Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Memory Memori merupakan media penampung sementara program dan data yang sedang dijalankan oleh komputer. Memori yang demikian sering disebut sebagai memori.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Memory Memori merupakan media penampung sementara program dan data yang sedang dijalankan oleh komputer. Memori yang demikian sering disebut sebagai memori."— Transcript presentasi:

1

2 Memory Memori merupakan media penampung sementara program dan data yang sedang dijalankan oleh komputer. Memori yang demikian sering disebut sebagai memori utama. Namun sesungguhnya, segala media yang bersifat mampu menampung data, baik sementara maupun permanen dapat dikategorikan sebagai memori.

3 Teknologi Memory CPU akan menyimpan instruksi yang akan diproses tersbut di dalam sebuah tempat penyimpanan kecil yang bernama register, akan tetapi hal ini akan menimbulkan masalah apabila data yang akan d.iproses besar jumlahnya.  Memory Utama

4 Ukuran Memory Ukuran memori ditunjukkan oleh satuan byte, misalnya 128 Mb, 256 Mb, 512 Mb, atau bahkan ada yang sampai 2Gb. Pada umumnya 1 byte memori terdiri dari 8 – 32 bit (binary digit), atau banyaknya digit biner (0 atau 1) yang mampu disimpan dalam satu kotak memori.

5 Random Access Memory (RAM) RAM adalah sebuah tempat penyimpanan data sementara yang dapat dibaca maupun ditulis oleh prosesor atau perangkat keras lainnya. DRAM (Dynamic RAM) SRAM (Static RAM)

6 DRAM (Dynamic RAM) RAM jenis ini menyimpan informasi dalam waktu yg singkat. Harganya murah dan menkonsumsi sedikit tenaga listrik. --Kelebihan Untuk mempertahankan informasi yang disimpannya, secara periodik RAM ini melakukan refresh isinya sehingga menyebabkan penalti terhadap kecepatannya. --Kekurangan

7 SRAM (Static RAM) RAM jenis ini secara otomatis mempertahankan isinya selama ada listrik atau tenaga untuk mempertahankannya. Tidak memerlukan refresh terhadap isinya dalam waktu yang cepat.--Kelebihan Harganya mahal dan mengkonsumsi tenaga listrik yang lebih besar.-- Kekurangan

8 Struktur RAM Input storage, digunakan untuk menampung input yang dimasukkan melalui alat input. Program storage, digunakan untuk menyimpan semua instruksi-instruksi program yang akan diakses. Working storage, digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dan hasil pengolahan. Output storage, digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat output.

9 Hubungan Input yang dimasukkan melalui alat input akan ditampung terlebih dahulu di input storage. Bila input tersebut berupa program maka akan dipindahkan ke program storage, dan bila berbentuk data yang akan diolah atau data hasil pengolahan maka akan dipindahkan ke working storage. Hasil dari pengolahan juga ditampung terlebih dahulu di working storage dan bila akan ditampilkan ke alat output maka hasil tersebut dipindahkan ke output storage.

10 Read Only Memory (ROM) ROM adalah sebuah tempat penyimpanan yang memuat unstruksi atau data yang dapat dibaca akan tetapi tidak dapat ditulis. ROM hanya dapat dibaca sehingga pemrogram tidak bisa mengisi sesuatu ke dalam ROM. ROM sudah diisi oleh pabrik pembuatnya. Berupa sistem operasi yang terdiri dari program- program pokok yang diperlukan oleh sistem komputer, Keyboard Bootsrap.

11 Read Only Memory (ROM) Instruksi-instruksi yang tersimpan di ROM disebut dengan microinstruction atau firmware karena hardware dan software dijadikan satu oleh pabrik pembuatnya. ROM ini tidak boleh hilang atau rusak, sistem komputer tidak akan bisa berfungsi. ROM bersifat non volatile agar data yang di simpan didalamnya tidak hilang bila listrik komputer dimatikan. Pada kasus yang lain memungkinkan untuk merubah isi ROM, yaitu dengan cara memprogram kembali instruksi- instruksi yang ada di dalamnya.

12 cold booting atau warm booting Cold booting merupakan proses pengaktifan sistem komputer pertama kali untuk mengambil program bootstrap dari keadaan listrik komputer mati (off) menjadi hidup (on). warm booting merupakan proses pengulangan pengambilan program bootstrap pada saat komputer masih hidup dengan cara menekan tiga tombol tombol pada papan ketik sekaligus, yaitu Ctrl, Alt, dan Del.

13 PROM PROM (Programmable Read Only Memory), yang hanya dapat diprogram satu kali dan selanjutnya tidak dapat diubah kembali. EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory) yang dapat dihapus dengan sinar ultraviolet serta dapat diprogram kembali berulang-ulang. EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read Only Memory) yang dapat dihapus secara elektronik dan dapat diprogram kembali.

14 Metode Akses Memory Asynchronous, pada metode akses ini CPU diharuskan melakukan tindakan sesuai dengan penjadwalan yang telah ditentukan. CPU tidak diperbolehkan untuk melakukan transfer informasi lainnya diluar penjadwalan yang telah ditentukan. Jenis-jenis memori yang mengunakan metode Asynchronous: Extended Data Out (EDO) DRAM, Burst Extended Data Out (BEDO) DRAM. Synchronous, pada metode akses ini CPU diberikan kebebasan untuk melakukan transfer kapanpun CPU butuhkan. Hal ini dapat terjadi karena CPU dan memori berbagi clock yang sama. Jenis-jenis memori yang mengunakan metode Synchronous: Single Data-Rate Memory (SD-RAM), Double Data-Rate Memory (DDR- SDRAM).

15 Virtual Memory proses yang sedang berjalan membutuhkan instruksi atau data yang terdapat pada suatu halaman tertentu maka halaman tersebut akan dicari di memori utama. Jika halaman yang diinginkan tidak ada maka akan dicari ke disk sekunder.

16

17 Hirarki Memory

18 Peningkatan waktu akses memori (semakin ke bawah semakin lambat, semakin ke atas semakin cepat) Peningkatan kapasitas (semakin ke bawah semakin besar, semakin ke atas semakin kecil. Peningkatan jarak dengan prosesor (semakin ke bawah semakin jauh, semakin ke atas semakin dekat) Penurunan harga memori tiap bitnya (semakin ke bawah semakin murah, semakin ke atas semakin mahal.


Download ppt "Memory Memori merupakan media penampung sementara program dan data yang sedang dijalankan oleh komputer. Memori yang demikian sering disebut sebagai memori."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google