Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Integrasi Ekonomi. 1. Pengertian  Ekonomi integrasi merupakan bagian dari konsep keunggulan komparatif  El-Algraa (1998): integrasi ekonomi mengandung.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Integrasi Ekonomi. 1. Pengertian  Ekonomi integrasi merupakan bagian dari konsep keunggulan komparatif  El-Algraa (1998): integrasi ekonomi mengandung."— Transcript presentasi:

1 Integrasi Ekonomi

2 1. Pengertian  Ekonomi integrasi merupakan bagian dari konsep keunggulan komparatif  El-Algraa (1998): integrasi ekonomi mengandung implikasi adanya penghapusan berbagai restriksi dalam perdagangan antar negara dan digantikan dengan adanya koordinasi dan kerjasama ekonomi yang saling menguntungkan

3 1. Pengertian  Integrasi ekonomi juga mengandung arti adanya pengurangan atau penghapusan berbagai hambatan (restriction) dalam kerjasama ekonomi antar negara. Tujuan utama pembentukan integrasi ekonomi adalah ; 1. mencapai pertumbuhan ekonomi melalui penciptaan perluasan pasar 2. internalisasi increasing return to scale dalam produksi dan konsumsi

4 1. Pengertian 3. meningkatkan standar kehidupan masyarakat antar negara anggota dan mengurangi tingkat disparitas diantara sesama negara anggota 4. meningkatkan status politik negara- negara anggota dalam konstelasi politik dunia, 5. menemukan solusi yang kooperatif dalam permasalahan sosial dan politik diantara negara anggota

5 1. Pengertian  Manfaat integrasi  kesejahteraan di suatu kawasan yaitu harga lebih rendah dan kualitas produk lebih baik.  Oleh karena itu analisis dampak integrasi ekonomi melalui pembentukan kawasan perdagangan bebas sangat penting untuk beberapa alasan.

6 1. Pengertian  Alasan tsb adalah dapat mempengaruhi ukuran, arah dan komposisi dari volume perdagangan antar negara anggota dan volume perdagangan dunia  memformulasikan kebijakan perdagangan internasional.

7 2. CAKUPAN KEGIATAN EKONOMI DALAM INTEGRASI EKONOMI Integrasi ekonomi mencakup 3 hal pokok: 1. perdagangan barang dan jasa 2. Investasi 3. keuangan

8 3. ALASAN DILAKSANAKANNYA INTEGRASI EKONOMI  Menurut Menon (2006:7-8): general factor dan specific factor.  General factor: faktor umum yang menyebabkan banyak negara mengadakan suatu perjanjian perdagangan dalam kawasan regional tertentu. Faktor ini terkait dengan implikasi dari liberalisasi dan globalisasi perekonomian dunia, sehingga menimbulkan persaingan yang ketat dalam merebut pasar bagi produk masing-masing negara.

9 3. ALASAN DILAKSANAKANNYA INTEGRASI EKONOMI  Specific factor terkait dengan faktor-faktor khusus yang melandasi suatu negara mengadakan perjanjain perdagangan dengan negara lain. Specific factor ini dapat dikelompokkan menjadi tiga, yakni economic factor, strategic factor dan event driven factor.

10 4. MANFAAT INTEGRASI EKONOMI Menurut Lipsey (1987:357):  Adanya spesialisasi,  Skala ekonomi,  Perubahan dalam nilai tukar perdagangan  Mendorong efisiensi dan peningkatan persaingan, dan  Mendorong pertumbuhan ekonomi.

11 4. MANFAAT INTEGRASI EKONOMI  Lloyd dan Smith (2004:18) terdapat dua efek dalam proses terjadinya integrasi ekonomi di suatu kawasan, yakni adanya konvergensi dalam harga dan konvergensi dalam pendapatan.  Konvergensi dalam harga barang disebabkan karena perdagangan bebas yang tercipta diantara Negara-negara dalam suatu kawasan akan mendorong efisiensi produksi.

12 4. MANFAAT INTEGRASI EKONOMI  Berbagai cara dilakukan agar produk bisa lebih kompetetif di pasar. Sedangkan konvergensi pendapatan dapat tercipta karena setiap Negara akan mendapatkan kemanfaatan dari integrasi ekonomi melalui pembentukan pasar bersama terhadap produk-produk yang diperdagangkannya.

13 4. MANFAAT INTEGRASI EKONOMI 1. Trade creation effect, perdagangan regional dapat berkembang melalui pengurangan berbagai hambatan dalam perdagangan secara regional sehingga produk dari negara anggota dapat laku di pasar regional.

14 4. MANFAAT INTEGRASI EKONOMI 2. Trade diversion effect, pengurangan hambatan dalam perdagangan yang menyebabkan terjadinya pergeseran dari produk yang dihasilkan oleh negara bukan anggota yang lebih efisien ke negara anggota yang memproduksi kurang efisien.

15 4. MANFAAT INTEGRASI EKONOMI 3. Terms of trade effect, pembentukan common tarrifs dapat menguatkan purchasing power partity masing-masing negara anggota dan mendorong penurunan harga produk impor dari Negara bukan anggota

16 4. MANFAAT INTEGRASI EKONOMI 4. Market expansion effect, pengurangan hambatan perdagangan regional dapat memperluas pasar dan membuka peluang bagi peningkatan ekspor produk di pasar global

17 4. MANFAAT INTEGRASI EKONOMI 5. Competition promotion effect, membuka pasar regional dapat meningkatkan persaingan terhadap pasar domestik dan perluasan pasar.

18 5. Dampak Integrasi Ekonomi:  Chechini (1988): dampak/manfaat makro dan mikroekonomi dari integrasi perekonomian.  Dampak makroekonomi ditunjukkan oleh adanya pengurangan tarif yang membawa konsekuensi pada penurunan biaya perdagangan  mendorong persaingan  mendorong penurunan terhadap harga barang di pasar.

19 5. Dampak Integrasi Ekonomi:  Dampak mikro ekonomi berkaitan dengan penurunan/penghapusan terhadap berbagai hambatan dalam perdagangan internasional  penurunan harga produk di pasar regional  mempengaruhi perbaikan (restructuring) pada industri dalam negeri.

20 5. Dampak Integrasi Ekonomi:  Viner, 1950: trade creation dan trade diversion  Manfaat integrasi ekonomi dalam bentuk trade creation terjadi apabila integrasi ekonomi yang terjadi menyebabkan kenaikan dalam proporsi dari barang-barang yang dihasilkan dari produsen di negara anggota dengan biaya produksi lebih rendah dari produsen dalam negeri.  Manfaat dalam bentuk trade creation ini diindikasikan sebagai manfaat positif dari pembentukan integrasi ekonomi di suatu kawasan perdagangan regional/internasional.

21 5. Dampak Integrasi Ekonomi:  Trade diversion dapat terjadi apabila pembentukan kawasan perdagangan dan adanya common effective tariff di kawasan tersebut menggantikan perdagangan dari produksi negara bukan anggota yang berbiaya rendah ke produksi negara-negara anggota yang memiliki biaya yang lebih tinggi  Manfaat ini dapat diidentifikasi sebagai dampak negatif dari proses integrasi ekonomi.

22 6. Tahapan Integrasi Ekonomi: 1. Free trade area 2. Costom union 3. Common market 4. Economic union 5. Total economic integration.

23 5. Dampak Integrasi Ekonomi:  Free trade area adalah ditandai oleh adanya perdagangan bebas tanpa adanya hambatan tarif diantara negara anggota tetapi masing-masing negara anggota masih dibolehkan mengenakan tarif untuk negara bukan anggota.  Custom union menerapkan pengurangan tarif impor dari sesama negara anggota dan menerapkan hambatan perdagangan yang sama terhadap negara bukan anggota melalui kebijakan Common External Tariff (CET).

24 5. Dampak Integrasi Ekonomi:  Common market perluasan dari custom union dengan adanya tambahan pergerakan bebas atas faktor produksi (barang,modal,tenaga kerja dan jasa) diantara sesama negara anggota.  Economic union perjanjian kerjasama ekonomi yang melibatkan harmonisasi kebijakan ekonomi nasional dan kebijakan fiskal.

25 5. Dampak Integrasi Ekonomi:  Total economic integration: integrasi ekonomi ini dapat membentuk sebuah integrasi secara total yang juga menyangkut aspek politik


Download ppt "Integrasi Ekonomi. 1. Pengertian  Ekonomi integrasi merupakan bagian dari konsep keunggulan komparatif  El-Algraa (1998): integrasi ekonomi mengandung."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google