Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

A. Islam dan Kesehatan Kesehatan merupakan faktor yang penting dalam pandangan islam yaitu menunjuk pada dua istilah berikut : 1.Kata “Kesehatan” diambil.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "A. Islam dan Kesehatan Kesehatan merupakan faktor yang penting dalam pandangan islam yaitu menunjuk pada dua istilah berikut : 1.Kata “Kesehatan” diambil."— Transcript presentasi:

1

2

3 A. Islam dan Kesehatan Kesehatan merupakan faktor yang penting dalam pandangan islam yaitu menunjuk pada dua istilah berikut : 1.Kata “Kesehatan” diambil dari kata “Sehat” 2.Kata “afiat’, keduanya sering diucapkan dengan “sehat wal afiat”. Dalam kamus bahasa arab afiat diartikan sebagai perlindungan Allah untuk hamba- Nya dari segala macam bencana dan musibah-Nya

4 Kesehatan dibedakan menjadi tiga jenis yaitu : 1.Kesehatan Fisik Dalam konteks kesehatan fisik ini Rasul Allah bersabda “Sesungguhnya badanmu mempunyai hak atas dirimu” (H.R. Bukhari). Selanjutnya wahyu kedua(atau ketiga) yang diterima Nabi Muhammad SAW. Adalah: “Dan bersihkanlah pakaianmu dan tinggalkan segala macam kotoran” (QS. Al-Muddassir/74: 4- 5)

5 2. Tenta ng Gizi Dalam Qur’an surat Abasa/80:24 djelaskan “Hendaklah manusia memperhatikan makanannya”. Kandungan gizi akan difokuskan pada dua hal : a.Halal dan thayyib b.Makanan bayi 3. Kesehatan Mental Al-Qur’an banyak berbicara tentang penyakit jiwa. Istilah “fi qulubihim maradh” berasal dari kata “qalb” atau “qulub” artinya akal dan hati, dan kata “ maradh” artinya penyakit. Seperti yang dijelaskan pada al- Qur’an bahwa ada penyakit yang menimpa hati dan yang menimpa akal.

6 B. Kependudukan dan Lingkungan Hidup 1.Keluarga Berencana Kesejahteraan yang didambakan oleh agama Islam dapat terwujud melalui terciptanya dua unsur, yaitu : a.Anggota keluarga kesemuanya menjalankan tugas-tugasnya dengan baik b.Kecukupan dalam bidang material yang diperoleh dengan cara yang tidak terlalu memberatkan jasmani atau rohani.

7 2. Lingkungan Hidup Beberapa Hadits Rasul Allah yang memberi isyarat perlunya menjaga lingkungan dan kelestarian alam dapat dikelompokkan kedalan empat pelajaran yaitu : a.Tidak seorang muslim pun yang menanam tanaman, kecuali buah atau hasilnya dimakan burung atau manusia, yang demikian itu adalah shadaqah baginya b.Barang siapa yang memperbaiki tanah bukan milik seseorang, maka ia berhak memanfaatkan tanah itu. c.Hindarilah dua macam kutukan, yaitu : membuang kotoran dijalab dan ditempat orang berteduh. d.Janganlah ada diantara kamu yang membuang air kecil pada air yang tergenang, kemudian mandi pula disana.

8 C. Aplikasi Nilai-Nilai Islam dalam Kesehatan Lingkungan 1.Perhatian Islam terhadap Kesehatan dalam riwayat Imam Al Hakim : “Gunakanlah 5 perkara sebelum datang 5 perkara, yaitu ; gunakan hidupmu sebelum datang matimu, gunakan masa sehatmu sebelum datang sakitmu, gunakan masa luangmu sebelum masa sempitmu, gunakan masa mudamu sebelum masa tuamu, gunakan masa kayamu sebelum datang masa fakirmu”.

9 2.Nilai-nilai islam dalam Kesehatan Lingkungan a.Kesehatan Perorangan, termasuk dalam kesehatan perorangan adalah kebersihan badan, pakaian, tempat, bahkan makanan, keadaan suci merupakan syarat mutlak untuk mengerjakan shalat,. b.Kebersihan lingkungan Lingkungan meliputi lingkungan fisik, lingkungan biologi serta lingkungan sosial. Kondisi lingkungan akan mempengaruhi kesehatan manusia untuk itu perlu dilakukan upaya-upaya sebagai berikut : 1)Pengendalian Vektor/serangga 2)Undang-undang karantina 3)Pengelolaan lingkungan

10 1.Sebutkan enam hal yang diajarkan islam pada umatnya untuk dijaga dan dipelihara? 2.Apa arti dari kata sehat “afiat “ menurut bahasa arab? 3.Apa yang dihasilkan dari kebersihan lahiriah ? 4.Apa makna kata al-maidat bait al-abda? 5.Apa arti kata tayyib? 6.Sebutkan penyakit kejiwaan? 7.Sebutkan 4 macam kebahagian yang akan dinikmati seseorang dalam H.R Al-Dailamy 8.Apa arti surat Shad ayat 27? 9.Sebutkan qur’an al-an’am Apa yang disebut dengan Pediculus Humanus Capitis 11.Apa yang disebut dengan Morbus Errorum 12. Sebutkan upaya memeliharan dan mempertahankan lingkungan 13.Apa nama kuman yang mengandung karbohidrat pada sisa makanan yang tertinggal menjadi asam susu 14.Bagaimana cara memelihara fisik dengan menjaga kesehatan 15.Nama ilmiah dari kebersihan lingkungan

11 1. Maksud dari kebersihan adalah bagian dari iman dianggap sebagai hadits yang dhaif(136) 2. Pendapat tentang Kebijakan dalam KB salah satunya tidak menggugurkan kandungan ( 180) 3. Jelaskan 6 hal yang harus dijaga dan dipelihara dalam islam(168) 4. Mengapa perut sebagai sumber utama penyakit (

12 Kunci Jawaban 1.Perlindungan allah dari segala macam bencana dan musibahnya 2.Perut merupakan sumber utama penyakit 3.Baik 4.Acidogenik 5.Environmental Hygiene


Download ppt "A. Islam dan Kesehatan Kesehatan merupakan faktor yang penting dalam pandangan islam yaitu menunjuk pada dua istilah berikut : 1.Kata “Kesehatan” diambil."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google