Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ORGANISASI Mursidah, SP, MM. Pengertian Asal kata organon (Yunani) dan organum (latin), yang berarti alat, bagian, anggota atau badan. Definisi a. Organisasi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ORGANISASI Mursidah, SP, MM. Pengertian Asal kata organon (Yunani) dan organum (latin), yang berarti alat, bagian, anggota atau badan. Definisi a. Organisasi."— Transcript presentasi:

1 ORGANISASI Mursidah, SP, MM

2 Pengertian Asal kata organon (Yunani) dan organum (latin), yang berarti alat, bagian, anggota atau badan. Definisi a. Organisasi dalam arti badan adalah sekelompok orang yang bekerja sama untuk mencapai suatu atau beberapa tujuan tertentu. b. Organisasi dalam arti bagan/struktur adalah gambaran skematis tentang hubungan-hubungan, kerjasama dari orang-orang yang terdapat dalam rangka mencapai suatu tujuan.

3 Ciri organisasi 1. Adanya sekelompok orang 2. Antarhubungan terjadi dalam suatu kerjasama yang ahrmonis 3. Kerjasama didasarkan atas hak, kewajiban, dan tanggung jawab masing-masing orang untuk mencapai tujuan.

4 Perbedaan organisasi formal & informal Organisasi formal : Yaitu sistem kerjasama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dan dikoordinasi dengan sadar untuk mencapai tujuan tertentu. (disebut juga organisasi statis) Organisasi informal : Merupakan kumpulan hubungan antarperorangan tanpa tujuan bersama yang disasaro meskipun pada akhirnya hubungan-hubungan yang tak disadari itu untuk tujuan bersama.

5 Bentuk-bentuk organisasi 1. Garis 2. Fungsional 3. Garis dan staf 4. Fungsional dan staf

6 Bentuk Organisasi Garis Merupakan bentuk organisasi yang tertua dan paling sederhana. Henry Fayol (Perancis). Nama lain : organisasi militer Ciri-ciri : 1. organisasi masih kecil 2. karyawan sedikit dan saling kenal 3. spesialisasi kerja belum begitu tinggi.

7 Bentuk Organisasi Fungsional F. W. Taylor. Segelintir pemimpin tidak memiliki bawahan yang jelas sebab setiap atasan berwenang memberi komando kepada setiap bawahan, sepanjang ada hubungannya dengan fungsi atasan tersebut.

8 Bentuk Organisasi Garis dan Staf Dianut oleh organisasi besar, daerah kerjanya luas dan mempunyai bidang-bidang tugas yang beraneka ragam serta rumit, jumlah karyawannya banyak. Harrington Emerson. Terdapat satu atau lebih tenaga staf. Staf adalah orang yangahli dalam bidang tertentu yang tugasnya memberi nasihat dan saran dalam bidangnya kepada pejabat pemimpin di dalam organisasi tersebut.

9 Organisasi Staf dan Fungsional Kombinasi organisasi fungsional dengan organisasi garis dan staf

10 Prinsip-prinsip Organisasi 1. Perumusan tujuan dengan jelas 2. Pembagian kerja 3. Delegasi kekuasaan 4. Rentangan kekuasaan 5. Tingkat-tingkat pengawasan 6. Kesatuan perintah dan tanggung jawab 7. Koordinasi


Download ppt "ORGANISASI Mursidah, SP, MM. Pengertian Asal kata organon (Yunani) dan organum (latin), yang berarti alat, bagian, anggota atau badan. Definisi a. Organisasi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google