Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Peluang dan Tantangan dalam Manajemen Komunikasi Data KELOMPOK 4 IKA KARTIKA IKHSAN NURUDIN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Peluang dan Tantangan dalam Manajemen Komunikasi Data KELOMPOK 4 IKA KARTIKA IKHSAN NURUDIN."— Transcript presentasi:

1 Peluang dan Tantangan dalam Manajemen Komunikasi Data KELOMPOK 4 IKA KARTIKA IKHSAN NURUDIN

2 KOMUNIKASI DATA Komunikasi Data adalah pergerakan data dan informasi yang dikodekan dari satu titik ke titik lain melalui peralatan listrik atau elektro, kabel serat (fiber optic cables), atau sinyal gelombang mikro (microwave signals).

3 Secara umum ada dua jenis komunikasi data, yaitu: – Melalui Infrastruktur Terestrial – Melalui Satelit

4 KOMPONEN KOMUNIKASI DATA Pengirim Penerima Pesan / Data Media pengiriman Protokol

5 TUJUAN KOMUNIKASI DATA Memungkinkan pengiriman data dalam jumlah besar, efesien, tanpa kesalahan dan ekonomis dari suatu tempat ketempat yang lain; Memungkinkan penggunaan sistem dan peralatan pendukung dari jarak jauh; Memungkinkan penggunaan secara terpusat maupun secara tersebar sehingga mendukung manajemen dalam hal desentralisasi maupun sentralisasi; Mempermudah kemungkinan pengelolaan dan pengaturan data yang ada dalam berbagai macam sistem; Mengurangi waktu untuk pengolahan data; Mendapatkan data langsung dari sumbernya (mempertinggi kehandalan); Mempercepat penyebarluasan informasi.

6 MODEL DASAR KOMUNIKASI Topologi Bus Pada topologi linear bus semua PC (terminal) dihubungkan pada jalur data (bus) yang berbentuk garis lurus (linear). Sehingga, data yang dikirim akan melalui semua terminal pada jalur tersebut.

7 Topologi Ring Pada topologi ring semua PC (terminal) dihubungkan pada jalur data (bus) yang membentuk lingkaran. Sehingga, setiap terminal dalam jaringan saling tergantung. Akibatnya, apabila terjadi kerusakan pada satu terminal, maka seluruh jaringan akan terganggu.

8 Topologi Star Pada topologi star semua PC (terminal) dihubungkan pada terminal pusat (server) yang menyediakan jalur komunikasi khusus untuk terminal yang akan berkomunikasi.

9 BIDANG-BIDANG OPERASI KOMUNIKASI DATA Bidang Data Collection Bidang Inquiry and Response Bidang Storage and Retrival Bidang Time Sharing Bidang Remote Job Entry Bidang Real Time Data Processing and Process Control Bidang Data Exchange Among Computers

10 KEUNTUNGAN KOMUNIKASI DATA Memungkinkan penggunaan atau terminal secara terpusat (sentralisasi) maupun tersebar (desentralisasi) sehingga mendukung menajemen dalam. Mempermudah kemungkinan pengolahan dan pengaturan data yang ada dalam berbagai macam sistem komputer. Mengurangi waktu untuk pengolahan data mendapatkan data langsung dari sumbernya (mempertinggi kehandalan). Mempercepat penyebaran informasi.

11 KENDALA-KENDALA dalam KOMUNIKASI DATA Waktu Tanggap Sistem Adalah ukuran kecepatan operasi Sistem. Pada Sejumlah Sistem, waktu tanggap yang cepat merupakan hal yang sangat penting. Throughput Adalah ukuran beban dari sistem tersebut berupa presentase waktu yang diperlukan dalam mengirim sejumlah pesan melewati sambungan komunikasi data. Keluaran dari sistem harus setinggi mungkin agar pemakaian jalur dan terminal yang sangat mahal dapat diperoleh secara maksimum. Terminal-terminal harus dapat dioperasikan semudah mungkin untuk mengurangi faktor kesalahan manusia dan juga mempertinggi kecepatan operasi. Manusia Faktor manusia sangat penting diperhatikan. Khususnya di situasi terminal sering dipakai oleh pengguna yang tidak terlatih seperti mesin ATM. Faktor manusia juga merupakan faktor yang sangat dominan dan menentukan lancar atau tidaknya sistem.

12


Download ppt "Peluang dan Tantangan dalam Manajemen Komunikasi Data KELOMPOK 4 IKA KARTIKA IKHSAN NURUDIN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google