonomi Pertumbuhan ekonomi adalah proses kenaikan outpur per kapita dalam jangka panjang. Jadi, ada 2 sisi yang perlu diperhatikan, yaitu: output dan jumlah penduduk. Output per kapita = output total (GDP) : jumlah penduduk. Sehingga, pembahasan pertumbuhan ekonomi mencakup teori petumbuhan GDP total dan teori pertumbuhan penduduk.

3 Pengelompokan Teori Pertumbuhan Mashab Historismus (Friederich List, Bruno Hildebrand, Karl B ϋcher, Walt Wihitman Rostow) Teori-teori klasik (Adam Smith, David Ricardo & Arthur Lewis). Teori-teori modern - Keynes : Harrod-Domar, Kaldor - Neo-klasik : Robert Solow dan Trevor Swan.

4 Friederich List 5 tahap perkembangan ekonomi berdasar cara produksinya: Primitif Beternak Pertanian Pertanian & industri pengolahan (manufacturing) Pertanian, industri pengolahan & perdagangan

5 Bruno Hildebrand & Karl B ϋcher Pemikiran Hildebrand : menekankan evolusi dalam perekonomian masyarakat. Tidak didasarkan pada cara berproduksi atau konsumsi, tetapi didasarkan pada cara distribusi yang digunakan. 3 sistem distribusi : perekonomian barter (natura), perekonomian uang, perekonomian kredit. Pemikiran B ϋcher : ada 3 tahap perkembangan ekonomi: (1) Produksi untuk kebutuhan sendiri, (2) perekonomian kota dimana pertukaran sudah meluas, (3) perekonomian nasional di mana peran pedagang menjadi semakin penting.

6 Rostow 5 tahap proses pembangunan ekonomi: Masyarakat tradisional (the traditional society) Prasyarat untuk tinggal landas (the precondition for take off) Tinggal landas (the take off) Menuju kedewasaan (the drive to maturity) Masa konsumsi tinggi (the age of high mass-consumption) Pembangunan ekonomi bukan hanya berarti perubahan struktur ekonomi suatu negara yang ditunjukkan oleh menurunnya peranan sektor pertanian & peningkatan peranan sektor industri saja tetapi suatu proses dari masyarakat tradisional menuju masyarakat modern yang multidimensional.

7 Adam Smith Proses pertumbuhan ekonomi : Pertumbuhan output total Unsur pokok dari sistem produksi suatu negara:  Sumberdaya alam yang tersedia. sumberdaya alam yang tersedia merupakan batas maksimum bagi pertumbuhan perekonomian. Toeri pertumbuhan output akan berhenti jika semua sumberdaya alam telah digunakan secara penuh.  Sumberdaya manusia (atau jumlah penduduk). jumlah penduduk berperan pasif dalam proses pertumbuhan output. Maksudnya, jumlah penduduk akan menyesuaikan diri dengan kebutuhan akan tenaga kerja dari suatu masyarakat.  Stok barang modal yang ada. unsur produksi yg aktif menentukan tingkat output. Jumlah & tingkat pertumbuhan output tergantung pada laju pertumbuhan stok modal (sampai batas maksimum sumberdaya alam) Pertumbuhan penduduk Jumlah penduduk akan meningkat jika tingkat upah yang berlaku lebh tinggi dari tingkat upah subsisten yaitu tingkat upah yang pas-pasan untuk hidup. Jika tingkat upah di atas subsisten, maka orang akan kawin muda sehingga tingkat kematian menurun dan jumlah kelahiran meningkat. Begitu pula sebaliknya.


Download ppt "PRESENTED BY HENNY OKTAVIANTI TEORI PERTUMBUHAN DAN PEMBANGUNAN EKONOMI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google