Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAB 4 SISTEM OPERASI KOMPUTER DI SUSUN OLEH : RINY ASTARY.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAB 4 SISTEM OPERASI KOMPUTER DI SUSUN OLEH : RINY ASTARY."— Transcript presentasi:

1 BAB 4 SISTEM OPERASI KOMPUTER DI SUSUN OLEH : RINY ASTARY

2 B. Sistem Peripheral pada Sistem Operasi Windows Setting peripheral adalah suatu cara untuk mensetting atau mendesain peralatan-peralatan tambahan, misalnya printer, monitor, dekstop, screen saver, dan setting regional. 1. Setting Mouse Penggunaan mouse dapat kita atur konfigurasinya, seperti mengatur cepat lambatnya pergerakan penunjuk mouse, mengatur cepat lambatnya penekanan tombol double click, mengatur penggunaan penekanan tombol mouse (penekanan tombol mouse kiri atau kanan), dan mengatur bentuk penunjuk mouse.

3 2. Setting Printer Printer adalah perangkat untuk mengubah perintah dan data setelah diolah oleh processor dan tersimpan di RAM (Random Access Memory) sebagai data yang siap dioutput menjadi sebuah bentuk tampilan tercetak pada suatu media tertentu. 3. Setting Monitor Untuk mendapatkan sistem kerja monitor yang optimal perlu sekali kita menentukan konfigurasi pada monitor. Hal ini dimaksudkan untuk mencetak informasi pada tampilan layar menjadi lebih baik. 4. Setting Regional Regional settings adalah pengaturan atau setting pada komputer mengenai tanda atau lambang dari suatu negara tertentu

4 C. Manajemen File dengan Windows Explorer Agar semua file pada komputer dapat bekerja secara maksimal dan mudah penanganannya, maka perlu ditata dengan rapi. Proses penataan file inilah yang disebut dengan manajemen file. Untuk membantu memanajemen file dan folder, Windows telah dilengkapi suatu fasilitas yang disebut Windows explorer. Windows Explorer merupakan suatu program aplikasi windows yang digunakan untuk mengoperasikan dan mengatur suatu driver, folder, maupun file. 1. Membuat Folder Folder adalah suatu tempat yang berfungsi untuk menempatkan file-file (seperti map) sehingga file-file tersebut dapat dikelompokkan sesuai dengan kelompoknya masing-masing.

5 2. Mengubah Tampilan Folder Anda dapat mengubah tampilan isi folder dengan menggunakan langkah berikut. a. Pada jendela Explore klik menu View. b. Kemudian, pilih dan klik salah satu perintah a. Mengubah urutan tampilan folder Untuk membuat tampilan folder secara berurutan sesuai dengan keinginan, Anda dapat mengaturnya dengan cara sebagai berikut. 1) Klik menu View. 2) Klik dan pilih Arrange Icon by. 3) Klik pada pilihan Names b. Mengelola Folder Untuk melihat isi lengkap suatu folder, cukup dilakukan dengan cara mengklik nama folder yang Anda inginkan. Jika kita perhatikan dengan cermat, pada sebelah kiri setiap nama folder terdapat tanda “+” dan “-“. Kotak bertanda “+” menunjukkan bahwa folder tersebut masih mempunyai subfolder di bawahnya.

6 3. File File dapat diartikan kumpulan sejumlah komponen yang bertipe data sama, yang jumlahnya tidak tertentu. Manajemen sebuah file dapat diuraikan dalam materi berikut. a. Memilih file Untuk memilih file tunggal, Anda dapat mengarahkan pointer ke arah nama file yang dikehendaki dan selanjütnya Anda klik. b. Memanggil file File yang sudah dibuat dan disimpan di hardisk dapat dipanggil dengan cara klik Start, kemudian pilih Explore. c. Mengedit file Mengedit adalah mengubah atau membetulkan kesalahan isi file yang pernah dibuat. d. Menyimpan file File yang sudah diedit atau dibuat dapat langsung disimpan, caranya adalah klik menu File lalu pilih Save atau bisa juga menggunakan klik dua kali pada ikon disket,

7 e. Mengganti nama file Untuk mengganti nama file, lakukan langkah-langkah berikut. 1) Klik kanan pada ikon Start > pilih Explore. 2) Cari file pada drive di mana file tersebut disimpan. 3) Selanjutnya, tulis atau ganti dengan nama yang dikehendaki. f. Menghapus file Langkah untuk mengahpus nama file adalah sebagai berikut. 1) Klik kanan pada nama file yang akan dihapus. 2) Klik pada pilihan Delete. 3) Klik tombol Yes untuk menghapus, g. Menampilkan Properti File Properti file merupakan karakteristik dari suatu file yang meliputi nama, type, alamat, ukuran, atribut, dan tanggal pembuatan file serta program untuk membuka file tersebut.

8 h. Mencari File Untuk mencari file yang telah kita simpan pada media penyimpanan dan kita terlupa di folder mana file itu tersimpan, klik-lah ikon Search pada toolbar dan kemudian akan dimunculkan tampilan Search di sebelah kiri pada jendela Windows Explorer. 4. Memformat Disket/Flash Disk Perlu diketahui bahwa jika akan menyimpan file pada disket/flash disk, maka disket/flash disk diformat terlebih dahulu agar dapat digunakan. Jika disket belum diformat, maka disket tersebut tidak dapat dipakai atau digunakan.

9 THANK YOU ^_^


Download ppt "BAB 4 SISTEM OPERASI KOMPUTER DI SUSUN OLEH : RINY ASTARY."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google