Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Transpor Pasif Membran Sel Oleh: Hanifah Ratna Y (07) Kahartik Yoganingrum (08) Lailatul Nur K (10) Nadia Azka HP (13) Nisrina Nur F (14) Puspita Dewi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Transpor Pasif Membran Sel Oleh: Hanifah Ratna Y (07) Kahartik Yoganingrum (08) Lailatul Nur K (10) Nadia Azka HP (13) Nisrina Nur F (14) Puspita Dewi."— Transcript presentasi:

1 Transpor Pasif Membran Sel Oleh: Hanifah Ratna Y (07) Kahartik Yoganingrum (08) Lailatul Nur K (10) Nadia Azka HP (13) Nisrina Nur F (14) Puspita Dewi (17) Reka Indera M (18) Vera Setyanitami (21)

2 Transpor Pasif Transpor ion, molekul, dan senyawa yang tidak memerlukan energi untuk melewati membran plasma. Transpor pasif mencakup difusi dan osmosis.

3 Difusi Peristiwa mengalirnya/berpindahnya suatu zat dalam pelarut dari bagian berkonsentrasi tinggi ke bagian yang berkonsentrasi rendah. Perbedaan konsentrasi yang ada pada dua larutan disebut gradien konsentrasi. Difusi akan terus terjadi hingga mencapai keadaan kesetimbangan dimana perpindahan molekul tetap terjadi walaupun tidak ada perbedaan konsentrasi. Faktor yang mempengaruhi: 1.Ukuran partikel 2.Ketebalan membran 3.Luas area 4.Jarak 5.Suhu

4

5 Difusi Terfasilitasi/Terbantu Proses difusi yang terjadi dengan bantuan protein membran khusus, yaitu protein yang molekulnya besar dan bersifat hidrofilik agar molekul berukuran besar dapat melewati lapisan lemak pada membran. Kecepatan difusi tergantung pada perbedaan konsentrasi dan jumlah protein yang membantu.

6 a.Dengan saluran protein b.Dengan protein pembawa

7 Osmosis Perpindahan zat-zat pelarut dari konsentrasi rendah (hipotonis) menuju konsentrasi yang lebih tinggi (hipertonis) melalui membran semipermeabel. Termasuk transpor pasif karena tidak menggunakan energi.

8 Usaha sel hidup untuk menjaga tekanan osmosisnya disebut homeostatis. 1. Hipertonik (konsentrasi tinggi) Konsentrasi di luar sel lebih pekat daripada konsentrasi di dalam sel. Contoh: eritrosit yang dimasukkan ke dalam larutan garam, sitoplasmanya akan keluar dan menyebabkan sel berkerut. 2. Isotonik (konsentrasi sama) Isotonik merupakan larutan dengan konsentrasi zat terlarut yang sama. Contoh: sel tumbuhan dimasukan kedalam isotonik sebanyak 10% dan sel berjumlah 10%, maka kondisi sel akan tetap. 3. Hipotonik (konsentrasi rendah) Konsentrasi larutan di dalam sel lebih pekat dari pada konsentrasi di luar sel. Contoh: sel darah merah akan menggembung jika dimasukkan dalam larutan hipotonis dan dapat menyebabkan sel pecah atau lisis.

9

10 Diandra (4): dalam difusi, factor suhu mempengaruhi membran atau zatnya? Imaduddin (25): membrane yang dilewati berupa apa? Cahyo (24): Apa itu semi permeable? Mahendra (26): Maksud gambar slide 6 Fahriza (27): Apakah ada perbedaan kecepatan difusi & osmosis pada sel hewan dan tumbuhan? Apa faktornya? Adhaninggar(1): Spesifikasi perbedaan dalam bereaksi sel tumbuhan dan sel hewan apa?


Download ppt "Transpor Pasif Membran Sel Oleh: Hanifah Ratna Y (07) Kahartik Yoganingrum (08) Lailatul Nur K (10) Nadia Azka HP (13) Nisrina Nur F (14) Puspita Dewi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google