Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

FUNGSI BAGIAN2 OTAK. BATANG OTAK (MID BRAIN) Dibagi menjadi area putih dan kelabu (subs. Grisea dan alba) yang mirip dengan medula spinalis 11 dari 12.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "FUNGSI BAGIAN2 OTAK. BATANG OTAK (MID BRAIN) Dibagi menjadi area putih dan kelabu (subs. Grisea dan alba) yang mirip dengan medula spinalis 11 dari 12."— Transcript presentasi:

1 FUNGSI BAGIAN2 OTAK

2 BATANG OTAK (MID BRAIN) Dibagi menjadi area putih dan kelabu (subs. Grisea dan alba) yang mirip dengan medula spinalis 11 dari 12 nervus kranial berasal dari batang otak Nuclei (badan sel neuron) di batang otak mempengaruhi proses-proses dasar utama seperti : - arousal dan tidur - tonus otot - refleks regang - koordinasi pernapasan - kord tekanan darah - modulasi nyeri

3 BAGIAN2 BATANG OTAK Medula Oblongat a Pons Mid Brain Medulla oblongata terdiri atas subs. Kelabu dan putih * Subs. Putih terdiri atas traktus asenden somatosensorik yang membawa informasi ke otak dan traktus desenden membawa informasi dari otak ke medula spinalis. * subs. Kelabu terdiri atas nuclei yang mengontrol fungsi-fungsi involunter seperti tekanan darah, pernapasan, menelan dan muntah. Merupakan tonjolan berbentuk bulbus pada area ventral batang otak, diatas medula dan dibawah mid brain. Fungsi utama sebagai station relay untuk transfer informasi antara serebelum dengan serebrum Mrp Area kecil antara batang otak dan diencephalon. Fungsi utama untuk pergerakan mata, merelay sinyal-sinyal untuk pendengaran dan refleks visual

4

5

6

7

8 DIENSEPHALON TALAM US HIPO TALAM US Terletak antara batang otak dan serebrum, terdiri atas talamus, hipotalamus, hipofisa dan pineal. * menerima persarafan dari sensorik dan traktus optikus, telinga dan medula spinalis, dan informasi motorik dari serebelum. * memproyeksikan serat-serat saraf ke serebelum dimana informasi akan diproses * disebut station relay karena hampir semua informasi akan diproses disini. * Merupakan pusat homeostasis dan pusat berbagai kontrol perilaku seperti lapar dan haus. * Output dari hipotalamus mempengaruhi fungsi-fungsi otonom * Mendapat input dari berbagai sumber seperti korteks serebri, formatio retikularis dan reseptor sensorik.

9 SEREBRUM Merupakan bagian terbesar dari otak, dan mengisi hampir seluruh rongga kranial. * terdiri atas dua hemisfer yang dihubungkan oleh corpus callosum. * mempunyai empat lobus yang dibagi berdasarkan bagian kranial yang melindunginya :frontal,parietal,oksipital dan temporal. * memiliki sulkus (cekungan) yang membentuk girus (tonjolan). * permukaan luar setebal bbrp mm, membentuk gray mater yang disebur korteks serebri. * Neuron-neuron korteks tersusun secara anatomi menjadi kolom-kolom dan lapisan horizontal atau lamina, sebagai area fungsi otak tertinggi (fungsi kognitif).

10 LATERALISASI SEREBRAL


Download ppt "FUNGSI BAGIAN2 OTAK. BATANG OTAK (MID BRAIN) Dibagi menjadi area putih dan kelabu (subs. Grisea dan alba) yang mirip dengan medula spinalis 11 dari 12."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google