Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Definisi Komputer Beberapa definisi tentang komputer 1.Menurut buku Computer annual (Robert H. Blissmer) Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Definisi Komputer Beberapa definisi tentang komputer 1.Menurut buku Computer annual (Robert H. Blissmer) Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu."— Transcript presentasi:

1 Definisi Komputer Beberapa definisi tentang komputer 1.Menurut buku Computer annual (Robert H. Blissmer) Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut: a.Menerima input b.Memproses input sesuai dengan programnya c.Menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan d.Menyediakan output dalam bentuk informasi 2. Menurut buku computer today (Donald H. Senders) Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan agar secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output di bawah pengawasan suatu langkah- langkah instruksi program yang tersimpan pada memori (stored program). 3. Menurut buku Computer Organization (VC. Hamacher. ZG Vranesic) Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang dengan cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memorinya (stored program) dan menghasilkan output informasi.

2 Definisi Program Program adalah barisan printah/instruksi yang disusun sehingga dapat dipahami oleh komputer dan kemudian dijalankan sebagai barisan perhitungan numerik, dimana barisan perintah tersebut berhingga, berakhir dan menghasilkan output.

3 Pengolahan Data Elektronik Pengolahan data dengan menggunakan komputer terkenal dengan nama Pengolahan Data Elektronik (PDE) atau Elctronic Data Processing (EDP) Data adalah fakta dari sesuatu pernyataan yang berasal dari kenyataan, di mana pernaytaan tersebut merupakan hasil pengukuran atau pengamatan. Data dapat berupa angka-angka, huruf, simbol khusus atau gabungan darinya.

4 Pengolahan data (Data processing) adalah proses perhitungan/transformasi data input menjadi informasi yang mudah dimengerti ataupun sesuai yang diinginkan. Informasi (information) adalah hasil kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih berarti dari suatu kejadian. Pengolahan Data Elektronik (PDE) adalah perhitungan/ttransformasi data menjadi informasi yang diolah secara elektronik dengan menggunakan komputer

5 Siklus Pengolahan Data Suatu proses pengolahan data terdiri dari 3 tahapan dasar, yang disebut dengan siklus pengolahan data (data processing cycle), yaitu input, processing dan output.

6 Siklus Pengolahan data yang diperluas  Origination. Tahap ini berhubungan dengan proses dari pengumpulan data yang biasanya merupakan proses pencatatan (recording) data ke dokumen dasar.  Input. Tahap ini merupakan proses memasukkan data ke dalam proses komputer lewat alat input (input device).  Processing. Tahap ini merupakan proses pengolahan dari data yang sudah dimasukkan yang dilakukan oleh alat pemroses (processing device), yang dapat berupa proses menghitung, membandingkan, mengklasifikasikan, mengurutkan, mengendalikan atau mencari di storage.  Output. Tahap ini merupakan proses menghasilkan output dari hasil pengolahan data ke alat output (output deuice), yaitu berupa informasi.  Distribution. Tahap ini merupakan proses dari distribusi output kepada pihak yang berhak dan membutuhkan informasi.  Storage. Tahap ini merupakan proses perekaman hasil pengolahan ke simpanan luar (storage). Hasil dari pengolahan yang disimpan di storage dapat dipergunakan sebagai bahan input untuk proses selanjutnya. Pada gambar, tampak adanya 2 buah anak panah yang berlawanan arah, menunjukkan hasil pengolahan dapat disimpan di storage dan dapat diambil kembali untuk proses pengolahan data selanjutnya. Referensi : buku pengenalan komputer, Jogiyanti. H. M

7 Sistem Komputer Sistem adalah kumpulan elemen yang saling berhubungan dan berinteraksi dalam satu kesatuan untuk menjalankan suatu proses tujuan utama. Elemen-elemen dari sistem komputer adalah: a.Hardware b.Software c.Brainware

8 Hardware adalah peralatan pada sistem komputer yang secara fisik terlihat dan dapat dijamah. Software adalah Program yang berisi printah-perintah untuk melakukan pengolahan data Brainware adalah manusia yang terlihat di dalam pengoperasian serta pengaturan sistem komputer.

9 Kemampuan Komputer Kemampuan komputer yang paling menakjubkan adalah kecepatannya. Komputer dapat melakukan suatu operasi dasar, seperti misalnya perhitungan, pertambahan atau pengurangan, dalam waktu yang sangat cepat, yaitu dalam satuan millisecond, Komputer yang paling cepat dapat melakukan operasi dalam waktu picosecond.

10 Satuan waktu kecepatan proses komputer Satuan waktuKecepatan Milisecond (ms) Microsecond (µs) Nanosecond (ns) Picosecond (ps) ribu operasi perdetik juta operasi perdetik milyard operasi perdetik triliun operasi perdetik


Download ppt "Definisi Komputer Beberapa definisi tentang komputer 1.Menurut buku Computer annual (Robert H. Blissmer) Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google