Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Bpk Purwanto KETERAMPILAN BERTANYA oleh R A H A J U Jl. L.A. Sucipto 22/32 Malang 0341-407607/08155555048.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Bpk Purwanto KETERAMPILAN BERTANYA oleh R A H A J U Jl. L.A. Sucipto 22/32 Malang 0341-407607/08155555048."— Transcript presentasi:

1 Bpk Purwanto KETERAMPILAN BERTANYA oleh R A H A J U Jl. L.A. Sucipto 22/32 Malang /

2 Keterampilan Bertanya Pengertian Jenis-jenis Pertanyaan Komponen Dampak Positif Pertanyaan

3 Keterampilan Bertanya  Pengertian: pernyataan guru yang mendorong siswa untuk berpikir sehingga menemukan atau merumuskan konsep suatu ilmu pengetahuan  Tujuan bertanya:  untuk mengetahui pemahaman dan penguasaan siswa terhadap materi yang dipelajari  untuk membantu siswa berpikir dan bernalar

4 Dampak positif pemberian pertanyaan  Membangkitkan minat dan rasa ingin tahu  Memusatkan perhatian pada masalah  Mengembangkan sikap aktif siswa  Merangsang siswa utk bertanya kpd diri sendiri atau orang lain  Memberi kesempatan utk mengasimilasikan informasi  Mendorong siswa untuk mengemukakan pandangan-pandangannya  Memberi kesempatan belajar mandiri  Mendiagnosis kesulitan belajar

5 Hal-hal yang Harus Diperhatikan HHHHal-hal yang harus dihindari MMMMengulangi pertanyaan sendiri MMMMengulang jawaban siswa MMMMenjawab pertanyaan sendiri MMMMengajukan pertanyaan yg mengundang jawaban serempak MMMMemberikan pertanyaan ganda MMMMenyebut nama siswa sebelum mengajukan pertanyaan  Prinsip-Prinsip Bertanya  Kehangatan dan keantusiasan  Kebervariasian

6 KKKKehangatan dan keantusiasan Hangat dlm mengajukan pertanyaan Antusias dlm menerima jawaban siswa Ditunjukkan: volume suara didengar seluruh siswa, kalimat yang runtut dan teratur, dan diucapkan tidak terlalu cepat  Kebervariasian Tidak langsung mengkritik jawaban siswa Mengubah pertanyaan dengan struktur kalimat Mengubah tuntutan kedalaman materi Memberi pertanyaan bersifat arahan.

7 Jenis-Jenis pertanyaan Pertanyaan ingatan Pertanyaan ingatan Pertanyaan pemahaman Pertanyaan pemahaman Pertanyaan aplikasi Pertanyaan aplikasi Pertanyaan analisis Pertanyaan analisis Pertanyaan sintesis Pertanyaan sintesis Pertanyaan evaluasi Pertanyaan evaluasi

8 Pertanyaan Ingatan  menghendaki siswa untuk mengenal/ mengingat kembali materi telah dipelajari.  Kata tanya: siapa, apa, di mana, kapan, dan sebutkan.  Contoh:  Kapan Candi Borobudur dibangun?  Siapa nama raja yang memerintahkan pembangunan Candi Borobudur?

9 Pertanyaan pemahaman  meminta siswa membuktikan pemahaman mereka dalam mengorganisasikan dan menyusun materi yang dipelajarinya  Kata tanya: uraikan, gambarkan, deskripsikan, bandingkan, sebutkan perbedaan, jelaskan dengan bahasamu sendiri.  Contoh:  Sebutkan perbedaan bahasa yang digunakan dalam surat resmi dan surat pribadi!  Ceritakan kembali dongeng yang baru kalian dengar dengan bahasamu sendiri !

10 Pertanyaan aplikasi  menghendaki jawaban berupa penerapan teori yang dipelajari.  tidak hanya menuntut kemampuan mengingat teori, hukum, atau dalil, tetapi lebih menuntut kemampuan menerapkan/memanfaatkan teori, hukum, atau dalil tersebut dalam penyelesaian suatu masalah.  Contoh:  Tulislah kalimat di bawah ini dengan menggunakan huruf kapital secara benar!

11 Pertanyaan analisis  menghendaki siswa berpikir kritis dan mendalam.  proses berpikir dalam merespon pertanyaan analisis, yaitu: (a) mengidentifikasi, (b) mempertimbangkan, dan (c) mendapatkan bukti- bukti untuk menolak atau menerima kesimpulan atau generalisasi.  Contoh:  Bagaimana karakter tokoh utama dalam cerita ”Si Kancil dan Anjing yang Tamak”?

12 Pertanyaan sintesis  meminta siswa menampilkan pikiran yang murni dan kreatif  menuntut siswa membuat ramalan atau memecahkan masalah.  Contoh:  Apa judul yang tepat untuk bacaan berikut ini!  Tulislah kelanjutan ceritanya! (guru memberikan cerita yang belum selesai kemudian meminta melanjutkan cerita tersebut)

13 Pertanyaan evaluasi  menuntut proses berpikir yang lebih tinggi  tidak memiliki satu jawaban yang benar  siswa dituntut memberikan penilaian/ tanggapan thd persoalan yang ditampilkan.  Contoh:  Bagaimana pendapatmu dengan adanya program “Malang Ijo Royo-Royo”?  Apa pendapatmu ketika melihat temanmu membuang sampah sembarangan?

14 Komponen keterampilan bertanya dasar  Penyampaian jelas dan singkat  Pemberian acuan  Pemberian waktu berpikir  Pindah gilir  Penyebaran  Pemberian tuntunan

15 Komponen keterampilan bertanya lanjut  Pengubahan tingkat kognitif pertanyaan  Pengaturan urutan pertanyaan  Penggunaan pertanyaan pelacak  Peningkatan terjadinya interaksi

16 Malu bertanya sesat di jalan agar tidak tersesat, ayo bertanya


Download ppt "Bpk Purwanto KETERAMPILAN BERTANYA oleh R A H A J U Jl. L.A. Sucipto 22/32 Malang 0341-407607/08155555048."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google