Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Jerry Januar Koswara 0614124008. Untuk dapat memenangkan persaingan maka Perusahaan harus dapat menyediakan produk : Murah Berkualitas Tepat waktu Bervariasi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Jerry Januar Koswara 0614124008. Untuk dapat memenangkan persaingan maka Perusahaan harus dapat menyediakan produk : Murah Berkualitas Tepat waktu Bervariasi."— Transcript presentasi:

1 Jerry Januar Koswara

2 Untuk dapat memenangkan persaingan maka Perusahaan harus dapat menyediakan produk : Murah Berkualitas Tepat waktu Bervariasi

3 Untuk mencapai tujuan tersebut Perusahaan harus memiliki kemampuan : Beroperasi secara effisien Menciptakan kualitas Cepat Fleksibel Inovatif

4 Murah Berkualitas Tepat waktu Bervariasi Effisien Kualitas Cepat Fleksibel Inovatif Aspirasi PelangganKemp. Perusahan Supplly Chain Management

5 MANUFACTURER SUPPLIERSUPPLIER CUSTOMERCUSTOMER DISTRIBUTION SYSTEM Physical Supply Manufacturing Planning and Control Physical Distribution Dominant Flow of Products and Services Dominant Flow of Demand and Design Information

6 Martin (1998): SCM adalah jaringan organisasi yang melibatkan hubungan upstream dan downstream dalam proses dan aktivitas yang berbeda yang memberi nilai dalam bentuk produk dan jasa pada pelanggannya. Misalnya, pabrik pembuat kemeja adalah merupakan supply chain yang menghubungkan upstream (melalui pengusaha kain kepada pengusaha kapas/serat) dan downstream (melalui distributor dan retail pada pelanggan akhir)

7 Chain 1 : Suppliers Jaringan bermula dari sini, dimana mata rantai penyaluran barang akan mulai. Kata Suppliers ini termasuk juga suppliernya supplier (sub-supplier). Jumlah supplier bisa banyak atau sedikit, dan biasanya sub-supplier berjumlah banyak sekali.

8 Chain 1 – 2 : Suppliers  Manufacture Rantai pertama dihubungkan dengan rantai kedua, yaitu manufacturer. Hubungan antara suppliers dan manufacturer ini sudah mempunyai potensi untuk melakukan penghematan, misalnya inventories dan biaya gudang. Penghematan ini bisa mencapai sebesar 40% - 60% dengan menggunakan konsep supplier partnering.

9 Chain 1 – 2 – 3 : Suppliers  Manufacture  Distributors Barang yang sudah jadi yang dihasilkan oleh Manufacturer harus disalurkan kepada pelanggan dengan melalui distributor. Dan pada waktunya nanti, distributor akan menyalurkannya dalam jumlah yang lebih kecil kepada pengecer.

10 Chain 1 – 2 – 3 – 4 : Suppliers  Manufacture  Distributors  Retailers Dari gudang distributor hasil produksi disalurkan ke gudang pengecer yang nantinya akan diletakkan di rak-rak (outlets) pengecer. Pada tahap ini dapat diperoleh kesempatan penghematan dalam bentuk jumlah inventories dan biaya gudang.

11 Chain 1 – 2 – 3 – 4 – 5 : Suppliers  Manufacture  Distributors  Retailers  Customers Barang yang diletakkan di outlets ditawarkan langsung kepada pelanggan atau pembeli atau pengguna barang tersebut. Dan mata ranti supply baru betul-betul berhenti pada tahap ini.

12 Salah satu kunci keberhasilan suatu perusahaan adalah kemampuannya untuk memiliki dan mempertahankan satu atau beberapa keunggulan kompetitif (Competitive Advantage). Sumber dari keunggulan kompetitif terletak pada 1. Kemampuan perusahaan untuk membedakan dirinya sendiri di depan mata konsumen dari para pesaingnya (disebut value advantage). 2. Cara bekerja dengan biaya rendah atau memperoleh laba yang lebih tinggi (disebut poductivity atau cost advantage)

13 PABRIK BISKUIT KALENG “Khong Guan” Perusahaan Penyewaan Mobil Box Distribusi mobil box AgenSupermarket Toko dan Pedagang Eceran Konsumen Dalam Negri FEDEX (Jasa Pengiriman Barang luar Negri) Swalayan Konsumen Luar Negri SUPLIER

14 PABRIK BISKUIT KALENG “Khong Guan” Distributor Dalam Negri AgenSupermarket Toko dan Pedagang Eceran Konsumen Dalam Negri Distributor Luar Negri Swalayan Konsumen Luar Negri SUPLIER

15


Download ppt "Jerry Januar Koswara 0614124008. Untuk dapat memenangkan persaingan maka Perusahaan harus dapat menyediakan produk : Murah Berkualitas Tepat waktu Bervariasi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google