Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pengantar Praktikum Oseanografi. Deskripsi Singkat Praktikum ini memberikan pengetahuan kapada mahasiswa mengenai pengolahan data dan intrepertasinya.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pengantar Praktikum Oseanografi. Deskripsi Singkat Praktikum ini memberikan pengetahuan kapada mahasiswa mengenai pengolahan data dan intrepertasinya."— Transcript presentasi:

1 Pengantar Praktikum Oseanografi

2 Deskripsi Singkat Praktikum ini memberikan pengetahuan kapada mahasiswa mengenai pengolahan data dan intrepertasinya dari beberapa parameter oseanografi serta kaitannya dengan dunia perikanan.

3 Rencana Tatap Muka 7 kali tatap muka di Kelas 1 kali Praktikum Lapang + pengolahan data (dihitung 2 kali Absen) 2 kali Ujian : Ujian Presentasi Hasil Praktikum Lapang Ujian Praktikum

4 Rencana Tatap Muka NOTMTanggalMateriPengajar 1110 Maret 2015Pendahuluan; Peta dan GPSMuta Ali Khalifa 2217 Maret 2015BatimetriMuta Ali Khalifa 3324 Maret 2015Suhu dan SalinitasMuta Ali Khalifa 4431 Maret 2015ArusMuta Ali Khalifa 557 April 2015Pasang SurutMuta Ali Khalifa 6614 April 2015Pengenalan SurferMuta Ali Khalifa UTS 775 Mei 2015Merancang Praktikum LapangSaifullah, Ani R, Muta Ali K 88 dan 9FleksibelPraktikum Lapang dan Pengolahan Data Saifullah, Ani R, Muta Ali K Mei 2015Presentasi Hasil Praktikum Lapang Saifullah, Ani R, Muta Ali K Juni 2015Ujian PraktikumSaifullah, Ani R, Muta Ali K

5 Ketentuan -Waktu Masuk: 15 menit sebelum praktikum dimulai sudah siap di depan Laboratorium dan wajib menyerahkan pre-lab sebelum masuk Laboratorium. -Kehadiran 100% (termasuk praktikum lapang) -Modul+tugas pre-lab 100% -Apabila tidak hadir dan atau tidak mengumpulkan modul+pre-lab, maka nilai praktikum = 0…!!!

6 Penilaian Praktikum di Lab (30 %) (Mencakup tugas modul, tugas pre-lab, keaktifan) Praktikum di Lapang (30 %) (Mencakup laporan praktikum lapang, presentasi, keaktifan) Kuis (10 %) Ujian (30 %) Praktikum memiliki Bobot 30% dari nilai keseluruhan Mata Kuliah.

7 Peta dan GPS

8 Peta adalah penggambaran dua dimensi (bidang datar) keseluruhan atau sebagaian dari permukaan bumi yang diproyeksikan dengan perbandingan tertentu (skala).

9 Fungsi Peta 1.Menyediakan informasi tentang kenampakan permukaan bumi secara akurat, jelas dan tidak meragukan 2.Sebagai alat yang dirancang dengan teliti yang merekam, analisa dan penayangan hubungan antar objek/kenampakan di suatu lokasi atau tempat dan saling hubungan antar faktor tersebut 3.Mengkomunikasikan informasi tentang realita kenampakan permukaan bumi dengan menggunakan gambar/grafis

10 Peta berdasarkan fungsinya : 1.Peta Referensi, peta untuk tujuan umum atau sebagai referensi untuk peta khusus atau spesifik. Cth : Peta topografi, Peta Batimetri. 2.Peta Tematik, Peta turunan yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan spesifik. Cth : Peta Distribusi, Peta transportasi.

11 Berdasarkan jenisnya : -Peta foto: peta foto yang telah direktifikasi, peta ortofoto(berasal dari kumpulan/mosaik foto udara/ortofoto yang dilengkapi garis kontur, nama dan legenda) -Peta garis: peta topografi, peta tematik(menyajikan kenampakan detil alam dan buatan manusia dalam bentuk titik, garis dan luasan)

12 Berdasarkan Skala Skala lebih besar dari 1: (angka pembagi lebih kecil dari ) dimasukkan dalam kategori skala besar. Skala antara 1: sampai 1: dimasukkan dalam kategori skala sedang Skala lebih kecil dari 1: (angka pembagi lebih besar dari ) dimasukkan dalam kategori skala kecil.

13

14 Skala Peta Representasi fraksi atau ratio: 1:100,000 atau 1/100,000 Representasi fraksi (RF) atau rasio skala berhubungan dengan ukuran dalam peta atau bagian di dalamnya terhadap ukuran aktual di lapangan. Jadi skala diatas menunjukkan bahwa 1 (satu) unit di dalam peta sama dengan 100,000 unit di lapangan.

15 Skala Peta Skala Pernyataan (verbal) Skala ini merupakan bentuk tertulis terhadap jarak dalam peta dalam hubungannya dengan jarak di lapangan (bumi). Contohnya, RF skala 1: dapat ditulis sebagai 1 cm sama dengan 10 km atau 1 mm sama dengan 1 km.

16 Skala Peta Skala grafik atau skala bar Bentuk ini dapat terdiri dari satu atau lebih garis lurus yang dibagi-bagi kedalam beberapa satuan dari jarak di lapangan. Metode ini mempunyai keuntungan bilamana dilakukan pembesaran atau pengecilan terhadap peta maka skala ini masih akurat (turut mengalami pembesaran atau pengecilan) dimana hal ini tidak ditemui dalam dua metode skala sebelumnya.

17 Sistem Koordinat

18 Sistem Koordinat 1 o =60’ = 3600” 1’ = 60” 1’ = 1 mil laut = 1,852 km 1 o = 60 mil laut = 111 km

19 Global Positioning System (GPS), adalah suatu sistem radio navigasi dan penentuan posisi yang berbasiskan satelit, serta didesain untuk memberikan posisi dan kecepatan tiga dimensi yang teliti, dan juga informasi mengenai waktu, secara kontinyu di seluruh dunia (Abidin, 1995). Nama lengkapnya adalah NAVSTAR GPS (Navigational Satellite Timing and Ranging Global Positioning System) adalah sistem untuk menentukan posisi di permukaan bumi dengan bantuan sinkronisasi sinyal satelit. Sistem ini menggunakan 24 satelit yang mengirimkan sinyal gelombang Mikro ke Bumi. Sistem yang serupa dengan GPS antara lain GLONASSRusia, Galileo Uni Eropa, IRNSS India.GLONASSRusiaGalileo Uni EropaIRNSS India

20

21

22

23


Download ppt "Pengantar Praktikum Oseanografi. Deskripsi Singkat Praktikum ini memberikan pengetahuan kapada mahasiswa mengenai pengolahan data dan intrepertasinya."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google