Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DELEGASI Mursidah, SP, MM. Unsur-unsur Delegasi 1. Tugas (responsibility) 2. Kekuasaan (authority) 3. Pertanggungjawaban (accountability) 1 & 2 bisa didelegasikan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DELEGASI Mursidah, SP, MM. Unsur-unsur Delegasi 1. Tugas (responsibility) 2. Kekuasaan (authority) 3. Pertanggungjawaban (accountability) 1 & 2 bisa didelegasikan."— Transcript presentasi:

1 DELEGASI Mursidah, SP, MM

2 Unsur-unsur Delegasi 1. Tugas (responsibility) 2. Kekuasaan (authority) 3. Pertanggungjawaban (accountability) 1 & 2 bisa didelegasikan 3 Tdk bisa didelegasikan

3 Tugas-tugas yang didelegasikan a. Dari sudut proses b. Dari sudut bidang

4 Dari Sudut Bidang Tugas manajer berdasarkan bidangnya : Tugas manajer berdasarkan bidangnya : 1. Produksi 2. Personalia 3. Keuangan 4. Tata usaha dan statistik 5. Marketing, dll

5 Dari sudut bidang Fungsi produksi bisa didelegasikan, kecuali technical research, product development, dsb. Fungsi produksi bisa didelegasikan, kecuali technical research, product development, dsb. Fungsi personalia tidak dapat didelegasikan. Fungsi personalia tidak dapat didelegasikan. Fungsi keuangan tidak dapat didelegasikan, kecuali pencatatan (ke bag. adm.) dan penyimpanan (ke kasir). Fungsi keuangan tidak dapat didelegasikan, kecuali pencatatan (ke bag. adm.) dan penyimpanan (ke kasir). Fungsi tata buku dan statistik cenderung tidak didelegasikan. Fungsi tata buku dan statistik cenderung tidak didelegasikan. Fungsi pemasaran yang didelegasikan penjualan/distribusi. Fungsi pemasaran yang didelegasikan penjualan/distribusi. Fungsi pembelian yang didelegasikan dalam hal : Fungsi pembelian yang didelegasikan dalam hal : - Masalah pembelian berbeda-beda antara bagian/daerah yang lain dari suatu perusahaan. - Pembelian dalam jumlah nilai kecil.

6 Delegasi yang efektif 1. Unsur delegasi harus lengkap dan jelas. 2. Manajer harus mendelegasikan kepada orang yang tepat. 3. Manajer yang mendelegasikan harus memberikan peralatan yang cukup dan mengusahakan keadaan sekitar yang efisien. 4. Manajer yang mendeleger harus memberikan insentif.


Download ppt "DELEGASI Mursidah, SP, MM. Unsur-unsur Delegasi 1. Tugas (responsibility) 2. Kekuasaan (authority) 3. Pertanggungjawaban (accountability) 1 & 2 bisa didelegasikan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google