Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

IT210 - Pemrograman Visual Ramos Somya.  Framework.NET merupakan suatu komponen Windows yang terintegrasi dan dibuat agar dapat menjalankan berbagai.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "IT210 - Pemrograman Visual Ramos Somya.  Framework.NET merupakan suatu komponen Windows yang terintegrasi dan dibuat agar dapat menjalankan berbagai."— Transcript presentasi:

1 IT210 - Pemrograman Visual Ramos Somya

2  Framework.NET merupakan suatu komponen Windows yang terintegrasi dan dibuat agar dapat menjalankan berbagai macam aplikasi.NET, termasuk pengembangan aplikasi Web Service yang mempergunakan XML (extensible markup language).  Beberapa bahasa pemrograman yang sudah cukup dikenal mengadopsi teknologi.NET ini antara lain: Visual Basic dan C++.  Kemudian muncul C# (C Sharp).

3  Menyediakan tools dan teknologi untuk membangun aplikasi terdistribusi.  Semua bahasa pemrograman yang tergabung dalam teknologi.NET dapat saling berkomunikasi.

4  Untuk menyediakan environment kerja yang konsisten bagi bahasa pemrograman yang berorientasi obyek (object-oriented programming - OOP).  Untuk menyediakan lingkungan kerja di dalam mengeksekusi kode yang dapat meminimaliasi proses penyebaran software (software deployment) dan menghindari konflik penggunaan versi software yang di buat.

5  Untuk menyediakan environment kerja yang aman dalam hal pengeksekusian kode, termasuk kode yang dibuat oleh pihak ketiga (third party).  Untuk menyediakan lingkungan kerja yang dapat mengurangi masalah pada persoalan performa dari kode atau dari lingkungan interpreter nya.

6  Membuat para developer lebih mudah mengembangkan berbagai macam jenis aplikasi yang lebih bervariasi, seperti aplikasi berbasis windows dan aplikasi berbasis web.  Membangun semua komunikasi yang ada di dalam standar industri untuk memastikan bahwa semua kode aplikasi yang berbasis Framework.NET dapat berintegrasi dengan berbagai macam kode aplikasi lain.

7  Untuk memenuhi tujuan tersebut maka diciptakan berbagai macam bahasa pemrograman berbasis.NET.  VB, C#, J#, C++, Perl, ASP dan lain-lain.

8

9  Common Language Runtime (CLR) .NET Framework Class Library (FCL) atau Base Class Library (BCL).

10  Pondasi utama dari Framework.NET  Bertanggung jawab terhadap berbagai macam hal, seperti bertanggung jawab untuk melakukan managemen memory, melakukan eksekusi kode, melakukan verifikasi terhadap keamanan kode, menentukan hak akses dari kode, melakukan kompilasi kode, dan berbagai layanan system lainnya.

11  Dapat lebih menyederhakan proses pengembangan aplikasi.  Memungkinkan adanya variasi dan integrasi dari berbagai bahasa pemrograman yang ada di lingkungan Framework.NET.  Bersifat Assembly pada saat proses deployment / kompilasi.  Memungkinkan penggunaan kembali kode, dengan adanya sifat inheritance.  Melakukan pengaturan / manajemen tentang lifetime sebuah objek.  Melakukan penganalisaan objek-objek secara otomatis.

12  Memberikan dukungan kepada fungsi inti, misalnya: berinteraksi dengan tipe data paling standar, collection, network, file I/O dan sumber daya yang dibutuhkan.  Memberikan dukungan untuk berkomunikasi dengan basis data, menggunakan serta memproduksi XML dan memanipulasi data.  Memberikan dukungan untuk membangun aplikasi web dan web service yang kaya akan model teknologi server- side.  Memberikan dukungan untuk membangun aplikasi desktop yang kaya akan model teknologi Windows Form.

13 Dengan adanya BCL ini, maka kita bisa menggunakan Framework.NET untuk membuat berbagai macam aplikasi, seperti :  Aplikasi console  Aplikasi berbasis windows (Windows Form)  Aplikasi ASP.NET (berbasis web)  Aplikasi Web Services XML  Aplikasi berbasis Windows Services

14  Common Type System (CTS)  mendefinisikan cara mendeklarasikan, menggunakan, dan mengelola tipe data saat aplikasi dijalankan (runtime)  Common Language Specification (CLS)  mendukung cros-language (pemrograman dengan berbagai macam bahasa)

15  Mudah  Efisien  Konsisten  Produktivitas

16  Dikembangkan di bawah kepemimpinan Anders Hejlsberg.  Aplikasi yang bisa dibuat dengan C#: Aplikasi Console Aplikasi Windows (Dekstop) Aplikasi Web Aplikasi Web Services

17  Sederhana (simple)

18  Modern  exception handling, garbage collection, extensible data types, dan code security.  Object-Oriented Language  encapsulation, inheritance, dan polymorphism.  Powerfull dan fleksibel  C# bisa digunakan untuk membuat berbagai macam aplikasi, seperti aplikasi pengolah kata, grafik, spreadsheets, atau bahkan membuat kompiler untuk sebuah bahasa permrograman.  Efisien  jumlah kata-kata (keywords) yang tidak terlalu banyak.  Modular  Reusable code.  C# akan menjadi populer

19  Notepad  Visual Studio 6  Visual Studio.NET  Editor-editor Lainnya (Visual SlickEdit, WebMatrikx dsb)

20  Contoh: using System; using System.Collections.Generic; using System.Text; namespace Latihan1 { class HelloWorld { // Bagian utama program C# public static void Main() { System.Console.WriteLine("Hello, World"); }

21

22

23  Download materi di: ramos wordpress.com


Download ppt "IT210 - Pemrograman Visual Ramos Somya.  Framework.NET merupakan suatu komponen Windows yang terintegrasi dan dibuat agar dapat menjalankan berbagai."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google