Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN (B3). Salah satu jenis limbah yang banyak dibicarakan karena memerlukan pengelolaan khusus adalah limbah yang tergolong.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN (B3). Salah satu jenis limbah yang banyak dibicarakan karena memerlukan pengelolaan khusus adalah limbah yang tergolong."— Transcript presentasi:

1 LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN (B3)

2 Salah satu jenis limbah yang banyak dibicarakan karena memerlukan pengelolaan khusus adalah limbah yang tergolong Bahan Berbahaya dan Beracun (disingkat B3) Ada 14 ketentuan yang mengatur tentang pengelolaan limbah B3 meliputi Peraturan Pemerintah (PP) dan Keputusan Menteri Lingkungan Hidup

3 LIMBAH B3 MENURUT PP.18 / 1999 jo PP No. 85 /1999 Adalah sisa suatu usaha dan atau kegiatan yang mengandung bahan berbahaya dan atau beracun yang karena sifat dan konsentrasinya dan atau jumlahnya, baik secara langsung maupun tidak langsung dapat mencemarkan dan atau merusakkan lingkungan hidup dan atau dapat membahaya- kan lingkungan hidup, kesehatan, kelangsung- an manusia serta mahluk hidup lain.

4 BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) adalah bahan yang karena sifat dan atau konsentrasinya dan atau jumlahnya, baik secara langsung maupun tidak langsung dapat mencemarkan dan atau merusak lingkungan hidup, dan atau dapat membahayakan lingkungan hidup, kesehatan, kelangsungan hidup manusia serta mahkluk hidup lainnya (PP 74/2001)

5 Penentuan Limbah B3 Penentuan Limbah B3 tergantung pada aplikasi serangkaian kriteria tertentu, yaitu : - Daftar spesifik bahan kimia dan turunannya - Kriteria ditetapkan melalui pengujian Toxicity Chracteristics Leaching Procedure (TCLP) Gabungan kedua metode tersebut diatas.

6 Prinsip Pengelolaan B3 Jangan memproduksi limbah B3 Minimisasi Limbah B3 Reduction, Recovery, Reuse dan Recycling Pembuangan secara aman (tidak membahayakan kesehatan masyarakat dan lingkungan hidup)

7 Penanganan Limbah B3 terdiri dari : 1.Penandaan Limbah B3 2.Kemasan Limbah B3 3.Penyimpanan Limbah B3 4.Pengumpulan Limbah B3 5.Pengangkutan Limbah B3

8 Label & Symbols Pemberian simbol dan label pada setiap kemasan B3 dimaksudkan untuk mengetahui klasifikasi B3 sehingga pengelolaannya dapat dilakukan dengan baik guna mengurangi risiko yang dapat ditimbulkan dari B3 –Label Tulisan yang menunjukkan antara lain karakteristik dan jenis bahan kimia berbaya & beracun. –Symbol Gambar yang menyatakan karakteristik bahan kimia berbaya & beracun.

9 Klasifikasi PPRI 74/2001 –mudah meledak (explosive); LPG, Mg –pengoksidasi (oxidizing); –sangat mudah sekali menyala ( extremely flammable ); –sangat mudah menyala ( highly flammable ); –mudah menyala (flammable); Mg –amat sangat beracun (extremely toxic ); –sangat beracun ( highly toxic); –beracun (moderately Toxic ); Battery –berbahaya (harmful ); Chloroform –korosif (corrosive); Iodine –bersifat iritasi (iritant); –berbahaya bagi lingkungan (dangerous to the environment); Solar, Oli bekas, CFC –karsinogenik (carcinognenic ); Cromium, Asbestos, –teratogenik (teratogenic); Smoke detektor –mutagenik (mutagenic).

10 Klasifikasi NFPA 704 M HMIS/HMIG

11 Identifikasi dan Pelabelan Wadah / Kemasan Bahan Kimia Berbahaya Kelas 3 : Flammable Liquids (Cairan mudah menyala) Bahan kimia cair yang mudah terbakar Contoh : Acetonitrile, Acetone, CS2, LPG.

12 Identifikasi dan Pelabelan Wadah / Kemasan Bahan Kimia Berbahaya Kelas 5 : Oxidizing Agents & Organic Peroxide (Cairan mudah menyala) Contoh : Calcium Hypochlorite, H2O2, Acetyl Peroxide.

13 Identifikasi dan Pelabelan Wadah / Kemasan Bahan Kimia Berbahaya Kelas 6 : Bahan Beracun (Toxic/Poison) Bahan kimia beracun (Toxic Substances) Contoh : Lannate 25 WP, Methomyl Comp, Chloroform, CCl4, Dimethyl Sulphate.

14 Identifikasi dan Pelabelan Wadah / Kemasan Bahan Kimia Berbahaya Kelas 7 : Bahan Radioaktif (Radioactive Materials) Bahan Radioaktif adalah bahan kimia yang mempunyai kemampuan memancarkan sinar radioaktif dgn aktivitas jenis lebih besar dari microcurie/gram

15 Identifikasi dan Pelabelan Wadah / Kemasan Bahan Kimia Berbahaya Kelas 8 : Bahan Korosif (Corrosive Substances) Yaitu bahan kimia yang dapat mengakibatkan kerusakan apabila kontak dengan jaringan hidup atau bahan lainnya. Contoh : Asam asetat, HCl, H2SO4, HNO3, NaOH, KOH, NH4OH.

16


Download ppt "LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN (B3). Salah satu jenis limbah yang banyak dibicarakan karena memerlukan pengelolaan khusus adalah limbah yang tergolong."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google