Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Perikarditis B. Rudy Utantio. PERIKARDITIS Perikarditis adalah inflamasi pada selaput perikardium, baik parietal maupun viseral yang membungkus jantung.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Perikarditis B. Rudy Utantio. PERIKARDITIS Perikarditis adalah inflamasi pada selaput perikardium, baik parietal maupun viseral yang membungkus jantung."— Transcript presentasi:

1 Perikarditis B. Rudy Utantio

2 PERIKARDITIS Perikarditis adalah inflamasi pada selaput perikardium, baik parietal maupun viseral yang membungkus jantung.

3 Etiologi Perikarditis 1. Penyebab idiopatik atau nonspesifik 2. Infeksi a. Bakteri : streptokokus, stapilokokus, meningokokus, gonokokus b. Virus : coxsakie, influenza c. Jamur : riketsia, parasit 3. Kelainan jaringan ikat-sistemik lupus eritematosus, demam rematik, atritis rematik, poliarteritis. 4. Keadaan hipersensitivitas-reaksi imun, reaksi obat, serum sicknes 5. Penyakit struktur disekitarnya-infark miokardium, aneurisma dissecting, penyakit pleura dan paru (pneumonia) 6. Penyakit neoplasia · sekunder akibat metastasis dari kanker paru dan kanker payudara · leukemia · primer (mesotelioma)

4 Radiasi Pasca operasi jantung Trauma ( tumpul, tusuk, dan pasca resusitasi jantung paru) Kongenital (kista) Penyebab lain (gagal ginjal kronis, dialisis, hipotiriod, amiloidosis, deseksi aorta)

5 Test Diagnostik Perikarditis a.Pemeriksaan fisik -vital sign : -tekanan darah menurun - nadi cepat -Inspeksi : - lemah, kesakitan, gelisah, sesak. -Palpasi : - nyeri tekan pada dada -Auskultasi : - pericardial friction rubs

6 Spektrum Klinis Perikarditis akut Tamponade jantung Efusi pericard Perikarditis konstriktif

7 Perikarditis akut Pericarditis akut hampir selalu diawali dengan nyeri dada sebagai keluhan utama. Gejalanya bisa ringan sampai berat. Dapat menyertai penderita dengan keluhan sistemik seperti sesak nafas, demam, batuk kering, banyak keringat, tanda-tanda penyakit sistemik seperti SLE

8 Sifat-sifat nyeri pericard Nyeri bervariasi dalam hal lokasi, kualitas dan intensitas Lokasinya sering retrosternal, dapat menjalar ke leher, lengan kiri, dan epigastrium. Kualitas nyeri sering tajam seperti ditusuk pisau Posisi tubuh : nyeri meningkat saat tidur berbaring dan berkurang dengan duduk membungkuk ke depan Nyeri meningkat saat inspirasi dalam/saat batuk

9 Pemeriksaan Penunjang EKG HEMOGRAM ENZIM JANTUNG FOTO POLOS DADA EKOKARDIOGRAFI

10 Diagnosis Banding Infark Miokard Akut (SKA) Deseksi Aorta Emboli Paru Akut Pneumotorak Pleuritis

11 Penatalaksanaan Bed rest selama fase akut Analgesik untuk menghilangkan nyeri Bila tidak ada dugaan perdarahan pericard, Aspirin 325mg tiap 4 jam, Indomethacin mg tiap 4 jam dan Ibuprofen mg, 3 kali sehari selama 2 minggu dan dihentikan bila nyeri hilang. Bila respon lambat dapat ditambahkan narkotik-analgetik, yaitu prednison 60mg per hari slm 2 hari Bila sering relaps, pertimbangkan perikardiektomi Penyakit dasar harus diobati bila ditemukan etiologinya

12 Tamponade Jantung Keadaan dimana terjadi akumulasi cairan di rongga pericard yang menyebabkan peningkatan tekanan intra perikard (kompresi) dan mengakibatkan menurunnya pengisian darah ke jantung, sehingga terjadi gangguan sirkulasi berat. Keadaan ini bisa terjadi cepat atau lambat

13 Manifestasi klinis Tanda klinis muncul akibat kompresi cairan pericard ke jantung, mulai dari lemah dan pucat, takikardi, elevasi tekanan vena jugularis, hipotensi, pulsus paradoksus.

14 Pemeriksaan Jantung EKOKARDIOGRAFI EKG FOTO POLOS DADA

15 DIGNOSIS Diduga terdapat tamponade jantung bila ada tanda trias tamponade : 1.Elevasi tekanan vena jugularis 2.Hipotensi 3.Prekordium tenang

16 Penatalaksanaan Tampopnade jantung adalah keadaan gawat darurat jantung yang memerlukan pertolongan cepat dan tepat dengan tujuan menurunkan tekanan intra pericard : 1.Pericardiosintesis 2. Pembedahan

17 Efusi Pericard Terbentuknya efusi pericard merupakan respons dari inflamasi bila terdapat proses radang yang mempengaruhi pericard.

18 Manifestasi Klinis Biasanya tanpa gejala kecuali ada tanda-tanda tamponade jantung. Beberapa penderita didahului gejala nyeri dada yang berhubungan dengan pericarditis akut. Efusi pericard karena pericarditis virus, bisa diawali gejala infeksi saluran nafas atas/influenza. Ditemukan tanda (suara nafas tubular pada auskultasi di lekukan dari scapula kiri.

19 Pemeriksaan Penunjang EKG FOTO POLOS DADA EKOKARDIOGRAFI

20 PENATALAKSANAAN 1.Perikardiosintesis, untuk aspirasi cairan, dekompresi dan mencari penyebab. 2. secara bedah sekaligus melakukan biopsi pericard untuk mencari penyebab. Indikasi utama pada cairan efusi yang purulen(bernanah). 3.Efusi yang berulang dpt diberikan steroid.

21 PERIKARDITIS KONSTRIKTIF Perikarditis konstriktif adalah kelainan pericard sebagai manifestasi akhir proses inflamasi pada pericard sehingga terjadi fibrosis dan kekakuan serta obliterasi pericard yang mengakibatkan gangguan pengisian keduan ventrikel.

22 Manifestasi Klinis Gejala dan tanda terutama mirip manifestasi gagal jantung kanan, antara lain hepatomegali, ikterus, asites, udem anasarka, dan sirosis kardiak.

23 Pemerikasaan Penunjang Foto Polos Dada EKG EKOKARDIOGRAFI KATETERISASI JANTUNG

24 PENATALAKSANAAN Bila diagnosis sudah ditegakkan, harus dilakukan reseksi pericard perikardiektomi) secara bedah sebagai terapi definitif, makin dini makin baik, dapat menurunkan mortalitas

25 Terima kasih


Download ppt "Perikarditis B. Rudy Utantio. PERIKARDITIS Perikarditis adalah inflamasi pada selaput perikardium, baik parietal maupun viseral yang membungkus jantung."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google