Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU (EMA-401) Integrated Marketing Communication (IMC)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU (EMA-401) Integrated Marketing Communication (IMC)"— Transcript presentasi:

1 KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU (EMA-401) Integrated Marketing Communication (IMC)

2 TUJUAN IMC : Mempengaruhi masyarakat dengan elemen-elemen promosi sampai ketingkat kognisi, affeksi dan konasi.*) Elemen Promosi terbagi atas Soft Sell dan Hard Sell Soft Sell berupa : advertising, public relation, CSR, interactive marketing yang bertujuan untuk mempengaruhi konsumen ke tingkat kognisi dan affeksi.

3 TUJUAN IMC : Hard Sell berupa : personal selling, direct marketing, sales promotion untuk mempengaruhi konsumen kearah konasi

4 KOGNISI : Semua bentuk pengenalan, mengamati, melihat, mempertimbangkan AFFEKSI : Aspek kepribadian berupa perasaan/emosi pada diri individu KONASI : Tingkah laku yang mempunyai tujuan dan impulse untuk berbuat Jadi Konasi merupakan wujud dari Kognisi & Affeksi dalam bentuk tingkah laku, reaksi, berusaha berkemauan

5 CAKUPAN IMC MELIPUTI : 1. Aspek Filosofis, mulai dari visi hingga menjadi sasaran korporat yang jadi pedoman semua fungsi dalam perusahaan 2. Keterkaitan kerja antar fungsi, yaitu operasi, SDM, Litbang, pemasaran, distribusi, penjualan.

6 CAKUPAN IMC MELIPUTI : 3. Menjaga keterpaduan atau integrasi berbagai fungsi tersebut untuk mewujudkan positioning, untuk meraih reputasi yang diharapkan, memelihara interaksi sehingga terjalin hubungan yang kokoh serta menerapkan pemasaran berbasis misi untuk mendongkrak nilai tambah. 4.Memantapkan hubungan untuk membina loyalitas dan memperkuat ekuitas merek

7 MENJAGA KETERPADUAN ANTAR FUNGSI DLM PERUSAHAAN : Menjaga konsistensi positioning supaya mengarah pada reputasi yang diharapkan, dengan cara : - menyebarkan pesan sesuai positioning merek - fokus pada kebutuhan stakeholder - memelihara konsistensi persepsi stakeholder melalui penyampaian pesan yang mencerminkan posisi dan misi - mengupayakan keterpautan standarisasi logo, pesan, dan lainnya Hard Sell berupa : personal selling, direct marketing, sales promotion untuk mempengaruhi konsumen kearah konasi

8 MENJAGA KETERPADUAN ANTAR FUNGSI DLM PERUSAHAAN : Memelihara interaksi komunikasi sehingga terjalin hubungan kokoh dengan stakeholder. Menerapkan pemasaran berbasis misi untuk mendongkrak nilai tambah. Misi perusahaan diwujudkan dengan program pemasaran dan kehumasan.

9 TAHAPAN EVOLUSI DARI IMC 1. TAHAP 1 : Tactical Coordination Fokus pada koordinasi taktis dari berbagai kegiatan pemasaran, elemen komunikasi dan pencapaian konsistensi dan sinergy diantara fungsi-fungsi yang ada. Penekanan kebijaksanaan komunikasi pada “satu suara” melalui Komunikasi Pemasaran TAHAP 2 : Redefining Scope Of Marketing Communication Perencana Marcom memandang komunikasi itu dinamis dan terus menerus mencoba untuk mengontak pelanggan. Aktifitas Marcom meliputi : karyawan pemasaran internal, suppliers dan partener bisnis lainnya yang berhubugan dengan promgram komunikasi eksternal.

10 TAHAP 3 : Application of Information technology Tuntutan untuk penggunaan data empiris pelanggan menggunakan IT untuk data base mengenai identitas,nilai dan memonitor program komunikasi internal dan eksternal yang terintegrasi. Mengintegrasikan data konsumen dari berbagai sumber untuk meningkatkan hubungan dengan pelanggan. TAHAP 4 : Financial and Strategic Integration Menekankan penggunaan ketrampilan dan data di tahap awal untuk perencanaan strategic perusahaan berdasarkan informasi dari pelanggan. Membuat bentuk laporan keuangan yang dapat mengukur tingkat pengembalian investasi yang diharapkan.

11 UNSUR KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU MELIPUTI : Advertising (periklanan) Sales promotion (promosi penjualan) Public relation (hubungan masyarakat) Personal selling (penjualan personal) Direct marketing (pemasaran langsung)


Download ppt "KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU (EMA-401) Integrated Marketing Communication (IMC)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google