Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAB 7 Perekonomian Terbuka atau Perekonomian Empat Sektor.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAB 7 Perekonomian Terbuka atau Perekonomian Empat Sektor."— Transcript presentasi:

1 BAB 7 Perekonomian Terbuka atau Perekonomian Empat Sektor

2 Definisi Perekonomian terbuka / perekonomian empat sektor merupakan suatu negara yang mempunyai hubungan ekonomi dengan negara – negara lain. Perekonomian terbuka / perekonomian empat sektor merupakan suatu negara yang mempunyai hubungan ekonomi dengan negara – negara lain. Dalam perekonomian terbuka sebagian produksi dalam negeri diekspor atau dijual ke luar negeri dan disamping itu terdapat pula barang di negara itu yang diimpor dari negara – negara lain. Dalam perekonomian terbuka sebagian produksi dalam negeri diekspor atau dijual ke luar negeri dan disamping itu terdapat pula barang di negara itu yang diimpor dari negara – negara lain.

3 Asumsi : Asumsi : Perekonomian adalah terbuka dimana terdapat perdagangan luar negeri Perekonomian adalah terbuka dimana terdapat perdagangan luar negeri Penerimaan pajak adalah terdiri dari pajak lump sum Penerimaan pajak adalah terdiri dari pajak lump sum Penerimaan pajak tidak tergantung pada tingkat prendapatan nasional dan tidak terdapat pembayaran transfer Penerimaan pajak tidak tergantung pada tingkat prendapatan nasional dan tidak terdapat pembayaran transfer

4 Y= C + I+ G (X-M) Y= C + I+ G (X-M) C = a + b Y C = a + b Y Yd = Y-T Yd = Y-T T = To T = To I = Io I = Io G = Go G = Go X = Xo X = Xo M = M2 + mY M = M2 + mY

5 Perekonomian terbuka dinakan juga sebagai ekonomi empat sektor, yaitu suatu ekonomi yang dibedakan kepada empat sektor yaitu rumah tangga, perusahaan, pemerintah dan sektor luar negeri. Perekonomian terbuka dinakan juga sebagai ekonomi empat sektor, yaitu suatu ekonomi yang dibedakan kepada empat sektor yaitu rumah tangga, perusahaan, pemerintah dan sektor luar negeri.

6 Dibandingkan ekonomi tiga sektor, aliran perputaran dalam perekonomian terbuka meliputi ekspor dan impor, ekspor adalah suntikan ke dalam aliran pendapatan dan impor adalah aliran bocoran. Dibandingkan ekonomi tiga sektor, aliran perputaran dalam perekonomian terbuka meliputi ekspor dan impor, ekspor adalah suntikan ke dalam aliran pendapatan dan impor adalah aliran bocoran. Dengan adanya tambahan suntikan dan bocoran dalam aliran perputaran perekonomian, maka ciri pengeluaran agregat dalam ekonomi terbuka adalah berbeda apabila dibandingkan denagn pengeluaran agregat dalam ekonomi dua sektor dan tiga sektor. Dengan adanya tambahan suntikan dan bocoran dalam aliran perputaran perekonomian, maka ciri pengeluaran agregat dalam ekonomi terbuka adalah berbeda apabila dibandingkan denagn pengeluaran agregat dalam ekonomi dua sektor dan tiga sektor.

7 keseimbangan pendapatan nasional juga berbeda. Syarat keseimbangan pendapatan nasional dalam perekonomian terbuka adalah Y = C + I + G + (X – M) dan I + G + X = S + T + M. keseimbangan pendapatan nasional juga berbeda. Syarat keseimbangan pendapatan nasional dalam perekonomian terbuka adalah Y = C + I + G + (X – M) dan I + G + X = S + T + M.

8 Dalam analisis keseimbangan pendapatan nasional dalam perekonomian terbuka diandaikan ekspor merupakan pengeluaran otonomi, yaitu ia ditentukan oleh pendapatan nasional. Dalam analisis keseimbangan pendapatan nasional dalam perekonomian terbuka diandaikan ekspor merupakan pengeluaran otonomi, yaitu ia ditentukan oleh pendapatan nasional. Ekspor terutama ditentukan oleh harga relatif barang dalam negeri di pasaran luar negeri, kemampuan barang dalam negeri di pasaran luar negeri, kemampuan barang dalam negeri untuk bersaing di pasaran dunia, dan citarasa penduduk di negara – negara lain terhadap barang yang diproduksikan suatu negara. Ekspor terutama ditentukan oleh harga relatif barang dalam negeri di pasaran luar negeri, kemampuan barang dalam negeri di pasaran luar negeri, kemampuan barang dalam negeri untuk bersaing di pasaran dunia, dan citarasa penduduk di negara – negara lain terhadap barang yang diproduksikan suatu negara.

9 Pertanyaan Untuk Diskusi : Pertanyaan Untuk Diskusi : Gunakan bacaan atau literatur lainnya untuk mendukung jawaban pertanyaan-pertanyaan di bawah ini : Apa yang dimaksud perekonomian terbuka? Apa yang dimaksud perekonomian terbuka? Apa yang terjadi pada perekonomian terbuka, mengenai proses pendapatan nasionalnya? Apa yang terjadi pada perekonomian terbuka, mengenai proses pendapatan nasionalnya?


Download ppt "BAB 7 Perekonomian Terbuka atau Perekonomian Empat Sektor."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google