Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pilihan Kata (Diksi) Pilihan kata (diksi) hasil dari upaya memilih kata tertentu untuk dipakai dalam suatu tuturan bahasa. Pilihan kata dilakukan apabila.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pilihan Kata (Diksi) Pilihan kata (diksi) hasil dari upaya memilih kata tertentu untuk dipakai dalam suatu tuturan bahasa. Pilihan kata dilakukan apabila."— Transcript presentasi:

1 Pilihan Kata (Diksi) Pilihan kata (diksi) hasil dari upaya memilih kata tertentu untuk dipakai dalam suatu tuturan bahasa. Pilihan kata dilakukan apabila tersedia sejumlah kata yang artinya hampir sama atau bermiripan.Dari kata yang bermiripan itu dipilih satu kata yang paling tepat untuk mengungkapkan suatu pengertian.

2 Tiga hal dari pemilihan kata (diksi); 1.Kemahiran memilih kata hanya dimungkinkan bila seseorang menguasai kosakata yang cukup luas. 2.Diksi atau pilihan kata mengandung pengertian upaya atau kemampuan membedakan secara tepat kata-kata yang memiliki nuansa makna serumpun. 3.Diksi atau pilihan kata menyangkut kemampuan untuk memilih kata-kata yang tepat dan cocok untuk situasi tertentu.

3  Syarat ketepatan pemilihan kata Dapat membedakan antara denotasi dan konotasi. Dapat membedakan kata-kata yang hampir bersinonim. Dapat membedakan kata-kata yang hampir mirip dalam ejaannya. Dapat memahami dengan tepat makna kata- kata abstrak. Dapat memakai kata penghubung yang berpasangan secara tepat. Dapat membedakan antara kata-kata yang umum dan kata-kata yang khusus

4 Gaya Bahasa dan Idiom Gaya bahasa atau langgam bahasa ( majas) adalah cara penutur mengungkapkan maksudnya, yang merupakan corak seni berbahasa atau retorika untuk menimbulkan kesan tertentu pada komunikan/mitra kita berkomunikasi. Faktor-faktor yang mempengaruhi tampilan bahasa seoran g komunikator dalam berkomunikasidengan komunikannya, yaitu 1. Cara dan media komunikasi 2. Bidang ilmu 3. Situasi 4. Ruang atau konteks 5. Khalayak 6. tujuan

5 I diom dan Ungkapan Idiomatik Idiom adalah ungkapan bahasa yang artinya tidak secara langsung dapat dijabarkan dari unsur-unsurnya (Moeliono,1984:177). “…idiom adalah bahasa yang teradatkan…” (Badudu,1989:47). Sebagian besar idiom berupa kelompok kata, misalnya gulung tikar, adu domba, muka tembok. Ungkapan idiomatik adalah pasangan kelompok kata yang berperilaku idiom, misalnya bertemu dengan, dibacakan oleh.

6 Soal Latihan Pilihan kata (diksi) 1. Antara hak dengan kewajiban mahasiswa haruslah berimbang. 2. Korban PHK itu tidak menuntut bonus, melainkan pesangon. 3. Baik dosen ataupun mahasiswa ikut memperjuangkan reformasi. 4. Bukan aku yang tidak mau, tetapi dia yang tidak suka. 5. Sesuai keputusan rapat… 6. Kemelut ini disebabkan karena kelalaian kita. 7. Demikian tadi sambutan Pak Lurah di mana beliau telah menghimbau kita untuk lebih tekun bekerja. 8. Kita perlu mensyukuri nikmat di mana kita telah diberi rezeki oleh Tuhan. 9. Selamat datang di tempat yang berbahagia ini. 10. Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami mengajak hadirin untuk… 11. Dokumen itu ada di kita. 12. Setelah tugas selesai, harap segera melapor ke dosen. 13. Tujuan daripada pertemuan ini adalah untuk memperkenalkan pejabat baru di lingkungan unit kerja kita. 14. Hal ini berdasarkan atas permintaanya… 15. Berita selengkapnya dibacakan Rais.

7 Contoh Soal Pemilihan Kata (Diksi) 1. Untuk mengeksplorasi dan mengeksploitasi minyak dan gas bumi di mana sebagai sumber devisa negara diperlukan tenaga ahli yang terampil di bidang geologi dan perminyakan. 2. Namun demikian,pada saat ini banyak dilakukan sistem pengeboran daripada penumbukan karena sistem pengeboran itu cepat menghasilkan,efektif, dan hemat biaya. 3. Karborator adalah bagian mesin motor tempat di mana gas bahan bakar minyak bercampur dengan udara. 4. Menteri Dalam Negeri bertemu Presiden SBY.

8 KUIS 1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan laras bahasa, ragam bahasa, ungkapan idiom, dan buatlah contohnya 2. Apa saja yang dapat mempengaruhi seorang komunikator dalam berkomunikasi,dan buatlah contohnya. 3. Menurut saudara apa arti dari ungkapan “bahasa Indonesia yang baik dan benar”. 4. Pilih 3 soal diksi di bawah ini : a. Antara hak dengan kewajiban mahasiswa haruslah berimbang. b. Korban PHK itu tidak menuntut bonus, melainkan pesangon. c. Baik dosen ataupun mahasiswa ikut memperjuangkan reformasi. d. Bukan aku yang tidak mau, tetapi dia yang tidak suka. e. Sesuai keputusan rapat… f. Kemelut ini disebabkan karena kelalaian kita. g. Demikian tadi sambutan Pak Lurah di mana beliau telah menghimbau kita untuk lebih tekun bekerja. h. Kita perlu mensyukuri nikmat di mana kita telah diberi rezeki oleh Tuhan. i. Selamat datang di tempat yang berbahagia ini. j. Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami mengajak hadirin untuk…


Download ppt "Pilihan Kata (Diksi) Pilihan kata (diksi) hasil dari upaya memilih kata tertentu untuk dipakai dalam suatu tuturan bahasa. Pilihan kata dilakukan apabila."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google