Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERTEMUAN 13 BRANDING. PENGERTIAN BRAND MENURUT PARA AHLI Bilson Simamora (2001;149) Merek adalah nama, tanda, istilah, simbol, desain atau kombinasinya.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERTEMUAN 13 BRANDING. PENGERTIAN BRAND MENURUT PARA AHLI Bilson Simamora (2001;149) Merek adalah nama, tanda, istilah, simbol, desain atau kombinasinya."— Transcript presentasi:

1 PERTEMUAN 13 BRANDING

2 PENGERTIAN BRAND MENURUT PARA AHLI Bilson Simamora (2001;149) Merek adalah nama, tanda, istilah, simbol, desain atau kombinasinya yang ditujukan untuk mengidentifikasi dan mendiferensiasi (membedakan) barang atau layanan suatu penjual dari barang atau layanan penjual lain. Lamb, Hair, dan McDaniel (2001;421) Merek adalah suatu nama, istilah, simbol, desain, atau gabungan keempatnya, yang mengidentifikasi produk para penjual dan membedakannya dari produk pesaing. Kotler, Armstrong (2003;349) Merek adalah suatu nama, kata, simbol, tanda, atau desain, atau kombinasi dari semuanya yang mengidentifikasi pembuat atau penjual produk dan jasa tertentu.

3 PENGERTIAN BRAND Brand (merek) adalah nama, tanda, istilah, simbol, desain, kata atau kombinasi dari hal-hal tersebut yang ditujukan untuk mengidentifikasi dan membedakan antara produk dan jasa yang satu dengan yang lain.

4 ELEMEN-ELEMEN YANG MENENTUKAN TINGKAT KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP SEBUAH BRAND Janji yang diberikan sesuai dengan kenyataan walaupun hal ini tidak dinyatakan dengan jelas, tetapi menjadi salah satu faktor utama kesuksesan sebuah brand. Memberikan kepribadian tersendiri terhadap pengguna brand. Pengguna mobil BMW akan merasakan lebih elegan dan ekslusif ketimbang pengguna mobil Innova misalnya. USP (Unique Selling Proposition). Munculnya sebuah brand sebagai dasar untuk membedakan perusahaan, produk atau layanannya dengan perusahaan, produk atau layanan lainnya (Miletsky dan Smith, 2009: 3).

5 PENGERTIAN BRANDING Branding adalah kumpulan kegiatan komunikasi yang dilakukan perusahaan dalam rangka proses membangun dan membesarkan brand.

6 TUJUAN BRANDING Mampu menyampaikan pesan dengan jelas Memastikan kredibilitas anda Mampu menghubungkan target pasar atau konsumen secara emosional Mampu menggerakkan atau memotivasi konsumen Memastikan terciptanya kesetiaan pelanggan

7 SEGMENTASI BRAND Sebuah tim pemasaran dan periklanan selalu memantau situasi pasar produk tertentu, untuk melihat seberapa jauh tingkat kepuasan konsumen. dalam kebutuhannya, segmentasi pasar merupakan salah satu solusinya.

8 BRAND VALUE Merek juga dapat meyakinkan konsumen bahwa mereka akan memperoleh suatu kualitas yang konsisten ketika mereka membeli suatu produk dengan merek tertentu (Rangkuti, 2004:5) Merek dapat juga digunakan untuk mengurangi perbandingan harga, karena merek adalah salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan untuk membandingkan produk-produk sejenis yang berbeda (Rangkuti, 2004 : 5) Menurut Rangkuti (2004 : 5), membangun merek yang kuat tidak berbeda dengan membangun sebuah rumah.

9 CARA MEMBANGUN PONDASI MERK Memiliki positioning yang tepat Memiliki brand value yang tepat Memiliki konsep yang tepat

10 MENGHITUNG NILAI MERK Cara pertama adalah menggunakan replacement method. Cara ini juga sering disebut dengan cost approach. Cara kedua adalah market approach. Inilah metode dimana harga sebuah merek dilihat dari transaksi yang sudah pernah ada sebagai benchmarking. Cara ketiga, keempat, dan kelima termasuk dalam metode valuasi yang disebut dengan income approach karena memang didasarkan pada nilai penjualan atau profitabilitas perusahaan. Cara keempat adalah income split method. Cara kelima adalah royalty relief method. Ini biasanya diaplikasikan untuk merek-merek yang bisa di-franchise atau lisensi.

11 MASA HIDUP BRAND siklus hidup sebuah merek dagang adalah selama 10 tahun pada saat pertama kali didaftarkan di kantor merek dagang. Dengan pendaftaran merek dagang ini, sebuah merek dagang akan mendapatkan sebuah perlindungan hukum selama 10 tahun, jika suatu saat merek tersebut dibajak maka pihak-pihak pembajak akan dapat dituntut ke meja hukum.

12 MEMBANGUN MERK Focus on core defferentiation Be Consistent Evolve your differentiation

13 FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MERK Kekuatan merek Kepemimpinan pasa Kesetiaan dan daya tahan konsumen Situasi pasa Potensi global Inovasi Investasi merek Proteksi

14 STRATEGI MEMPERLUAS MERK Line Extension Brand Extension Downscaling Upscaling Corporate Branding

15 SIKLUS USAHA PRODUK Tahap pengenalan Tahap pertumbuhan Tahap pematangan

16 MEREK MC. DONALD’S Analisanya : berhasil melakukan line extention melalui penawaran menu barunya yang selalu diawali dengan kata ”Mc” seperti Mc Sirup, Mc Chicken, Mc Nugget, dan Mc Soup.

17 MEREK DETIK.COM Analisanya : berawal dari Detik.com melakukan brand extention dengan mencoba masuk ke koran harian cetak, akibatnya walaupun Detik.com memiliki ekuitas merek sayangnya ekuitas tersebut tidak mampu mengontrol Koran Detik.

18 TUGAS 1.Jelaskan perbedaan brand dengan branding! 2.Sebutkan tujuan branding! 3.Bagaimana cara menjadikan sebuah brand menjadi kuat sehingga tidak mudah dilupakkan oleh konsumen? 4.Apa yang mempengaruhi sebuah brand dapat dengan mudah dikenal oleh konsumen? 5.Jelaskan tentang masa hidup brand! 6.Bagaimana cara menghidupkan brand yang semakin redup di mata konsumen! 7.Menurut Anda, brand apa yang sukses di pasaran? Jelaskan jawaban Anda

19 WASSALAM…


Download ppt "PERTEMUAN 13 BRANDING. PENGERTIAN BRAND MENURUT PARA AHLI Bilson Simamora (2001;149) Merek adalah nama, tanda, istilah, simbol, desain atau kombinasinya."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google