Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PANDUAN PENYELENGGARAAN ONLINE LEARNING UNIVERSITAS PAMULANG Benny A. Pribadi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PANDUAN PENYELENGGARAAN ONLINE LEARNING UNIVERSITAS PAMULANG Benny A. Pribadi."— Transcript presentasi:

1 PANDUAN PENYELENGGARAAN ONLINE LEARNING UNIVERSITAS PAMULANG Benny A. Pribadi

2 KOMPONEN-KOMPONEN PANDUAN ONLINE LEARNING Pengertian dan sistem online learning Tujuan dan fungsi online learning Peran dosen online learning Tugas dan tanggung jawab dosen online learning Prosedur pelaksanaan online learning Ketersediaan dan akses materi online learning Sistem penilaian online learning Pemutakhiran materi online learning

3 PENGERTIAN DAN SISTEM ONLINE LEARNING Online learning Unpam adalah fasilitas yang diberikan oleh kepada mahasiswa untuk membantu pemahaman terhadap isi materi perkuliahan. Online learning Unpam memiliki beberapa fasilitas yang dapat digunakan dalam aktivitas pembelajaran seperti forum diskusi online, tautan sumber belajar lain (link), akses ke materi perkuliahan, dan penilaian hasil belajar. Online learning Unpam dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh Unpam dan dilaksanakan selama 8 pertemuan online.

4 TUJUAN DAN FUNGSI ONLINE LEARNING Tujuan pelaksanaan Online learning Unpam adalah untuk memfasilitasi mahasiswa agar dapat memahami isi / materi perkuliahan. Online learning Unpam berfungsi sebagai sarana pembelajaran yang dapat diakses oleh mahasiswa untuk mempelajari isi materi perkuliahan.

5 PERAN DOSEN ONLINE LEARNING Dalam aktivitas tutorial online, dosen Unpam lebih banyak berperan sebagai fasilitator yang memudahkan berlangsungnya proses belajar mahasiswa secara online. Dosen Unpam dapat berperan sebagai narasumber, moderator dan fasilitator dalam proses perkuliahan online yang diikuti oleh mahasiswa.

6 TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB DOSEN ONLINE LEARNING Dosen adalah pengampu mata kuliah yang ditunjuk sebagai dosen online learning oleh Prodi UNPAM Dosen wajib menggunakan materi online learning yang telah divalidasi oleh Prodi dan Fakultas dilingkungan UNPAM. Dosen wajib mendesain, mengembangkan, dan mengevaluasi bahan dan materi online leraning. Dosen wajib melakukan interaksi pembelajaran dengan mahasiswa – memberi respon dan umpan balik atau feedback terhadap komentar dan pertanyaan - pertanyaan yang dikemukakan oleh mahasiswa. Dosen wajib memberi nilai tutorial sesuai dengan ketentuan dan aturan yang berlaku.

7 PROSEDUR PELAKSANAAN TUTON OLEH MAHASISWA Dosen ditetapkan sebagai dosen pembelajaran online Dosen memperoleh pelatihan untuk melaksanakan perkuliahan online Dosen memperoleh username dan password untuk mengikuti perkuliahan online Dosen melakukan perkuliahan secara online Dosen memberi nilai perkuliahan online dan mengdministrasikan nilai dibantu oleh staf Admin

8 TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB MAHASISWA DALAM ONLINE LEARNING Mahasiswa Unpam wajib melakukan pembayaran dan registrasi untuk mengikuti aktivitas pembelajaran online Mahasiswa yang sudah melakukan registrasi akan memperoleh user name dan password yang dapat digunakan untuk mengakses aktivitas perkuliahan online Mahasiswa yang telah melakukan registrasi dapat mengakses perkuliahan Unpam secara online Mahasiswa wajib mengikuti jadwal perkuliahan online yang telah ditetapkan oleh Unpam Mahasiswa wajib melakukan partipasi secara aktif dalam melakukan aktivitas pembelajaran online Mahasiswa wajib menyerahkan tugas dan mengikuti latihan-latihan yang diberikan oleh dosen selama mengikuti perkuliahan online.

9 PROSEDUR PELAKSANAAN TUTON OLEH MAHASISWA Mahasiswa melakukan registrasi Mahasiswa memperoleh user name dan password Mahasiswa memperoleh latihan untuk aktif dalam perkuliahan online Mahasiswa mengikuti perkuliah online sesuai jadwal Mahasiwa mempeoleh nilai online setelah menyelasaikan tugas

10 TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB STAF ADMIN DALAM ONLINE LEARNING Staf admin berperan dalam membantu baik mahasiswa dan dosen Unpam dalam melakukan perkuliahan atau pembelajaran secara online. Batuan dan fasilitas yang diberikan adalah bantuan teknis belajar secara online baik kepada mahasiswa maupun dosen untuk seperti cara mengakses materi online pada laman atau web yang tersedia –

11 KETERSEDIAAN DAN AKSES MATERI ONLINE LEARNING Dosen wajib mengunggah bahan inisiasi dan tugas online learning kedalam laman tutorial online UNPAM sesuai dengan jadwal online learning yang telah ditetapkan.

12 SISTEM PENILAIAN ONLINE LEARNING Total nilai program online learning Unpam memberi kontribusi sebesar 20 % dari total nilai mata kuliah yang diambil oleh mahasiswa. Mahasiswa Unpam yang terdaftar mengikuti mata kuliah online, namun tidak aktif dalam kegiatan belajar online tidak akan memperoleh nilai mata kuliah.

13 KOMPONEN NILAI AKHIR KOMPONENBOBOT PENILAIAN Kehadiran10 % Tugas20 % UTS30 % UAS40 %

14 KOMPONEN NILAI ONLINE LEARNING UNPAM Komponen nilai Online learning terintegrasi ke dalam komponen tugas NOKOMPONENPROPORSINILAI PROPORSI NILAI ONLINE 1PERAN SERTA1010/45 X DISKUSI1515/45X EXERSISE / LATIHAN 2020/45X2020 JUMLAH45

15 PEMUTAKHIRAN MATERI E-LERANING Secara berkala dosen wajib memutakhirkan konten dan tugas-tugas online learning Unpam sesuai dengan perkembangan substansi - isi dan materi perkuliahan - yang diajarkan.

16


Download ppt "PANDUAN PENYELENGGARAAN ONLINE LEARNING UNIVERSITAS PAMULANG Benny A. Pribadi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google